Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Kristiani Tingkat Sekolah Menengah Pertama

  • Yakobus Adi Saingo Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia
Keywords: Media Sosial, Pembentukan Karakter, Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana pembentukan karakter kristiani di tingkat Sekolah Menengah Pertama.  Dimana pembahasannya juga akan diperdalam dengan mendeskripsikan mengenai bentuk media sosial yang sering digunakan oleh guru Pendidikan Agama Kristen, penggunaan media sosial secara umum oleh guru Pendidikan Agama Kristen, serta dampak penyalahgunaan media sosial oleh peserta didik ketika tidak mendapatkan arahan dan bimbingan yang benar dalam pemanfaatam teknologi digital (khususnya media sosial) oleh guru Pendidikan Agama Kristen. Metode peneltian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan keadaan umum yang dialami guru Pendidikan Agama Kristen dan peserta didik terkait penggunaan media sosial. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Kristen dan peserta didik di lingkungan sekolah. Dalam kajian pustaka ini, peneliti juga memberikan solusi mengenai upaya guru Pendidikan Agama Kristen dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana pembentukan karakter kristiani peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Pertama.

References

Alyusi., Shiefti Dyah. Media Sosial Interaksi, Identitas dan Modal Sosial (Jakarta: Prenada Media Group, 2019)

Arum Wahyuni Purbohastuti. ‘Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi’, Tirtayasa Ekonomika, 12.2 (2017), 212-231

Bachtiar, Aziz. Menikahlah, Maka Engkau Akan Bahagia (Yogyakarta: Saujana, 2004)

Baskoro., Haryadi. Yesus Guru Profesional - Teladan Sang Kristus untuk Pendidikan Kristen Masa Kini. (Yogyakarta: Lumela, 2018)

Budhi, Setia. Kill Bullying (Hentikan Kekerasan di Sekolah) (Banjarmasin: CV. Penerbit Artikata, 2018)

Cendera Rizki, Dkk. Media Sosial untuk Advokasi Publik (Jakarta: ICT Watch, 2018)

Chakrawati, Fitria. Perundungan, Siapa Takut? Cetakan Ke-2. (Jakarta: Inti Medina, 2019)

Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, dan Ruth Judica Siahaan. ‘Tantangan Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0 dan Pasca Kebenaran’, Bonafide: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1.1, 1-22 <https://doi.org/10.46558/bonafide.v1i1.7>

Fajar, Muhammad, dan Hadi Machmud. ‘Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar’, Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 1.1 (2020), 46 <https://doi.org/10.31332/dy.v1i1.1822>

Hamdi, Saibatul, Munawarah Munawarah, dan Hamidah Hamidah. ‘Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi untuk Membangun Harmonisasi’, Intizar, 27.1 (2021), 1-15 <https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8191>

Handayani, Indri, Erick Febriyanto, dan Teguh Arya Yudanto. ‘Pemanfaatan Indeksasi Mendeley Sebagai Media Pengenalan Jurnal STT Yuppentek’, Technomedia Journal, 3.2, 235-45 <https://doi.org/10.33050/tmj.v3i2.1057>

Lamatenggo, Hamzah Uno dan Nina. Tugas Guru dalam Pembelajaran (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016)

Lanier, Jaron. Ilusi Media Sosial (Yogyakarta: Cantrik Pustaka, 2020)

Muniroh, Leny, Hurriyaturrohman, dan Asti Marlina. ‘Manfaat Penggunaan Media Sosial Terhadap Peningkatan Penjualan Tas Pada Pengrajin Tas di Ciampea’, Jurnal Ilmiah Inovator, September

Natonis, Harun Y. Mendidik Remaja dengan Seri Selamat (Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2021)

Nurudin. Tuhan Baru Masyarakat Cyber di Era Digital (Yogyakarta: Aditya Media, 2012)

Poceratu, Imelda Christy. Teologi Kristen untuk Perguruan Tinggi (Yogyakarta: CV. Mulia Jaya, 2016)

Prijanto, Jossapat Hendra. ‘Panggilan Sebagai Guru Kristen Wujud Amanat Agung Yesus Kristus dalam Penanaman Nilai Alkitabiah pada Era Digital [A Christian Teacher’s Calling in Response to Jesus Christ’s Great Commission in Instilling Biblical Values in a Digital Era]’, Polyglot: Jurnal Ilmiah, 13.2 (2017), 13 <https://doi.org/10.19166/pji.v13i2.325>

Rantung, Djoys Anneke, and Fredik Melkias Boiliu. ‘Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif di Era Revolusi Indusri 4.0’, Jurnal Shanan, 4.1, 93-107

Sakban, Abdul, dan Sahrul. Pencegahan Cyber Bullying di Indonesia (Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2019)

Sari, Anisah Dwi Indah. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Indralaya Utara. (Sumsel: FKIP Universitas Sriwijaya, 2018)

Satria, Hariqo Wibawa. Seni Mengelola Tim Media Sosial (Jakarta: Yayasan Komunikonten, 2019)

Sobur, Alex. Psikologi Umum (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2016)

Sulfikar, Achmad. ‘Swa-Radikalisasi Melalui Media Sosial di Indonesia’, Jurnal Jurnalisa, 4.1, 76–90 <https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5622>

Tafonao, Talizaro, and Prasetyo Yuliyanto. ‘Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Memerangi Berita Hoaks di Media Sosial’, Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2.1 (2020), 1-12 <https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.30>

Tung., Khoe Yao. Terpanggil Menjadi Pendidik Kristen Yang Berhati Gembala (Yogyakarta: Andi Offset, 2016)

Wibisono, Taufik, and Yani Sri Mulyani. ‘Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Pertama’, Jurnal Ekonomi Manajemen, 4.1, 1-7 <http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem>

Published
2022-03-30
How to Cite
Saingo, Yakobus Adi. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Kristiani Tingkat Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Shanan 6, no. 1 (March 30, 2022): 89-110. Accessed November 7, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/3652.
Section
Articles