Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

  1. Penulis Pertama1, Penulis Kedua2 dan Penulis Ketiga3
  2. Nama Jurusan, Nama Fakultas, Nama Universitas, Alamat, Kota, Kode Pos, Negara
  3. Nama Lembaga Penelitian, Alamat, Kota, Kode Pos, Negara E-mail: penulis_pertama@address.com

(kosong dua spasi tunggal, 12 pt)

 

  1. ABSTRAK (12 pt, bold, italic) (kosong satu spasi tunggal, 12 pt)

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jenis huruf arial, ukuran 10 pt, italic, spasi tunggal. Abstrak harusi merupakan ringkasan yang utuh dan lengkap yang menggambarkan isi tulisan. Abstrak harus mencakup latar belakang, tujuan, metode, hasil, serta kesimpulan dari penelitian. Abstrak tidak berisi acuan atau tidak menampilkan persamaan matematika, dan singkatan yang tidak umum. Abstrak terdiri dari satu paragraf dengan jumlah kata paling banyak 200 kata dalam bahasa Indonesia dan 160 kata  dalam bahasa Inggris.

(kosong satu spasi tunggal 10 pt).

 

Kata kunci: 3 - 5 kata kunci (arial, 10 pt) (kosong satu spasi tunggal 10 pt)

 

 

  1. PENDAHULUAN (12 pt bold)

Petunjuk penulisan ini dibuat agar keseragaman format penulisan dan kemudahan bagi penulis dalam proses penerbitan naskah di Jurnal Manajemen Risiko. Penulis dapat menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah dalam bahasa Indonesia harus sesuai dengan EYD yang berlaku, dan jika dalam bahasa Inggris menggunkan  standard tata bahasa Inggris baku.

 

Naskah ditulis dalam format kertas berukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin atas 4 cm, margin bawah 3 cm, margin kiri dan kanan masing – masing 3 cm. Bentuk naskah berupa 3 kolom dengan jarak antar kolom 1 cm. Panjang naskah maksimal 14 halaman, termasuk lampiran. Jarak antara paragraf adalah satu spasi tunggal.

 

Judul naskah  mencerminkan pokok dari isi tulisan. Judul diharapkan menonjolkan fenomena (obyek) yang diteliti, bukan metode dan kegiatan (proyek). Judul bersifat informatif ilmiah , spesifik, efektif dan maksimal maximal 16 kata. Naskah dalam bahasa Indonesia, ditulis terlebih dahulu judul bahasa Indonesia kemudian diikuti judul dalam bahasa Inggris. Sebaliknya, jika naskah dalam bahasa Inggris, ditulis dahulu judul bahasa Inggris kemudian diikuti judul dalam bahasa Indonesia.

 

Nama penulis ditulis secara lengkap di bawah judul tanpa menyebutkan gelar. Setelah itu di bawahnya, dicantumkan nama lembaga dan alamat lengkap tempat penulis bekerja beserta alamat e-mail penulis untuk korespondensi. Apabila penulis lebih dari satu orang dan bekerja di lembaga yang sama, maka pencantuman satu alamat telah dianggap cukup mewakili alamat penulis lainnya.

 

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia  jika tulisan bahasa inggris dan bahasa Inggris jika tulisannya bahasa Indonesia yang dilengkapi  kata kunci (keywords). Kata kunci  berupa kata tunggal atau kata majemuk (terdiri lebih dari satu kata).  Penulisan kata kunci maximal lima (5) kata dan dapat mengikuti klasifikasi sebagai berikut: metode teoritis, metode eksperimen, fenomena, obyek penelitian dan aplikasinya.

 

Sitimatika Naskah disusun dalam 4 subjudul yaitu: Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan. Subjudul ditulis dengan huruf besar dan diberi nomor dengan angka Arab. Ucapan Terima  Kasih (jika ada), Daftar Pustaka dan Lampiran (jika ada) ditulis berurutan setelah Kesimpulan dan di awal kata tidak diberi nomor. Subjudul untuk naskah bahasa Inggris sebagai berikut: Introduction, Methods, Results and Discussion, Conclusions. Acknowledgement (jika ada), References dan Appendix (jika ada) ditulis berurutan setelah Conclusions. Penggunaan subsubjudul sebaiknya dihindari, apabila diperlukan diberi nomor bertingkat dengan angka Arab seperti contoh berikut: 1.1., 1.2., … dan seterusnya.

 

Pendahuluan mencakup hal – hal berikut ini: latar belakang, perumusan masalah, tujuan, teori, dan hipotesis (jika ada). Untuk penemuan  ilmiah yang telah dipublikasikan baik oleh diri – sendiri maupun orang lain berkaitan dengan penelitian yang dikerjakan, dapat dimasukkan di dalam subjudul pendahuluan ini. Bagian pendahuluan diakhiri dengan sistematika penulisan.

 

Metode penelitian harus ditulis sesuai dengan cara ilmiah, yaitu rasional, empiris dan  sistematis. Seyogyanya disebutkan waktu dan tempat penelitian secara jelas, berikut data maupun alat dan bahan yang dipakai dalam penelitian.

 

Hasil dan pembahasan berisi hasil analisis fenomena di wilayah penelitian yang relevan dengan tema kajian. Hasil penelitian hendaknya dibandingkan dengan teori dan temuan penelitian yang relevan.

 

Kesimpulan bisa berupa kesimpulan khusus dan kesimpulan umum. Kesimpulan khusus merupakan hasil analisa data atau hasil uji hipotesa tentang fenomena yang diteliti. Kesimpulan umum sebagai hasil generalisasi atau keterkaitan dengan fenomena serupa di wilayah lain dari publikasi terdahulu. Hal yang perlu diperhatikan adalah keterkaitan masalah-tujuan- kesimpulan harus konsisten.

 

Penggunaan footnote tidak diperkenankan. Simbol / lambang ditulis dengan jelas dan konsisten. Istilah asing ditulis dengan huruf italic. Singkatan harus dituliskan secara lengkap pada saat disebutkan pertama  kali, setelah itu bisa ditulis kata singkatnya.

 

Tabel ditulis dengan arial ukuran 10 pt dan berjarak satu spasi dibawah judul tabel. Judul tabel  ditulis dengan huruf berukuran 10 pt, bold dan ditempatkan diatas tabel. Penomoran tabel menggunakan angka Arab (1,2,…..). Tabel diletakkan segera setelah disebutkan di dalam naskah. Tabel diletakkan pada posisi paling atas atau paling bawah dari setiap halaman dan tidak diapit oleh kalimat. Apabila tabel memiliki lajur/kolom cukup banyak, bisa digunakan format satu kolom atau satu halaman penuh. Apabila judul pada lajur label terlalu panjang, maka lajur diberi nomor dan keterangannya di bawah tabel.

(kosong satu spasi tunggal, 10 pt)

Tabel 1. Tabel .

(kosong satu spasi tunggal, 10 pt)

(kosong dua spasi tunggal, 10 pt) (kosong satu spasi tunggal, 11 pt)

 

 

(kosong satu spasi tunggal, 11 pt)

Gambar 1. Pertumbuhan Ritel di Indonesia.

(kosong dua spasi tunggal, 11 pt)

 

Gambar diletakkan segera setelah disebutkan dalam naskah, Gambar diletakkan pada posisi paling atas atau paling bawah dari setiap halaman dan tidak boleh diapit kalimat. Gambar diletakkan simetris dalam kolom. Apabila gambar cukup besar, bisa digunakan format satu kolom. Penomoran gambar menggunakan angka Arab. Penulisan keterangan gambar menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt, bold dan diletakkan di bagian bawah, seperti pada contoh diatas. Gambar yang telah dipublikasikan penulis lainnya harus disebutkan sumbernya dalam keterangan gambar.

 

Apabila terdapat persamaan matematis, diletakkan simetris pada kolom. Nomor persamaan diletakkan di ujung kanan dalam tanda kurung, dan penomoran dilakukan secara berurutan. Apabila terdapat rangkaian persamaan yang lebih dari satu baris, maka penulisan nomor diletakkan pada baris terakhir. Penunjukkan persamaan dalam naskah dalam bentuk singkatan.

 

(kosong satu spasi tunggal 11 pt)

Pengutipan pustaka di dalam naskah dituliskan dengan menggunakan angka Arab dan diurutkan sesuai urutan pengutipan dalam naskah. Angka ditulis dalam kurung persegi/square bracket. Contoh pengutipan pustaka adalah sebagai berikut:

-            Bony dan peningkatan kerjasama  IMF (International Monetery Fund) berkaitan dengan keuangan tahunan  di Dunia [1,2].

-            Liberti et. al. [3] menggunakan data………..

 

Nomor 1,2,3, dan seterusnya menunjukkan urutan pengutipan pustaka dalam naskah dan seluruh pengutipan pustaka kemudian diurut dalam Daftar Pustaka dengan cara penulisan seperti pada contoh.

 

 

 

  1. DAFTAR PUSTAKA

(kosong satu spasi tunggal, 11 pt)

 

Penulisan daftar pustaka sesuai dengan urutan pengutipannya dalam naskah. Jumlah sumber acuan dalam satu tulisan paling sedikit sepuluh sumber acuan, dengan 85% merupakan sumber acuan primer dan 85% merupakan terbitan 5 tahun terakhir. Sumber acuan primer adalah sumber acuan yang langsung merujuk pada bidang manajemen, sesuai topik penelitian dan sudah teruji. Sumber acuan primer dapat berupa: tulisan  makalah ilmiah dalam jurnal internasional maupun nasional terakreditasi, hasil penelitian di dalam disertasi, tesis, maupun skripsi. Buku (textbook), termasuk dalam sumber acuan sekunder. Format daftar pustaka yang digunakan Jurnal Manajemen Risiko mengacuh pada model APA yang dikembangkan oleh American Psychological Association, seperti contoh berikut ini:

 

Paper dalam jurnal

  1. Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (1 penulis)

 

[1]         Manuel, D.D. (2010). Prinsip CGC

Dalam meningkatkan Kinerja Pemerintah

              Sumatera utara, Jurnal Manajemen Risiko, 11(1),

              52- 57

 

(kosong satu spasi tunggal 11 pt)

Penurunan persamaan matematis tidak perlu ditulis semuanya secara detail, hanya dituliskan bagian yang terpenting, metode yang digunakan dan hasil akhirnya.

 

  1. Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (2 - 6 penulis)
  • Suryanto, W., Nurdiyanto, B., & Pakpahan, S. (2010). Implementasi perhitungan risiko. Jurnal Manajemen, 11(1), 66-72.
  1. Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (lebih dari 6 penulis)
  • Subagyono, K., Sugiharto, B., Purwani, E.T., Susilokarti, D., Las, I., Unadi, A., et. Al. (2010). Pengantar Manajemen dan Risiko. Jurnal Manajemen Risiko, 11(2), 96-105.

 

Buku

  1. Buku (1 penulis)

(4)   Shearer, P.M. (1999). Introduction to Management.

             Cambridge: Cambridge University Press.

  1. Buku (2 - 6 penulis)
  • Richard, G.T., & Horn, L.H. (1980). An introduction to Risk. New York: McGraw-Hill.
  1. Buku (lebih dari 6 penulis)
  • Michael, L., Daniel, K., Petter, M., Gun, Y., Mucks, G., Morgan, B., et. al. (2005). How to solves? London:

 

Prosiding

  • Dede, I., Cosa, H.Z., & Naniwidjaya, D.H. (2009). Introduching Management Risiko. Proceeding of International Symposium on Risk and Management, 153-158, Jakarta: Research and Development Center, UKI.

 

Makalah seminar, lokakarya

  • Ibnu, S. (2011, Maret). Isi dan format jurnal ilmiah. Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal Ilmiah, Malang: Universitas Negeri Malang.

 

Skripsi, disertasi, tesis

  • Riyadi, M. (1996). Analisa Risiko dan Good Governance. Tesis, Fakultas Ekonomi: Universitas Kristen

 

PENGAJUAN NASKAH

 

  1. Redaksi Jurnal Manajmen Risiko menerima naskah ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil studi dalam bidang Manajemen Risiko. Naskah harus berisi informasi yang benar, jelas dan memiliki kontribusi substantif terhadap bidang kajian manajemen risiko
  2. Penulisan harus singkat dan jelas sesuai dengan format penulisan Jurnal Manajemen Risiko. Naskah belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses untuk dimuat di media lain, baik media cetak maupun
  3. Naskah ilmiah yang masuk akan diseleksi oleh Dewan Redaksi yang memiliki wewenang penuh untuk mengkoreksi, mengembalikan untuk diperbaiki, atau menolak tulisan yang masuk meja redaksi bila dirasa perlu. Penilaian secara subtantif akan dilakukan oleh Mitra Bestari/Penyunting Ahli. Penilaian akan dilakukan secara obyektif dan tertulis
  4. Naskah ilmiah dikirim ke redaksi dalam bentuk

softcopy atau hardcopy ke alamat redaksi :

Pasca Sarjana UKI Prodi Manajemen Jakarta Jl. Diponegoro 82-84, Jakarta Pusat Jakarta Pusat 10720, Telp 021-3920018, 021-3920174

E-mail: pps-mili@uki.ac.id

Penulis diharapkan menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.