Kajian atas Kurikulum International Baccalaureate Primary Years Programme (IB-PYP) dan Implikasinya dalam Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Kristen

  • Delf Gustaaf Kalalo Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Desi Sianipar Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
Keywords: Bahan ajar, IB-PYP, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Kurikulum International Baccalaureate Primary Years Programme (IB-PYP) merupakan kurikulum pendidikan yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan sosial peserta didik melalui pendekatan multidisipliner yang mencakup pelajaran Bahasa, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni, Sains, dan Pendidikan Jasmani, Sosial, dan kepribadian (physical, social, and personal education), kecuali Pendidikan Agama Kristen (PAK), yang selama ini belum menjadi bagian integral dalam program ini. Seharusnya mata pelajaran PAK juga bersifat multidisipliner. Bahan ajar PAK harus terbuka kepada masukan dari berbagai ilmu yang lain sehingga materi pelajarannya menjadi relevan bagi pembentukan kecerdasan atau keterampilan peserta didik seluas dan seoptimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji kurikulum dan mengimplikasikannya pada pengembangan bahan ajar pendidikan agama Kristen untuk sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa kurikulum IB-PYP dapat menjadi model untuk pengembangan bahan ajar PAK yang bersifat multidisipliner sehingga dapat memperluas kemampuan berpikir kreatif dan meningkatkan keterampilan sosial peserta didik.

References

Amaliyah, Nurrohmatul. “Implementasi Pendekatan Transdisciplinary dan Model Inquiry Dalam Pembelajaran Social Studies Berbasis International Baccalaureate (Studi Kasus di kelas IV Bandung Independent School)”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Volume 4, Nomor 1, Maret 2017: 39-50.

Amineh, Roya Jafari, and Hanieh Davatgari Asl. “Review of Constructivism and Social Constructivism.” Journal of Social Sciences, Literature and Languages 1, no. 1 (2015).

Cipto Hadi Purnomo. “Manajemen Pembelajaran Kurikulum International Baccalaureate Primary Years Programme Di SD Ciputra Surabaya.” Scientific Journal (2015): 1–9.

Costa, Augusto da, Fatah Hanurawan, Adi Atmoko, and Imannuel Hitipiew. “Peranan Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan Bimbingan Dan Konseling.” Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling “Konseling Krisis” (2016).

Gardner, Howard, and Veronica Boix-Mansilla. Teaching for Understanding in the Disciplines - and Beyond. The Development and Education of the Mind: The Selected Works of Howard Gardner. London, UK: Paul Chapman Publishing, 1999.

Herawati, and Agus Sumitra. “Pembelajaran Holistik Integratif Sebagai Pendekatan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini.” CERIA: Cerdas Energetik Responsif Inovatif Adaptif 6, no. 2 (2023).

Hijriyani, Yuli Salis, and Imam Machali. “Pembelajaran Holistik – Integratif Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Cashflow Quadrant Di RA Al Muttaqin Tasikmalaya.” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 3, no. 2 (2017).

IBO. “What Is an IB Education?” Cardiff, Wales, 2019.

International Baccalaureate Organization (IBO). The Early Years in the PYP. Cardiff, Wales, 2021.

Jean Piaget, and B. Inhelder. The Psychology of the Child. New York: Basic Books, 1969.

Kartiana, Lili. “Studi Dekriptif Kualitatif Implementasi Kurikulum International Baccalaureate (Ib) Primary Years Programme Di Tk Sekolah Victory Plus Kota Bekasi.” Seroja: Jurnal Pendidikan 2, no. 5 (2023).

L. Vygotsky. Thought and Language. Cambridge: MIT Press, 1986.

Luetz, Johannes M., Graham Buxton, and Kurt Bangert. “Christian Theological, Hermeneutical and Eschatological Perspectives on Environmental Sustainability and Creation Care-the Role of Holistic Education.” In Reimagining Christian Education: Cultivating Transformative Approaches, 51–73, 2018.

Magdalena, Ina, dkk., “Analisis Bahan Ajar”. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 2, Nomor 2, Juli 2020; 311-326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.

McCoy, Dana Charles, Hirokazu Yoshikawa, Kathleen M. Ziol-Guest, Greg J. Duncan, Holly S. Schindler, Katherine Magnuson, Rui Yang, Andrew Koepp, and Jack P. Shonkoff. “Impacts of Early Childhood Education on Medium- and Long-Term Educational Outcomes.” Educational Researcher 46, no. 8 (2017).

Nanik Rubiyanto dan Dany Haryanto. Strategi Pembelajaran Holistik Integratif Di Sekolah. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Pare, Alprianti, and Hotmaulina Sihotang. “Pendidikan Holistik Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023).

Priyadi, Rachmad. “Manajemen Pembelajaran International Baccalaureate Primary Years Programs In Surabaya Intercultural School”, Jurnal Manajerial Bisnis Volume 1, Nomor 1, Agustus-November 2017: 86-102.

Presiden Republik Indonesia. “Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Demographic Research, 2003.

S. Mutia. “Implementasi Pembelajaran Holistik Integratif Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Bandar Lampung .” UIN Raden Intan Lampung, 2019.

S. Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010.

Saxton, Susan E., and Ian Hill. “The International Baccalaureate (IB) Programme: An International Gateway to Higher Education and Beyond.” Higher Learning Research Communications 4, no. 3 (2014).

Setyawan, Theresia Yunia. “Primary School Pre-Service Teachers Perspectives on Primary Years Program and Its Implementation.” IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching) 1, no. 1 (2017).

Sihotang, Hotmaulina, and Elisabet Bui Kia. “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum International Baccalaureate (IB) Dan Kurikulum 2013 (Studi Kasus Pada Sekolah Victory Plus).” In Universitas Kristen Indonesia, 2016.

Sudibjo, Niko dan Maria Magdalena Isti Handayani, “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Koneksi Matematis, Memecahkan Masalah, Dan Komunikasi Matematis”. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 19, No. 2, Agustus 2017: 114-129.

Sugiyono. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD. Edited by Sutopo. 2nd ed. bandung: Alfabeta, 2022.

Tefbana, Dance Manekat, Ezra Tari, and Hendrik A.E Lao. “Implikasi Pendidikan Holistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SMP Kristen Rehobot Oebelo.” Didache: Journal of Christian Education 3, no. 1 (2022): 73–78.

Tim Penukus PGMI. Pembelajaran Tematik. Surabaya: Lapis-PGMI, 2009.

Tresnawati, Fika dan Enung Nurhayati, “Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 Dengan Kurikulum International Baccalaureate (Kajian Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia)”. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Volume 4, Nomor 1, Desember 2023: 722-728.

Uyu Wahyudin, and Mubiar Agustin. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan Untuk Guru, Tutor, Fasilitator Dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini . Bandung: Refika Aditama, 2011.

Yogman, Michael, Andrew Garner, Jeffrey Hutchinson, Kathy Hirsh-Pasek, Roberta Michnick Golinkoff, Rebecca Baum, Thresia Gambon, Arthur Lavin, Gerri Mattson, and Lawrence Wissow. “The Power of Play: A Pediatric Role in Enhancing Development in Young Children.” Pediatrics 142, no. 3 (2018).

Zandroto, Amel Devina, and Siane Indriani. “An Analysis On Learning Loss And Holistic Education.” Polyglot: Jurnal Ilmiah 19, no. 1 (2023): 156–168.

Published
2024-10-31
How to Cite
Kalalo, Delf Gustaaf, and Desi Sianipar. “Kajian Atas Kurikulum International Baccalaureate Primary Years Programme (IB-PYP) Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Kristen”. Jurnal Shanan 8, no. 2 (October 31, 2024): 187-202. Accessed December 5, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/6013.
Section
Articles