ANALISIS KONSUMTIVISME IMPULSIF GENERASI Z BERDASARKAN TIPE PENGGUNANYA
Keywords:
Konsumtivisme, Impulsif, Generasi Z, Algoritma, Media SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti terkait perilaku konsumtivisme pada generasi Z, dimana algoritma media sosial. keterlibatan influencer, dan fitur-fitur media sosial mendorong seseorang untuk melakukan tindakan konsumtivisme impulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner digital yang diisi oleh 60 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 60% orang menggunakan instagram dan 40% orang menggunakan TikTok sebagai platform media sosial utama, serta mereka cenderung melakukan tindakan konsumtivisme impulsif yang tinggi, terutama mereka yang memiliki tipe pengguna pasif seperti pengamat, penggiat berbagi, dan penikmat. Jadi, melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin sering seseorang melakukan eksplorasi pada media sosial, mereka akan semakin memiliki kecenderungan untuk melakukan perilaku konsumtivisme impulsif.