Strategi Pemasaran Kuali Kuning Dalam Menarik Minat Beli Publik

  • Angelica Kristin Theresia Marpaung Universitas Kristen Indonesia

Abstrak

Kuali Kuning adalah usaha masakan rumahan nasi bakar yang sudah ada sejak awal Maret 2022. Kuali Kuning ini didirikan oleh Melati Sesilia seorang influencer dan alumni grup musik JKT48. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan bagaimana evaluasi strategi pemasaran Kuali Kuning dalam menarik minat beli publik. Strategi pemasaran adalah salah satu metode untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan teori Marketing mix 4p. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Strategi produk Kuali Kuning yaitu melakukan manajemen bahan baku yang baik, memberikan pelayanan kepada konsumen tanpa adanya diskriminasi, memilih packaging yang dapat mempermudah pembelian melalui online. Strategi harga Kuali Kuning adalah dengan memberikan harga yang terjangkau tetapi memiliki kualitas produk yang baik. Strategi tempat atau distribusi yang dilakukan oleh Kuali Kuning nasi bakar dalam menarik minat beli pelanggan adalah dengan memilih lokasti outlet yang strategis dan mendistribusikan produk nya melalui platform digital seperti Grab, Gojek, dan Shopee. Strategi promosi oleh Kuali Kuning nasi bakar dalam menarik minat beli pelanggan yaitu dengan melakukan periklanan dan hubungan masyarakat melalui media sosial TikTok, serta penjualan personal.

Diterbitkan
2024-10-31