Persepsi Publik Terhadap Review Homogen Influencer Pada Skintific Perfect Stay Velvet Matte Cushion

  • Gabriella Meltina Kifta Universitas Kristen Indonesia

Abstrak

Dalam memasarkan sebuah produk tentunya harus dijalankan dengan inovatif dan juga kreatifitas agar sebuah iklan tidak terlihat membosankan dan banyak yang tertarik untuk melihatnya. Namun, jika sebuah iklan tidak mempunyai inovasi dan kreatifitas iklan tersebut akan terlihat membosankan bahkan dapat membuat sebuah persepsi negatif. Fenomena yang terjadi dapat terlihat dalam akun TikTok @syakiraa.zxcvb. salah satu konten yang diunggah pada 23 Juni 2024 ini berisikan sekumpulan cuplikan video influencer yang sedang meriview Skintific Perfect Stay Velvet Matte Cushion. Dalam postingan tersebut memperlihatkan cara marketing atau memasarkan produk dari Skintific yang begitu monoton, sehingga dijadikan sebuah candaan yang disebut ‘Cushion Skintific Core’. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi publik terkait review homogen yang dilakukan oleh para influencer terkait produk Skintific Perfect Stay Velvet Matte Cushion. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Elaboration Likelihood Model. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis sentiment publik pada kolom komentar TikTok @syakiraa.zxcvb. Berdasarkan hasil analisis sentimen publik yang telah dilakukan pada 100 komentar yang ada dalam postingan TikTok @syakiraa.zxcvb terkait review homogen yang dilakukan oleh para influencer tentang produk Skintific Perfect Stay Velvet Matte Cushion, ditemukan bahwa terdapat 27 komentar bersifat positif, 66 komentar bersifat negatif dan 7 komentar bersifat netral.

Diterbitkan
2024-10-31