Metaverse dan Gereja di Era Digital: Revolusi, Tantangan, dan Implikasi bagi Pendidikan Agama Kristen
DOI:
https://doi.org/10.33541/shanan.v9i1.6643Keywords:
teknologi metaverse, gereja virtual, pendidikan agama Kristen, tantangan dan peluangAbstract
Perkembangan teknologi metaverse telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam gereja dan pendidikan agama Kristen. Metaverse membuka peluang baru bagi pelayanan gereja dan pembelajaran teologi, namun juga menghadirkan tantangan, seperti degradasi spirit persekutuan, meningkatnya individualisme, serta potensi penyalahgunaan dunia virtual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluang metaverse bagi gereja serta implikasinya terhadap pendidikan agama Kristen. Penelitian ini menggunakan metode narrative review, dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis berbagai studi terdahulu terkait topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metaverse dapat memperluas jangkauan penginjilan, menyediakan metode pembelajaran interaktif, serta mendukung ibadah dalam ruang digital. Namun, tantangan seperti menurunnya interaksi sosial yang nyata, krisis kepemimpinan akibat virtualisasi, serta risiko penurunan esensi komunitas iman perlu diantisipasi dengan strategi yang tepat. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa gereja dan institusi pendidikan Kristen perlu menerapkan pendekatan hybrid, yang menggabungkan teknologi digital dengan keterlibatan komunitas secara fisik. Dengan strategi yang bijak, metaverse dapat menjadi sarana yang mendukung pelayanan gereja dan pendidikan agama Kristen tanpa mengorbankan nilai-nilai teologis yang fundamental.
References
A, Taufik. “Viral, AI ChatGPT Pimpin Kebhaktian Ratusan Jemaat Gereja Di Jerman.” Suara Merdeka.
Anjaya, Carolina Etnasari. “Reformasi Gereja Masa Kini Menghadapi Era Virtual.” Jurnal Teologi Amreta 1, no. 2021 (5AD): 27–50.
Anjaya, Carolina Etnasari, Andreas Fernando, and Wahju Astjarjo Rini. “Pendidikan Kristen Dalam Pelayanan Konseling Pranikah Di Era Disrupsi.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 2 (March 2022): 378–392.
Avila, Angga. “Prophetic Churches for the Metaverse.” Indonesian Journal of Theology 10, no. 2 (December 2022): 209–230.
Dwiraharjo, Susanto. “Konstruksi Teologis Gereja Digital: Sebuah Refleksi Biblis Ibadah Online Di Masa Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (May 2020): 1.
Gunawan, Daniel Kristanto. “Hadirat Tuhan Dalam Ruang Digital.” Theologia in Loco 4, no. 2 (October 2022): 214–238.
Karna, Winta. “Gereja Metaverse.” Sagacity Journal of Theology and Christian Education 3, no. 1 (2022): 25–29.
Lizardo, Jimmy. “Refleksi Kehidupan Gereja Perdana Dalam Praktik Gereja Virtual.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 6, no. 2 (November 2022): 209.
Mustika, Syanti. “Canggih, Vatikan Bikin Tiruan Basilika Santo Petrus Pakai AI.” Detik Travel.
Nie, Tjhia Yen. “Metaverse Dalam Ibadah?” Gereja Kristen Indonesia Gading Serpong.
Pram. “Gereja Bisa Gunakan Tekno Metaverse ?” Berita Bethel.
Putra, Bobby Hartono. “Tinjauan Teologis Ibadah Dalam Metaverse Di Era Pandemi Dan Kemajuan Teknologi.” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 7, no. 5 (2022): 5781–5795.
Santo, Joseph Christ. “Gereja Menghadapi Era Masyarakat 5.0: Peluang Dan Ancaman.” Miktab: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 2 (December 2021): 213.
Setiawan, Tjutjun, Andreas Joswanto, Tan Lie Lie, and Simon Simon. “Kajian Alkitab Terhadap Fenomena Ibadah Metaverse.” JURNAL LUXNOS 8, no. 2 (December 2022): 145–161.
SI OTO TV. Penampakan Gereja Virtual Di Dunia Metaverse, 2022. https://www.youtube.com/watch?v=3Hu_qG5CJpk.
Simon, Simon. “Perintisan Gereja Dalam Konteks Digitalisasi Masa Kini.” Jurnal Salvation 3, no. 1 (July 2022): 59–69.
Yusnoveri, F. Irwan Widjaja, Joni M.P. Gultom, Bambang Wahyudi H., and Mulina Tarigan. “Gereja Metaverse: Sejalankah Dengan Semangat Reformasi Gereja?” Prosiding International Reformation Conference 1, no. 1 (2023): 1–8.
“Ibadah Metaverse.” Gereja Tiberias Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 2025

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.