TANTANGAN PELAYANAN DALAM TUGAS MENGAJAR PAK:
KAJIAN TEOLOGIS, PEDAGOGIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI INTEGRASI IMAN DAN ILMU
Abstract
Tugas mengajar PAK merupakan representatif ilmu pengetahuan harus disandingkan
dengan pelayanan sebagai representatif iman pendidik agar tetap mempertahankan kualitas
pengajaran bedasarkan Alkitab tanpa direduksi oleh kekuatan paham dunia yang bersifat
filosofis seperti rasionalisme, humanisme serta sekularisme yang membonceng lewat arus
globalisasi dunia kerja. Untuk itu pendidik Kristen sudah saatnya mengantisipasi tantangan
kedepan dengan meningkatkan kompetensi dan integritasnya sebagai pendidik Kristen.
Makalah ini memberikan gambaran tentang pelayanan pendidikan sebagai tugas
mengajar PAK dalam mengantisipasi tantangan globalisasi dunia pada umumnya dan MEA
pada skup Asia terhadap pendidikan Kristen. Oleh karena itu dalam makalah ini perlunya
memahami konteks pelayanan dalam tugas mengajar sebagai suatu integrasi iman dan ilmu
dalam menghadapi berbagai tantangan internal dan eksternal, sebagai implementasi PAK di
sekolah maupun perguruan tinggi. Untuk itu diperlukan pemahaman teologis dan pedagogis
sebagai upaya memfilter berbagai paham dan godaan yang akan datang.
Makalah ini berbicara mengenai prinsip-prinsip pelayanan dalam tugas mengajar
PAK, prinsip mengajar sebagai panggilan Tuhan untuk mendidik, serta makna tugas mengajar
PAK dalam memaknai iman dan ilmu sebagai kesatuan melakukan trobosan dalam dunia
PAK.
Kata Kunci: Pelayanan, Mengajar, Pendidikan Agama Kristen, integrasi Iman dan Ilmu.
- View 7890 times Download 7890 times PDF Bahasa Indonesia