Pendampingan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus Kategori Gifted Berdasarkan Pola Asuh Otoritatif

  • Sriyati Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
  • Hergyana Saras Ningtyas Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Kata Kunci: pola asuh, anak berkebutuhan khusus (ABK), sulit berbicara, gifted, autis

Abstrak

Anak berkebutuhan khusus memiliki kasus yang beragam. Penelitian ini akan fokus membahas perkembangan anak berkebutuhan khusus berdasarkan pola asuh otoritatif. Tujuannya agar orang tua dapat memahami jenis dan faktor penyebab anak berkebutuhan khusus kategori gifted, sehingga dapat memperhatikan pengasuhan terhadap anak secara tepat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2020 - Juli 2021 Desa Lopait RT/RW 09/01, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah kualitatif secara observasi yang dilakukan dalam bentuk wawancara terstruktur secara langsung dan menggunakan google form. Data yang didapat kemudian digabungkan sehingga menjadi pembahasan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini orang tua “GM” melakukan upaya penanganan dengan cara mendisiplin sesuai aturan, melatih meningkatkan perkembangan, memberikan motivasi berupa apresiasi, memberi batasan/aturan, membawa “GM” untuk pemerikasaan pendengaran, mengikutkan terapi, memasukkan ke sekolah formal yang umum serta melatih beberapa tips dari pakar ABK di rumah. Hasil perkembangan “GM” terlihat signifikan, contohnya sudah mampu mengucapkan huruf-huruf serta mulai berkata-kata sederhana. Sosio emosional “GM” juga mulai berkembang baik, dapat mengungkapkan pikiran, mulai fokus, dan mampu menatap mata orang lain. Dengan demikian, pola asuh otoritatif dinyatakan tepat untuk menangani anak berkebutuhan khusus kategori gifted.

Referensi

Aidah, Siti Nur. Tips Menjadi Orang tua Inspirasi Masa Kini. Yogyakarta: KBM Indonesia, 2020.

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Christie, Phil. Langkah Awal Berinteraksi Dengan Anak Autis. Jakarta: Kompas Gramedia, n.d.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Fitriyana, Nur. “Spritualitas Yesus : Mengasihi Sesama Seperti Mengasihi Diri Sendiri.” Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 18, no. 2 (December 30, 2017). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/2370.

Ginting, Aliva Humairah Br, dan Ichsan Ichsan. “Pola Asuh Orang tua Pada Anak Cerdas Dan Anak Gifted.” El Midad 13, no. 1 (2021): 1–9.

Hannas, Hannas, dan Rinawaty Rinawaty. “Menerapkan Model Penginjilan Pada Masa Kini.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 2 (2019): 175–189.

Hardywinoto, dan Tony Setiabudhi. Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta, 2003.

Harefa, Ida Destariana, dan Ahmad Tabrani. “Problematika Pendidikan Karakter, Antara Konsep Dan Realita.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (May 5, 2021): 148–156. http://sttybmanado.ac.id/e-journal/index.php/shamayim/article/view/23.

Hartono, Wahyu. Profil Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jakarta, 2014.

Haryono, Cosmas Gatot. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: CV Jejak, 2020.

Hidayati, Tutik. Pendamping Gizi Pada Balita. Yogyakarta, 2019.

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak. Jakarta, 2005.

Isharjono, Antonius. “Menerapkan Pola Pendidikan Rohani Anak Berkebutuhan Khusus (Attention Deficit or Hyperactivity Disorder).” Jurnal Teruna Bhakti 2, no. 1 (2019): 37–48.

Jaya, Hendra. “Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Perawatan Dan Perbaikan Alat Elektronika.” Fakultas MIPA universitas negeri makassar, 2017.

Lidyasari, Aprilia Tina. “Pola Asuh Otoritatif Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Dalam Setting Keluarga.” Yogyakarta: PGSD FIP UNY (2013).

Lisinus, Rafael, dan Pastiria Sembiring. Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Manurung, Kosma. “Mencermati Arti Penting Penggunaan Bahasa Cinta Anak Dalam Keluarga Kristen Di Era 5.0.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (June 1, 2021): 53–70. https://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/article/view/53.

Masrul. Pandemik COVID-19 Persoalan Dan Refleksi Di Indonesia. Surabaya: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Miftakhul Jannah. “Studi Deskripsi : Perekonomian Orang tua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.” SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal 1, no. 1 (May 14, 2020): 49–58. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/special/article/view/2293.

Ni’matuzahroh, dan Yuni Nurhamida. Individu Berkebutuhan Khusus Dan Pendidikan Inklusif. Malang: UMM, 2016.

Noya, Andris. Pendidikan Papa Mama. Edited by Abdul. Penerbit Adab, 2020.

Purba, Tika Anggreni. “70 Persen Anak Berkebutuhan Khusus Tak Dapat Pendidikan Layak.” Bisnis.Com. Jakarta, 2019. https://lifestyle.bisnis.com/read/20190326/236/904431/70-persen-anak-berkebutuhan-khusus-tak-dapat-pendidikan-layak.

Rantung, Djoys Anneke. “Pendidikan Agama Kristen Untuk Keluarga Menurut Pola Asuh Keluarga Ishak Dalam Perjanjian Lama.” Jurnal Shanan 3, no. 2 (October 28, 2019): 63–76. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1579.

Rohimah, Siti, Ari Sofia, dan Susanthi Pradini. “Hubungan Pola Asuh Otoritatif Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak 5, no. 1 (2019).

Santosa, Santosa. “Urgensi Peran Orang tua Membangun Kepemimpinan Anak Di Era Disrupsi Teknologi Berdasarkan Ulangan 6: 6-9.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (June 1, 2021): 71–88. https://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/article/view/61.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2011.

Telaumbanua, Sozanolo, dan Desi Sianipar. “Patriotisme Kristen.” Jurnal Shanan 5, no. 1 (March 30, 2021): 61–78. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/2734.

Tiel, Julia Maria Van. Pendidikan Anakku Terlambat Bicara. Jakarta: PRENADA, 2011.

Tiel, Julia Maria Van, dan Endang Widyorini. Anak Cerdas Istimewa. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Tiel, Julia Maria Van, dan Endang Widyorini. Anak Cerdas Istimewa. Jakarta, 2014.

Tridonanto, Al, dan Beranda Agency. Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia, 2014.

Wijanarko, Djarot. Intim Orang tua – Anak. Jakarta, n.d.

Williams, Chris, dan Barry Wright. How To Live With Autism and Asperger Syindrome. Jakarta: PT Dian Rakyat, 2007.

Wiriadinata, Susan S. Mengasuh Anak Mengasihi Tuhan. Jakarta, 2018.

Diterbitkan
2021-10-30
Bagian
Articles