Implementasi Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah

  • Nova Ritonga Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung
  • Juliandes Leonardo Trisno Mone Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung
  • Mathan Yunip Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung
  • Yunardi Kristian Zega Universitas Kristen Indonesia
Kata Kunci: Metode, Pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen, Sekolah

Abstrak

Pembelajaran masa kini adalah model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student center learning). Dalam pembelajaran ini, guru perlu menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara langsung. Sistem pembelajaran seperti ini sesuai dengan standar pendidikan dan kurikulum tahun 2013. Walaupun kurikulum tahun 2013 sudah menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, namun hingga saat ini masih ditemukan guru-guru termasuk guru pendidikan agama Kristen yang masih mempergunakan metode konvensional (ceramah) yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan. Oleh karena itulah dibutuhkan suatu terobosan yang dapat meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Kristen di sekolah. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan implementasi metode problem solving dalam meningkatkan proses pembelajaran pendidikan agama Kristen di sekolah. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan kajian literatur yang menggunakan buku, jurnal, kamus, dan sumber-sumber lainnya untuk memaparkan implementasi metode problem solving dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen. Adapun hasil penelitian ini yaitu implementasi metode problem solving dapat meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Kristen di sekolah karena peserta didik dituntut terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

Referensi

Asyirint, Gustaf. Langkah Cerdas Menjadi Guru sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku, 2010.

Bhri, Syaiful, dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Darmadi, Hamid, Sulha, dan Ahmad Jamalong. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2018.

Edison, Thomas. 52 Metode Mengajar. Bandung: Kalam Hidup, 2017.

Floren, M. Reyhan. “Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Pojok 03 Kabupaten Tulungagung.” PENA SD (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar) 2, no. 1 (2016): 9–22.

Hartanto, Suryo. Mobalean Meaning (Model Pembelajaran Berbasis Lean Manufacturing). Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Khairani, Indah, dan Rini Safitri. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Usaha Dan Energi di MAN RUKOH Banda Aceh.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 5, no. 2 (Februari 2, 2018): 32–41. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/9814.

Latip, Abdul. “Saatnya Tinggalkan Metode Pembelajaran Konvensional.” Kompasiana. Last modified 2018. Diakses Maret 12, 2021. https://www.kompasiana.com/altip/5c0db2cbab12ae71c8361e04/saatnya-tinggalkan-metode-pembelajaran-konvensional.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Mulyasa, E. Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Rohmanurmeta, Fauzatul Ma’rufah, Arni Gemilang Harsanti, dan Heny Kusuma Widyaningrum. “Pengaruh Metode Brainstorming terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 2 (2016): 10–19.

Said, Alamsyah, dan Andi Budimanjaya. 95 Strategi Mengajar Multiple Intellegences. Jakarta: Kencana, 2015.

Sani, Ridwan abdullah. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Sanjaya, Wina. Staretegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2013.

Setyawan, Tatag. “Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dalam Materi Menjaga dan Memelihara Alam dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving di SMP Negeri 1 Rantau Pulung.” Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur 11, no. 2 (2017): 23–32.

Sianipar, Desi, Stanley Rambitan, Wellem Sairwona, dan Yunardi Kristian Zega. “Pelatihan Penggunaan Metode Mengajar Remaja di Masa Pandemi Covid-19 di HKBP Resort Jatisampurna Bekasi.” JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan 2, no. 2 (2020): 406–428.

Sianipar, Desi, Yunardi Kristian Zega, Luterius Nehe, dan Kristiantoro. “Pelatihan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Remaja di HKBP Jatisampurna Bekasi.” JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan 2, no. 2 (2020): 447–457.

Simanjuntak, Junihot. Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2017.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.

Sukmadinata, Nana Syaodin, dan Erliana Syaodin. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Supriyadi, Supriyadi. “Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan 2, no. 2 (Februari 23, 2017): 83. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/13476.

Susanto, Herry Agus. Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Wardani, Pramesti, dan Wasitohadi. “Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mupel IPA Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Sembodro.” JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN 6, no. 2 (2020): 176–184.

Wartini, Ii, Hilman Mangkuwibawa, dan Cecep Anwar. “Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika.” al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education 1, no. 2 (November 6, 2018). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/3519.

Zega, Yunardi Kristian. “Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James W. Fowler dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 12, no. 2 (Juli 6, 2020): 140–151. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/488.

Diterbitkan
2021-03-30
Bagian
Articles