EVALUASI WAKTU TUNGGU LAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT DI MAKASSAR

EVALUATION OF WAITING TIME FOR OUTPATIENT PRESCRIPTION SERVICES AT HOSPITAL PHARMACY INSTALLATIONS IN MAKASSAR

Penulis

  • Gemy Nastity Handayany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Kata Kunci:

Rawat Jalan, Waktu Tunggu, Rumah Sakit

Abstrak

Rumah sakit berperan penting dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Standar Pelayanan Minimal (SPM) merupakan pedoman mengenai jenis dan mutu layanan dasar yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan harus diberikan kepada setiap warga. Waktu tunggu pelayanan obat merupakan salah satu indikator dalam SPM bidang farmasi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi durasi waktu tunggu pelayanan obat bagi pasien rawat jalan di RS Labuang Baji, RS Haji, dan RS Dadi di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan observasional kuantitatif terhadap seluruh resep yang dilayani pada bulan Juni, Juli, dan Agustus 2023, masing-masing satu bulan per rumah sakit. Terdapat 3.788 lembar resep, terdiri dari 2.697 resep obat jadi dan 1.091 resep racikan. Rata-rata waktu tunggu pelayanan resep di RS Labuang Baji adalah 16 menit untuk obat jadi dan 26 menit untuk obat racikan. Di RS Haji masing-masing 15 menit dan 26 menit. Sementara di RS Dadi, 22 menit dan 31 menit. Seluruh hasil ini sesuai dengan standar Permenkes No. 129 tahun 2014 yang menyatakan bahwa waktu tunggu untuk obat jadi adalah ≤ 15 menit, dan untuk racikan ≤ 30 menit.

Referensi

Agustina, S. (2022). Implementasi Asas Lex Specialis Derogat Legi Generali dalam Sistem Peradilan Pidana. Masalah-Masalah Hukum.

Annisa Diyan Meitasari, A. D., & Arganata, A. M. (2022). Evaluasi Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan Di RSAU dr. Efram Harsana Magetan. Jurnal Farmasindo Politeknik Indonusa Surakarta.

Anughrahsari, S., Darmadjaja, D., Rosalina, I., & Djasri, H. (2021). Pencapaian Indikator Mutu Nasional di Rumah Sakit Pendidikan. Journal of Hospital Accreditation. Vol.VI, No. III.

Arni Rizqiani Rusydi, W. H. (2022). Pengaruh prinsip Good Hospital Governance terhadap kinerja perawat di ruang inap RSUD Labuang Baji Kota Makassar. Journal of Islamic Health Studies.

Azwar, A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi ke Tiga. Jakarta: Binarupa Aksara.

Deasi Wikandari, M. (2021). Evaluasi Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan RSUD DR.R. Soedjono Selong. Jurnal Farmasi dan Kesehatan Indonesia.

Departemen Kesehatan RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5. Jakarta.

Lina Apriani, H. S., Puspita Raras Anindita, A. A. P. (2023). Waktu Tunggu Pelayanan Resep pada Pasien Rawat Jalan di Klinik Pratama Rawat Inap FA-MITRA Warukulon. PHARMADEMICA: Jurnal Kefarmasian dan Gizi, 2(2), 56-64.

Diterbitkan

2025-07-25

Terbitan

Bagian

Articles