STRATEGI DALAM MENGIDENTIFIKASI HOAKS DI MEDIA SOSIAL MELALUI LITERASI DIGITAL

Authors

  • Rachel Tesalonika Sianturi Sianturi Universitas Kristen Indonesia
  • Angel Lapatui Universitas Kristen Indonesia
  • Mutiara Alifa Anhar

Keywords:

Hoaks, Media Sosial, Literasi Digital

Abstract

Hoaks dan perilaku pengguna media sosial menjadi fenomena menarik saat ini. Media sosial merupakan media yang paling efektif untuk menerima dan menyebarkan informasi hoaks. Alasan utama pengguna media sosial menyebarkan informasi hoaks adalah untuk mempengaruhi pendapat atau sikap orang lain. Untuk menghambat penyebaran informasi hoaks, diperlukan pemahaman tentang mengidentifikasi hoaks di media sosial. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengulas bagaimana literasi digital dapat dijadikan sebagai strategi dalam meminimalisir penyebaran hoaks di media sosial agar perilaku pengguna media sosial bijak dalam menanggapi segala informasi yang diterima. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah studi kepustakaan. Hasil dan kesimpulan dari penelitian adalah masih banyak masyarakat yang membagikan informasi tanpa memeriksa keakuratan dari informasi tersebut.

Published

2025-04-30

How to Cite

Sianturi, R. T. S., Angel Lapatui, & Mutiara Alifa Anhar. (2025). STRATEGI DALAM MENGIDENTIFIKASI HOAKS DI MEDIA SOSIAL MELALUI LITERASI DIGITAL. DIGICATION, 1(2), 64–77. Retrieved from https://ejournal.uki.ac.id/index.php/digication/article/view/6224