Pengembangan Pembelajaran Virtual dengan Aplikasi Book Creator Pada Mata Kuliah Tafsir Perjanjian Lama

  • Jojor Silalahi Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Imelda Butarbutar Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Romulus Sirait Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Tamara Y. Gultom Universitas HKBP Nommensen, Medan
Keywords: Book Creator, Pengembangan Pembelajaran, Tafsir Perjanjian Lama

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai jawaban terhadap permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dengan melaksanakan pengembangan pembelajaran yang lebih melibatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media  dengan mengikuti langkah-langkah model ADDIE. Pengembangan media pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi internet merupakan pembelajaran yang berkualitas karena proses pembelajaran memotivasi siswa untuk terlibat secara aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Setelah capaian hasil validasi ahli materi sebesar 94 % dan ahli media sebesar 96 %, media dan materi pembelajaran diujicoba dalam kelompok kecil mahasiswa untuk mendapatkan respon tentang materi dan media pembelajaran. Setelah respon positif kelompok kecil mahasiswa terhadap media yang mencapai persentasi 92% diperoleh maka media pembelajaran diimplementasikan ke dalam kelompok besar atau ke seluruh mahasiswa pengontrak mata kuliah Tafsir Perjanjian Lama. Evaluasi terhadap efektifitas media setelah implementasi diperoleh dengan keberhasilan seluruh mahasiswa mengerjakan tugas yang diberikan dosen secara mandiri, aktif dan kreatif. Seluruh tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk E-Book dikumpulkan dalam satu perpustakaan yang ada dalam media aplikasi Book Creator. Dengan capaian pembelajaran di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran virtual dengan aplikasi Book Creator pada mata kuliah Tafsir Perjanjian Lama merupakan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif.

References

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Ed. ke-18. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Branch, Robert Maribe. Instructional Design : The ADDIE Approach. 1st Editio. Georgia, USA: Springer Science Springer + Business Media, LLC, 2009.

Fahlevi, Mahfudz Reza. “Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Sustainable 5, No. 2 (2022): 230-249. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/sus/article/view/2714.

Gumanti, Tatang Ary, Yunidar dan Syahruddin. Metode Penelitian Pendidikan. Edisi Pert. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.

Hidayat, H., Widowati K., Zakiyaa, D. P., Hasna, L.N., Sa’diyyah, L.N. “Student Response to the Innovation of Creating Steam-Based E-Books in the Early Childhood Creativity Development Course.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 11, No. 1 (2023): 122-132.

Kurba, Muhammad Indra Haria. “Menyoal Anggaran Pendidikan.” Last modified 2023. https://anggaran.kemenkeu.go.id/in/post/menyoal-anggaran-pendidikan.

Penyusun, Tim. Kurikulum KKNI Implementasi MBKM. Medan: Prodi Pendidikan Agama Kristen FKIP Universitas HKBP Nommensen, 2022.

Phoenix, Tim Pustaka. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru, 2009.

Pratiwi, Indah. “Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum di Indonesia.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 4, No. 1 (2019): 51-71.

Pribadi, Benny A. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Cetakan ke. Jakarta: Penerbit Kencana, 2017.

Santy, Novita Dien & Christinawati. “Student’s Perspectives of Book Creator Based E-Module For Learning TOELC Practice.” PROJECT (Professional Journal of English Education) 6 (2023): 176-186. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/project/article/view/15261.

Setyosari, Punaji. Desain Pembelajaran. Diedit oleh Bunga Sari Fatmawati. 1 ed. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Diedit oleh April Nuryanto. Ke-3. Bandung: Alfabeta, 2019.

Suriani. “Belajar Asyik dengan E-Book.” Kemenristekdikti. Last modified 2022. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/belajar-asyik-dengan-e-book/.

Tegeh, I Made, Jampel I. Nyoman & Pudjawan Ketut. Model Penelitian Pengembangan. Edisi Pert. Yogyakara: Graha Ilmu, 2014.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Diedit oleh Fatna Yustianti. 1 ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Wina, Sanjaya. Media Komunikasi Pembelajaran. Edisi Ke-2. Jakarta: Kencana : Prenadamedia Group, 2014.

Yaumi, Muhammad. Media dan Teknologi Pembelajaran. Diedit oleh Sitti Fatimah Sangkala Sirate. Ed.Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Published
2023-10-31
How to Cite
Silalahi, Jojor, Imelda Butarbutar, Romulus Sirait, and Tamara Y. Gultom. “Pengembangan Pembelajaran Virtual Dengan Aplikasi Book Creator Pada Mata Kuliah Tafsir Perjanjian Lama”. Jurnal Shanan 7, no. 2 (October 31, 2023): 263-282. Accessed May 18, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/4624.
Section
Articles