ANALISIS ETIKA KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING

(STUDI KASUS TIKTOK @ERIKARICHARDO)

Penulis

  • Adinda Putri UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Rula Aprilia Sitanggang
  • Putu Candhrika Asteya

Abstrak

Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengevaluasi peran etika komunikasi dalam pembentukan personal branding seorang content creator pada platform TikTok. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, dengan fokus pada akun @erikarichardo yang dikenal sebagai pelukis. Penelitian menunjukkan bahwa etika komunikasi yang baik, seperti kejujuran dan interaksi positif dengan pengikut, sangat penting untuk membangun citra diri yang kuat dan menarik. Dengan begitu, konten tidak hanya berfungsi untuk hiburan tetapi juga untuk memperkuat hubungan yang penuh saling menghormati antara pembuat konten dan penonton. Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan kepada content creator lain dalam mengelola personal branding secara etis di media sosial.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Adinda Putri, Sitanggang, R. A., & Putu Candhrika Asteya. (2025). ANALISIS ETIKA KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING: (STUDI KASUS TIKTOK @ERIKARICHARDO). DIGICATION, 1(2), 10–21. Diambil dari https://ejournal.uki.ac.id/index.php/digication/article/view/6256