PENGARUH SEMANGAT KERJA PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN DARI PEGAWAI KELURAHAN PONDOK RANGGON TERHADAP

KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

  • Suzanna Josephine Tobing
  • Yuniarti Fransisca
  • Nenny Anggraini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif antara semangat kerja pegawai dan kualitas pelayanan dari pegawai Kelurahan Pondok Ranggon terhadap kepuasan masyarakat yang dilayaninya. Besarnya sampel yang diambil adalah 10% dari jumlah populasi masyarakat, yaitu 80 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang dipergunakan yaitu analisis korelasi rank spearman dan korelasi ganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai Fhitung (26,857) ≥ nilai Ftabel (3,115) yang berarti bahwa ada hubungan signifikan antara variabel kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai secara bersama-sama dengan kepuasan masyarakat dan koefisien korelasi ganda sebesar 0,641 yang berarti bahwa terdapat korelasi yang bernilai positif dan bersifat kuat di antara ketiga variabel tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa semangat kerja pegawai dan kualitas pelayanan memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat.

Published
2017-03-13