PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI GEREJA DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN KELUARGA

  • Desi Sianipar Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Peran, Pendidikan Agama Kristen, Meningkatkan, Ketahanan Keluarga

Abstract

Abstrak
Keluarga-keluarga pada saat ini menghadapi banyak tantangan dan ancaman dari berbagai hal yang membuat ketahanan keluarga juga terancam. Banyak keluarga mengalami perpisahan, kekacauan, penyimpangan, dan kerusakan sehingga tidak lagi mampu berkontribusi positif bagi masyarakat. Keluarga-keluarga membutuhkan penguatan, khususnya melalui pendidikan agama Kristen. Karena itu, tujuan dari tulisan ini adalah menganalisis peran pendidikan agama Kristen dalam meningkatkan ketahanan keluarga. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Tulisan ini merupakan kajian terhadap berbagai teori ketahanan keluarga dan pendidikan agama Kristen. Hasil penelitian adalah pendidikan agama Kristen berperan dalam meningkatkan ketahanan keluarga dengan melakukan penguatan spiritualitas keluarga melalui pesan dan narasi dalam Alkitab; melakukan pengembangan hubungan antara keluarga dengan unit-unit sosial yang lebih luas; mendampingi para orang tua supaya bertanggung jawab dalam pendidikan anak mereka sejak usia dini; menyusun kurikulum dengan memasukkan materi-materi terkait ketahanan keluarga; menyediakan buku-buku pengajaran Kristen yang memuat materi ketahanan keluarga; dan menyediakan para pengajar keluarga yang mampu menjadi teladan dalam ketahanan keluarganya.
Kata Kunci: Peran, Pendidikan Agama Kristen, Meningkatkan, Ketahanan Keluarga

References

Badan Pusat Statistik (penyunting), Pembangunan Ketahanan Keluarga 2016. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2016.

Boehlke, Robert R., Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.

Dahlan R, M. dan Muhtarom, Menjadi Guru yang Bening Hati: Strategi Mengelola Hati di Abad Modern. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Dong, Yuanyuan, Xi Mo, Yabin Hu, Xin Qi, Fang Jiang, Zhongyi Jiang, Shilu Tong, Epidemiological Characteristics of 2143 Pediatric Patients With 2019 Coronavirus Disease in China. American Academy of Pediatrics. pediatrics.aappublications.org › 2020/03/16 › peds.2020-0702.full.pdf. Diakses tanggal 25 Maret 2020.

Eckel, Mark, et al., Perspectives on Your Child’s Education. Nashville, Tennessee: B&H Publishing Group, 2009.

Flick, Uwe, An Introduction to Qualitative Research. London: SAGE Publications, Ltd.

Groome, Thomas H., Christian Religious Education. Pendidikan Agama Kristen: Berbagi Cerita dan Visi Kita. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Hadfield, Kristin dan Michael Ungar, Family Resilience: Emerging Trends in Theory and Practice. Journal of Family Social Work 2018, Vol. 21, No. 2, 81–84.

Homrighausen, E.G. dan I.H. Enklaar, Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Khadijah, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan. Kekerasan Meningkat: Kebijakan Penghapusan Kekerasan Seksual Untuk Membangun Ruang Aman Bagi Perempuan dan Anak Perempuan: Catatan Tahunan tentang Kekerasan Terhadap Perempuan Jakarta, 6 Maret 2020. https://www.komnasperempuan.go.id/read-news-catatan-tahunan-kekerasan-terhadap-perempuan-2020: 1-104. Diakses 20 Maret 2020.

Latifa, Umi, Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica: Journal of Multidisiplinary Studies Vol. 1 No. 2, Juli-Desember 2017: 185-195.

Maddix, Mark A., The Rise of Evangelical Christian Education 1951-2000 in James Rirely Estep. Jr. (Ed.), The Heritage of Christian Education. USA: College Press Publishing Co., 2003.

Mawarpury, Marty dan Mirza, Resiliensi dalam Keluarga: Perspektif Psikologi. Jurnal Psikoislamedia Volume 2, Nomor 1, April 2017.

Ndari, Susianty Selaras, Amelia Vinayastri, dan Khusniyati Masykuroh, Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2018, cet. ke-1.

Respati, Arini Dwi, Metty Muhariati, dan Uswatun Hasanah, Hubungan antara Ketahanan Keluarga dengan Kenakalan Remaja. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan [JKKP] Vol.01 No.02 (2014): 101-108.

Saefullah, Lalu, Sri Rum Giyarsih, Diana Setiyawati, Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Ketahanan Keluarga Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis Vol 2, No 2, Desember 2018, 119-132.

Soeradi, Perubahan Sosial dan Ketahanan Keluarga: Meretas Kebijakan Berbasis Kekuatan Lokal. Informasi Vol. 18, No. 02, Tahun 2013, 83-94.

Van Niekerk, M. & Breed, G., 2018, The role of parents in the development of faith from birth to seven years of age. HTS Teologiese Studies/Theological Studies 74(2), a4773.

Walsh, Froma, The Spiritual Dimension of Family Life, dalam Froma Walsh (ed.), Normal Family Processess (4th ed. Pp. 347-372). New York: Guiford Press, 2012.

Yahya, Achmad Nasrudin, "Mensos Juliari: Angka Kemiskinan Naik Jadi 13,22 Persen akibat Pandemi". https://nasional.kompas.com/read/2020/06/03/16293741/mensos-juliari- angka-kemiskinan-naik-jadi-1322-persen-akibat-pandemi. Diakses 20 Februari 2020.

Rhabbi.https://biblehub.com/str/greek/4461.htm

Didaskalos. https://biblehub.com/str/ greek/1320.htm

Paideutes. https://biblehub.com/str/greek/ 3810.htm

Published
2020-03-01
How to Cite
Sianipar, Desi. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI GEREJA DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN KELUARGA”. Jurnal Shanan 4, no. 1 (March 1, 2020): 73-92. Accessed April 24, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1769.
Section
Articles