Desain Program Pendidikan Agama Kristen bagi Pemuda di Masa Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19

  • Sozawato Telaumbanua Universitas Kristen Indonesia
Kata Kunci: Pemuda, Desain Program, Pendidikan Agama Kristen, Pandemi Covid-19

Abstrak

Pemuda merupakan generasi penerus bangsa maupun gereja. Namun di tengah pandemi Covid-19, para pemuda tidak luput mengalami dampak yang diakibatkan oleh Covid-19 ini. Sebagian pemuda mengalami stres dalam mengikuti sekolah/perkuliahan online, stres karena kehilangan pekerjaan akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan di mana mereka bekerja, bosan karena lebih banyak waktu di rumah dan jarang ketemu dengan teman-teman sebaya, jarang ketemu dengan anggota komunitas gereja, bahkan mereka terpaksa hanya bisa beribadah dari rumah. Tidak sedikit pemuda mengalami penurunan dalam hal kerohanian selama masa pandemi ini. Gereja sebagai sebuah komunitas orang percaya harus hadir serta menjawab kebutuhan para pemuda yang sedang mengalami dampak pandemi Covid-19 ini. Di tengah keterbatasan di masa pandemi ini, gereja bisa hadir serta memaksimalkan pelayanan kepada pemuda melalui desain program yang bisa menjawab kebutuhan mereka. Tentunya gereja bisa memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini sehingga pelayanan kepada pemuda, baik di saat pandemi maupun pasca pandemi, tetap berjalan. Oleh karenanya, melalui artikel ini penulis menawarkan sebuah desain program pendidikan agama Kristen bagi pemuda, di mana dalamnya para pemuda bisa memuji Tuhan bersama (praise), berbagi kesaksian (sharing) serta berdoa (pray) bersama. Untuk menjawab permasalahan pemuda tersebut di atas, maka dalam penulisan artikel ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yakni membandingkan berbagai literatur, baik itu buku-buku, artikel, maupun jurnal yang berkaitan dengan pembahasan di atas. Tujuan dari tulisan ini adalah menawarkan desain program pendidikan agama Kristen bagi pemuda di masa Pandemi dan Pasca Pandemi. Program ini diharapkan menjawab kebutuhan para pemuda sekaligus membekali mereka melalui terang firman Tuhan agar para pemuda ini tetap berakar, bertumbuh dan berbuah di dalam Kristus dalam segala keadaaan.

Referensi

Aida, Nur Rohmi. “Rekap Perkembangan Virus Corona Wuhan Dari Waktu Ke Waktu.” Kompas.Com.

Homrighausen dan Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Kementerian Kesehatan RI. “Situasi Covid-19.” Kemkes.Go.Id.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “KBBI Daring: Desain.” Kbbi.Kemdikbud.Go.Id.

Khusuma, Ari. “Mengenal Desain Program Dalam Sebuah Organisasi.” Integrasi-Edukasi.Org. Accessed October 8, 2021. http://www.integrasi-edukasi.org/mengenal-desain-program-dalam-sebuah-organisasi/.

Mamfaat, Djauhar. Case-Based Design: Desain Berbasis Kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Meriam Webster. “Youth.” Meriam-Webster.Com.

Naftali Untung, Rafael Oktovianus Tanonggi, John Riwu Pekuwali. “Komsel Pemuridan Kreatif Pemuda GBI Bukit Sion.” Jurnal PkM Setiadharma Vol. 2, No (2021): 92.

Pailang, Herianto Sande dan Ivone Petty Palar. “Membangun Spiritual Remaja Masa Kini Berdasarkan Amsal 22:6.” Jurnal Jaffray Vol. 10 (2012): 59–86.

Pane, Merry Dame Christy. “Covid-19.” Alodokter.Com.

RI, DPR. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan.” Dpr.Go.Id.

Satriadi, Rully. “Di Masa Pandemi, Ketum PGI Sarankan 3 Hal Ini Kepada Gereja.” Beritasatu.Com.

Sozawato Telaumbanua. “Manajemen PAK Pemuda Di Era Digital.” ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani Vol. 3, No (2020): 111–113.

Sri Handayani Marwan. Tantangan Dan Peluang Generasi Milenial Era Pandemi. Edited by Sri Handayani Marwan. 1st ed. Surakarta: UNISRI Press, 2021.

Tafona’o Talizaro. Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk. Cetakan ke. Yogyakarta: IlummiNation Publishing, 2016.

United Nation. “Youth Definition.” United Nation.

Wijaya, Daya Negri. “Mentalitas Pemuda Pada Masa Pergerakan Dan Masa Reformasi Di Indonesia: Dari Berani Berpengetahuan Hingga Takut Berpengetahuan.” Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah Susurgalur Vol. 1 (2013): 78.

Zega, Yunardi Kristian. “Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James W. Fowler Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 12, no. 2 (July 6, 2020): 140–151.

Diterbitkan
2021-10-30
Bagian
Articles