PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN INDONESIA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE DI TENGAH COVID-19 DAN ERA INDUSTRI 4.0

  • Jenri Ambarita Institut Agama Kristen Negeri Ambon
  • Ester Yuniati SMTK Kristo Manado
  • Nurmiani Sinaga SMP Negeri 54 Batam
Kata Kunci: Persepsi, Guru Pendidikan Agama Kristen, Covid-19, Era Industri 4.0

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi-persepsi guru Pendidikan Agama Kristen terhadap pembelajaran online yang dilaksanakan pada masa pandemic covid -19. Persepsi-persepsi guru PAK yang meliputi aspek kemudahan penggunaan, aspek kemudahan dalam membangun komunikasi, aspek dampaknya terhadap motivasi guru dalam mengajar, motivasi untuk meningkatkan kreatifitas guru, dan motivasi guru dalam meningkatkan keterampilannya dalam memanfaatkan TIK. Subyek penelitian adalah guru PAK Indonesia yang bergabung pada grup telegram yang  beranggotakan 662 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket berupa kusioner online dalam bentuk google formulir. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mix methode). Penelitian campuran yang dimaksud dalam tulisan ini adalah, data penelitian dari penyebaran angket akan disajikan dalam bentuk statistic sebagai data kuantitatif dan sajian data kuantitaif tersebut akan dideskripsikan sebagai data kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah guru PAK yang berada di daerah dengan akses internet kurang lancar, guru yang belum pernah mengikuti PPG ataupun kegiatan workshop pembelajaran online selalu merasa bahwa pembelajaran online itu sulit untuk diterapkan. Dengan demikian, guru pendidikan Agama Kristen lebih memilih pemberian tugas kepada peserta didik. Guru Pendidikan Agama Kristen yang berada di daerah dengan akses internet lancar, guru PAK yang sudah pernah mengikuti PPG dan kegiatan pelatihan pembelajaran online merasa bahwa pembelajaran online mudah untuk diterapkan, bahkan guru PAK memiliki pandangan bahwa pelaksanaan pembelajaran online memberikan motivasi yang positf terhadap guru untuk semakin kreatif, semakin terampil dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.

Referensi

Abidin, A.Z., T. Puspasari, dan W.A. Nugroho. “Polymers for Enhanced Oil Recovery Technology.” Procedia Chemistry 4 (2012): 11-16.

Ambarita, Jenri, Hendra Helwaun, dan Lauraincia Van Houten. “Workshop Pembuatan E-Book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online Di Tengah Covid 19.” Community Engagement & Emergence Journal Vol.2, No.1 (2020): 44-57.

Ambarita, Jenri, Muthoharoh, dan Ester Yuniati. “Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Teknologi Dalam Seminar Online Di Masa Covid-19.” Indonesian Journal of Instructional Vol.1 (2020): 1-8. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit/article/view/39.

Darmayanti, Tri, Made Yudhi Setiani, dan Boedhi Oetojo. “E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 8 (2007): 99-113.

Debora, Kiki, dan Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, No. 1, (January 2020): 1-14.

“EcoGen Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Studi Persepsi dan Harapan Dosen dan Mahasiswa EcoGen Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis e-Learning Studi Persepsi dan Harapan Dosen dan Mahasiswa” Vol.1 (2018).

Firman, Firman, dan Sari Rahayu. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol.2, No.2 (2020).

Kemendikbud Republik Indonesia. “Surat Edaran Nomor 14 2019” (2019): 2.

“Naskah Pidato Sesuai Pengucapan Presiden Joko Widodo Di Depan Sidang Paripurna MPR RI.” Kompas.Com. Last modified 2019. https://jeo.kompas.com/naskah-lengkap-pidato-presiden-joko-widodo-dalam-pelantikan-periode-2019-2024.

Korucu, Agah Tugrul, dan Ayse Alkan. “Differences between M-Learning (Mobile Learning) and e-Learning, Basic Terminology and Usage of m-Learning in Education.” Procedia - Social and Behavioral Sciences Vol.15 (2011): 1925-1930. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029.

McGrath, Jason, dan John Fischetti. “What If Compulsory Schooling Was a 21st Century Invention? Weak Signals from a Systematic Review of the Literature.” International Journal of Educational Research Vol.95 (November 2019): 212-226. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.02.006.

Mochammad Iskarim. “Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa).” Edukasia Islamika Vol.1, No.1 (2016): 1-20.

Ningrum, Diah. “Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai Parenting Styles Dan Pengajaran Adab Diah Ningrum Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMIT) Al Marjan.” Unisia XXXVII, No.82 (2015): 18–30.

Nuhamara, Daniel. “Pengutamaan Dimensi Karakter dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Jaffray Vol.16, No.1 (2018): 93.

Pakpahan, Roida, dan Yuni Fitriani. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol.4, No.2 (2020).

Priyanto, Dwi. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer” Vol.14, No.1 (2009): 1-13.

Pujiasih, Erna. “Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Building a Golden Generation By Applying Various Online Learning in the Pandemi of Covid-19.” Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol.5, No.1 (2020): 42-48.

Putrawangsa, Susilahudin, dan Uswatun Hasanah. “Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0.” Jurnal Tatsqif Vol.16, No.1 (2018): 42-54.

Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik Vol.6, No. 2 (2020): 109-119.

Saifuddin, Much. Fuad. “E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa.” Jurnal Varidika Vol.29, No.2 (2018): 102-109.

Suwarto, Suwarto, dan Hulman Fajri. “Persepsi Orang Tua Terhadap Proses Bimbingan Belajar Anak Di Rumah.” Susunan Artikel Pendidikan Vol.3, No.1 (2018).

Tias, Fauziah Wahyuning. “Perlukah Mahasiswa Akuntansi Strata Satu Akuntansi Di Indonesia Memiliki Persepsi Audit Forensik.” Jurnal Akuntansi UNESA Vol.1, No.1 (2012): 1–20.

Utami, Dina. “Efektifitas Animasi Dalam Pembelajaran.” Majalah Ilmiah Pembelajaran Vol.7, No.1 (2011): 44-52.

Wicaksana, Ervan. “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi dan Minat Bakat Peserta Didik di Tengah Pandemi Covid -19.” EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran Vol.1, No.2 (2020).

Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, dan Amat Nyoto. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 263–278.

Yunita, Dwi, dan Astuti Wijayanti. “Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa.” Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol.3, No.2 (2017): 153–160.

Diterbitkan
2020-10-17
Bagian
Articles