ANALISA RISIKO OPERASIONAL DI DIVISI NETWORK OPERATION CENTER (NOC) PADA PT. INDOSAT OOREDOO

  • Rindu Eka Bakti Tarigan Pasca Sarjana Uki
  • Dr. Poerwaningsih Soekarno, M.STr Dosen UKI
  • Dr. Wilson , M.Si., M.A Rajagukguk Dosen UKI

Abstract

Abstarksi

Risiko-risiko yang muncul dalam perusahaan dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas layanan yang diberikan kepada para pelanggan terutama dalam network system, sehingga dibutuhkan penanganan atau manajemen terhadap risiko, agar dapat memberikan dampak positif bagi kepuasan konsumen perusahaan.

Indosat seperti juga perusahaan lainnya selalu menjaga agar risiko yang terjadi di perusahaan dapat dikendalikan seminimal mungkin. Namun pada kenyataannya saat bekerja ada saja karyawan yang tidak menjalankan Standard of Procedure (SOP) di pekerjaannya dengan baik sehingga dapat merugikan buat perusahaan.

Pada penelitian ini, data yang digunakan adalah data risiko Operasional yang terjadi di PT Indosat Ooredoo Tbk. Mengenai pendekatan penelitian, penetapan informan, sumber data, dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah, menggunakan Metode penelitian kualitatif, dengan tujuan mengidentifikasi, mengukur, dan mengelola risiko operasional pada Divisi Network Operation Center PT Indosat Ooredoo Tbk.

Berdasarkan analisis dan evaluasi yang dilakukan maka didapatkan beberapa kesimpulan  Risiko Operasional di divisi Network Operation Center PT. Indosat Ooredoo Tbk yang teridentifikasi dari hasil penelitian ini terdiri atas 9 jenis yang meliputi 49 risiko dari departemen yang ada di divisi tersebut.

Published
2020-12-01
Section
Articles