ANALISIS KONSUMTIVISME IMPULSIF GENERASI Z BERDASARKAN TIPE PENGGUNANYA

Authors

  • Jocelyne Natania Dharmawan SMA Kristen Kalam Kudus Surabaya
  • Vanessa Josephin Gwi SMA Kristen Kalam Kudus Surabaya
  • Nathanael Valentino Johan
  • Angelia Patricia Situmorang SMA Kristen Kalam Kudus Surabaya
  • Yoseph Kurniawan

Keywords:

Konsumtivisme, Impulsif, Generasi Z, Algoritma, Media Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti terkait perilaku konsumtivisme pada generasi Z, dimana  algoritma media sosial. keterlibatan influencer,  dan fitur-fitur media sosial mendorong seseorang untuk melakukan tindakan konsumtivisme impulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner digital yang diisi oleh 60 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 60% orang menggunakan instagram dan 40% orang menggunakan TikTok sebagai platform media sosial utama, serta  mereka cenderung melakukan tindakan konsumtivisme impulsif yang tinggi, terutama mereka yang memiliki tipe pengguna pasif seperti pengamat, penggiat berbagi, dan penikmat. Jadi, melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin sering seseorang melakukan eksplorasi pada media sosial, mereka akan semakin memiliki kecenderungan untuk melakukan perilaku konsumtivisme impulsif.

Published

2025-04-30

How to Cite

Dharmawan, J. N., Gwi, V. J., Johan, . N. V., Situmorang, A. P., & Yoseph Kurniawan. (2025). ANALISIS KONSUMTIVISME IMPULSIF GENERASI Z BERDASARKAN TIPE PENGGUNANYA. DIGICATION, 1(2), 22–37. Retrieved from https://ejournal.uki.ac.id/index.php/digication/article/view/6508