ANALISIS RISIKO 5 C TERHADAP KINERJA KARTU KREDIT BCA

  • Amelda Sinaga, SS universitas kristen indonesia
  • Prof. Dr. Adler Manurung, ME.,M, Com universitas kristen indonesia

Abstract

Kartu kredit memiliki manfaat yang sangat besar terhadap masyarakat sehingga masyarakat berusaha memiliki kartu kredit baik individu ataupun perusahaan, sehingga pihak Bank khususnya BCA lebih berhati – hati dalam menyetujui setiap pengajuan kepemilikan kartu kredit.

            Bank BCA Menerapkan prinsip kehati – hatian yang disebut dengan 5 C ( Character, Capacity, Capital, Collateral dan Condition Of Economy ) dengan harapan mengurangi risiko gagal bayar, 

 Dalam penelitian ini, penulis mendapatkan fakta bahwa pada tahun 2017  jumlah NPL Bank BCA  meningkat menjadi 1,9% dengan penghapusan sebesar Rp.451 Milliar, mengapa hal tersebut bisa terjadi???.

Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kinerja kartu kredit adalah “ Character” sehingga pada bab kesimpulan penulis melakukan tindakan mitigasi dengan cara menaikkan jumlah collateral dari setiap calon nasabah.

Published
2020-08-19
How to Cite
Amelda Sinaga, SS, & Prof. Dr. Adler Manurung, ME.,M, Com. (2020). ANALISIS RISIKO 5 C TERHADAP KINERJA KARTU KREDIT BCA. JURNAL MANAJEMEN RISIKO, 1(1), 69-92. https://doi.org/10.33541/mr.v1iI.1968
Section
Articles