ANALISIS BRAND PERCEPTION KONSUMENTERHADAPMEREK PIZZA MARZANO

Authors

  • Elnatan Imanuel Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Berdasarkan data Euromonitor International, tahun 2023 pasar makanan cepat saji Indonesia diperkirakan mencapai nilai sekitar USD 10,5 miliar, dengan prediksi pertumbuhan tahunan sebesar 6-7%. Salah satu kategori yang tumbuh pesat adalah pizza. Pizza Marzano, sebagai salah satu merek pizza yang telah lama eksis di Indonesia, menghadapi tantangan besar di tengah semakin ketatnya persaingan pasar. Penting bagi Pizza Marzano untuk memahami bagaimana konsumen memandang merek mereka, sehingga perusahaan dapat merumuskan strategi yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian adalah data primer. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yang kemudian dianalisis secara kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi merek Pizza Marzano memiliki citra yang kuat terkait status sosial, keaslian masakan Italia, kualitas produk dan pelayanan, serta menjadi tempat makan yang nyaman untuk quality time, sehingga menciptakan kenyamanan dan kepuasan pelanggan serta kepercayaan terhadap merek. Meskipun Pizza Marzano menunjukkan bahwa masih belum cukup kuat dalam dimensi kognitif terkait pengenalan merek dan persepsi pasar. Secara keseluruhan, Pizza Marzano telah berhasil menciptakan citra merek yang kuat dengan pengalaman kuliner yang memuaskan dan hubungan yang positif dengan konsumen. Meskipun demikian, perusahaan perlu meningkatkan upaya promosi dan memperluas jangkauan audiens untuk meningkatkan kesukaan merek lebih lanjut.

Published

2025-04-30

How to Cite

Elnatan Imanuel. (2025). ANALISIS BRAND PERCEPTION KONSUMENTERHADAPMEREK PIZZA MARZANO. DIGICATION, 1(2), 47–63. Retrieved from https://ejournal.uki.ac.id/index.php/digication/article/view/6763