HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI

  • Yulia Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Qania Nabila Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Rina Anggraeni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal

Abstrak

Setiap mahasiswa diwajibkan menyelesaikan skripsi atau tugas akhir sebagai persyaratan untuk meraih gelar Sarjana. Mahasiswa perlu memiliki pemahaman terhadap metode penelitian dan kemampuan menulis secara ilmiah. Penyusunan skripsi memerlukan kesiapan, dan tidak jarang mahasiswa mengalami kecemasan ketika menghadapinya. Kecemasan yang dirasakan mahasiswa mencakup perasaan khawatir, takut, was-was, dan stres. Dalam proses ini, dukungan keluarga berupa informasi, dukungan instrumental, penilaian, dan dukungan emosional sangat diperlukan oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan tingkat kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah skripsi, dan sampel diambil secara total sebanyak 41 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berusia 21 tahun, dengan 82,9% berjenis kelamin perempuan. Dukungan keluarga dinilai baik oleh 63,4% responden, dan sebanyak 58,5% tidak merasakan tingkat kecemasan yang tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi. Dukungan keluarga yang memadai dapat mempengaruhi tingkat kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi.

Referensi

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. Jakarta Selatan: DPP PPNI.
Afriani, B. (2018). Motivasi Mahasiswa Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Tugas Akhir. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 9(1).
Agustianisa, R , Susanto, W & Rohmawati. (2022). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(2), 130-137.
Al Amin, M. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensifraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. Mathunesa: Jurnal Ilmiah Matematika,, 5(2).
Andarmoyo, S. (2012). Keperawatan Keluarga” Konsep Teori, Proses Dan Praktik Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Association, Emergency Nurses, Belinda B. Hammond, And Polly Gerber Zimmermann. (2017). Sheehy’s Emergency And Disaster Nursing. Elsevier Health Sciences.
Doli Tine Donsu, J. (2016). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yoygakarta: Pustaka Baru Press.
Erita, Hununwidiastuti, S., & Leniwita, H. (2019). Buku Materi Pembelajaran Keperawatan Jiwa. Universitas Kristen Indonesia, 202.
Friedman, M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset,Teori, Dan Praktek. Edisi Ke-5. . Jakarta: EGC.
Gunawan, Y. E. S., Landi, M., & Anthasari, D. (2018). Hubungan Antara Motivasi, Dukungan Keluarga Dan Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian Proposal Di Prodi Keperawatan Waingapu. Jurnal Info Kesehatan, 16(1), 72–82.
Hartaji, D. A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, 5.
Inayahtul’ain, E. S. (2018). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Menyusun Skripsi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(8), 385-395.
Internasional, N. (2016). Diagnosis Keperawatan Definisi Dan Klasifikasi 2015-2017 Edisi 10. Jakarta: EGC.
Kaakinen, J. R, Cochlo, D. P., Steele, R., Tobacco, A., Harmon, S. M. (2014). Family Health Care Nursing : Theory, Practice, And Research. Philadelphia: F. A. Davis Company.
Kurniati, Amelia, Yanny Trisyani, And Siwi Ikaristi Maria Theresia. (2017). Keperawatan Gawat Darurat Dan Bencana Sheehy. 1st Ed. Singapore: Elsevier Health Sciences.
Livana, P. H., Susanti, Y., & Arisanti, D. (2018). Penurunan Tingkat Ansietas Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Melalui Terapi Generalis Ansietas. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa,, 1(2), 76-82.
Malfasari, E., Devita, Y., Erlin, F., & Filer. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Di Stikes Payung Negeri Pekan Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 124-131.
Mardjan, H. (2016). Pengaruh Kecemasan Pada Kehamilan Primipara Remaja. . Abrori Institute.
Notoatmodjo. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka.
Oktiama, L. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Mengerjakan Skripsi Di S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Oktowaty, S., Setiawati, E. P., & Arisanti, N. (2018). Hubungan Fungsi Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Penyakit Kronis Degeneratif Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jurnal Sistem Kesehatan, 4(1).
Pambudi, H. A., Putra, D., Gunawan, W., Jiwa, D. K., & Tengah, J. . (2020). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan Pada Penyusunan Karya Ilmiah. . 4, 24–28.
Pardede, J. A., & Simangunsong, M. M. (2020). Family Support With The Level Of Preschool Children Anxiety In The Intravenous Installation. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ) : Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 8(3), 223-234.
Permata, W. S. (2019). Gambaran Diagnosis Kesiapan Meningkatkan Proses Keluarga Pada Keluarga Dengan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kasihan Ii Bantul Yogyakarta.
PH, L., Susanti, Y., & Arisanti, D. . (2018). Tingkat Ansietas Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. . Community Of Publishing In Nursing (COPING),, 6(2), 113-118.
Puspitasari, R. (2013). Adversity Quotient Dengan Kecemasan Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa. Jurnal Online Psikologi, 1 (1).
Ratnawati, E. (2017). Keperawatan Komunitas. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
RISKESDAS. (2018). Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.
Saputro, Heri, And Intan Fazrin. (2017). Anak Sakit Wajib Bermain Di Rumah Sakit. Forum Ilmiah Kesehatan.
Sarah. (2018). Faktor-Faktor Penghambat Mahasiswa Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Non-Rekayasa Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang).
Sari, A. (2014). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Mekanisme Koping Mahasiswa Dalam Menyusun Tugas Akhir Di Jurusan Keperawatan Program A Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya . (Doctoral Dissertation, Universitas Brawijaya).
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Suci, Suryane. (2018). Hubungan Fungsi Keluarga Dengan Gejala Depresi Pada Lansia. JIM FKEP, III.
Sugiharno, R. T., Susanto, W. H. A., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Keperawatan Silampari,, 5(2), 1189-1197.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. . Bandung: Alfabeta.
Sutini. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis. Keperawatan Keluarga, Teori Dan Praktik,. 1974, 10–54.
Tuti Meihartati, Dkk. (2018). 1000 Hari Pertama Kehidupan. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.
Ulum, M. C. (2018). Hubungan Sikap Mahasiswa Dengan Tingkat Stress Dalam Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Semsester Viii S1 Keperawatan Stikes Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan . Insan Cendekia Medika Jombang.
Umar J, Mardapi D, Azwar S, Purwono U, Hayat B, Guritnsningsih, Et Al. (2015). Uji Validitas Konstruk Beck Depression Inventory-II (BDI-II).
Usman, N., Widyastuti, W., & Ridfah, A. (2021). Teknik Deep Breathing Relaxation Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Saat Bimbingan Skripsi. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(2), 77-85.
Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. . (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 14-18.
World Health Organization. (2017). Depression And Other Common Mental Disorders: Global Health Estimates (No. WHO/MSD/MER/2017.2). World Health Organization.
Diterbitkan
2024-01-25
Bagian
Articles