Penerapan Metode Scramble dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Agnes Monica Halawa SD Tunas Cemerlang Jakarta Timur 2 (Alumni Pascasarjana, Universitas Kristen Indonesia)
Kata Kunci: Metode Scramble, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Kristen

Abstrak

Dalam proses pembelajaran guru sangat memerlukan metode sebagai sarana, teknik untuk penyampaian materi dan mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Metode scramble salah satu metode pembelajaran yang menarik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya pendidikan agama Kristen karena membantu konsentrasi dan kecepatan berpikir siswa dalam belajar.Tujuan dari penelitian ini dengan penerapan metode scramble peneliti ingin meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama kristen di SD Tunas Cemerlang, Jakarta Timur dengan jumlah 10 siswa Kristen diantaranya ada 4 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research, data hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi nilai akhir semester siswa yang dilakukan dengan dua kali siklus dalam satu tahun pembelajaran atau satu siklus persemester.Dalam setiap siklus pada penelitian ini dilakukan dengan 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi atau evaluasi. Penerapan metode scramble untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen diperoleh data hasil siklus I 50% siswa mampu berhasil mencapai hasil belajar yang sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum dan data pada siklus II terlihat peningkatan dengan hasil 80% siswa berhasil mencapai hasil belajar di atas kriteria ketuntasan minimum di mata pelajaran pendidikan agama Kristen. Penerapan metode scramble dapat di terapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen untuk mencapai tujuan penelitian ini dalam meningkatkan hasil belajar, selain itu juga membantu meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Metode scramble juga membantu proses pembelajaran pendidikan agama Kristen menjadi tidak membosankan.

Referensi

Anthony, Michael J. Introducing Christian Education, Fondasi Pendidkan Abad 21. Malang: Gandum Mas, 2017.

Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya, 2019.

Fitriyah, Nur Ida Lailatul. “Penerapan Metode Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Ketapangkuning.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD) 5, no. 3 (2017): 647.

Herdiawanto, Heri, Fokky Fuad Wasitaatmadja, dan Jumanta Hamdayama. Kewarganegaraan dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.

Hidayatullah. Penelitian Tindakan Kelas. Banten: LKP Setia Budi, 2018.

Homrighausen, E.G. dan I.H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Huda, Miftahul. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Iskandar, Ranu. Pendoman Penilaisan Hasil Belajar Peserta Didik. Sukabumi: Jejak Publisher, 2019.

Ismail, Andar. Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004.

Jura, Demsy. Pendidikan Agama Kristen dalam Rimba Kontemplasi. Jakarta: UKI Press, 2018.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2012.

Kusnadi. Metode Pembelajaran Klaboratif. Tasikmalaya: Edu Publsher, 2018.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Saridewi, N.M. Putri, dan N.Nym. Kusmariyatni. “Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa siswa kelas.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 1, no. 3 (2017): 232–323.

Sohimin, Aris. 68 Metode Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Sudjana. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Sugiarto, Toto. E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika. Cv. Mine, 2020.

Syafaruddin, Supiono, dan Burhanuddin. Guru Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Budi Utama, 2019.

Syahputra, Edy. Snowbal Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publising, 2020.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Transmedia Pustaka, 2008.

Wiriaatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Diterbitkan
2021-03-30
Bagian
Articles