Penerapan Penilaian Kognitif dalam Kelas Katekisasi: Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Gereja
Abstract
Penilaian dan evaluasi merupakan komponen esensial dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk mengukur pencapaian, memberikan umpan balik, serta meningkatkan motivasi dan kualitas pembelajaran. Namun, penelitian tentang penerapan penilaian kognitif dalam konteks pendidikan gereja, khususnya pada kelas katekisasi, masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan meneliti pentingnya penerapan penilaian kognitif dalam kelas katekisasi di gereja. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, yang memungkinkan adanya analisis mendalam terkait teori dan praktik penilaian kognitif dalam pendidikan gereja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian kognitif secara signifikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, partisipasi aktif peserta didik, serta kualitas lulusan kelas katekisasi. Penilaian kognitif yang menitikberatkan pada pemahaman konsep dan penerapan praktisnya dalam kehidupan sehari-hari terbukti mendorong peserta didik untuk terlibat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dampak positif dari penerapan ini terlihat pada peningkatan kualitas lulusan dan perbaikan proses pembelajaran di gereja secara keseluruhan. Hasil ini menunjukkan bahwa pentingnya penilaian kognitif dalam meningkatkan efektivitas kelas katekisasi di gereja.
References
Asrul, Asrul, Abdul Hasan Saragih, and Mukhtar Mukhtar. “Evaluasi Pembelajaran,” 2022.
Brown, L. “Enhancing Student Engagement through Structured Assessment.” Christian Education Quarterly 23, no. 3 (2020): 65–82.
Daud, Windy, and Ningsih Diliyanti Benu. “Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Bagi Kelas Katekisasi Anggota Jemaat GMIT Pasca Konversi Agama.” Jurnal Shanan 7, no. 1 (March 2023): 77–98. https://doi.org/10.33541/shanan.v7i1.4427.
Homrighausen, Elmer George, and Ido Hendricus Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia, 1974.
Jefrie Walean. “Katekisasi Dan Substansi Pendidikan Agama Kristen Diera Postmodern” 11, no. 1 (2019): 1–14.
Jones, M. “The Role of Cognitive Assessment in Religious Education.” New Theology Journal 12, no. 4 (2017): 45–59.
Legi, Hendrik. “Implikasi Metode Mengajar Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 12–24.
Leuwol, Natasya Virginia. “Pendidikan Katekisasi Kepada Remaja Di Jemaat Gki Kasih Perumnas Sorong.” Journal of Dedication to Papua Community 1, no. 1 (2019): 32–41. https://doi.org/10.34124/269162.
Marwadani. Praktis Penelitian Kualitatif. Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Smith, J. “Structuring Catechism Classes: A Guide for Educators.” Church Education Review 15, no. 2 (2018): 78–91.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Sylvia, Ike, Syafri Anwar, and Khairani Khairani. “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education 6, no. 2 (2019): 103–20.
Taylor, R. “Assessing Understanding in Faith-Based Education: A Cognitive Approach.” Journal of Religious Studies 21, no. 5 (2019): 100–115.
Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.
Utubira, Everd Elseos Martin, Rudolf Kempa, and Jantje Eduard Lekatompessy. “Analisis Manajemen Pendidikan Formal Gereja (Studi Katekisasi Di Gereja Protestan Maluku Klasis Pulau-Pulau Obi Jemaat Wooi Kabupaten Halmahera Selatan).” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 2 (2023): 1155–62. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.408.
White, P. “Exploring the Impact of Cognitive Assessments in Theological Learning.” Journal of Christian Pedagogy 10, no. 1 (2020): 33–47.
- View 1 times Download 1 times PDF (Bahasa Indonesia)
Copyright (c) 2024 Agatha Cryssandra Pigesia, Doni Abadi Nababan, Marlen Bailao, Yohannis Alberthus, Yunardi Kristian Zega
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.