Memaksimalkan Potensi Bisnis Melalui Penguatan Aspek Hukum dan Pemasaran Digital

  • Rudy Sondang Sinaga Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Lukas Marianus Werang Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
Kata Kunci: Bisnis, Hukum, Pemasaran Digital

Abstrak

UKI Career & Entrepreneur Expo bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam memahami regulasi bisnis dan strategi pemasaran digital, yang sangat penting untuk kesuksesan wirausaha. Banyak mahasiswa kurang memahami kerangka hukum seperti hak kekayaan intelektual dan perlindungan konsumen, yang dapat mengancam usaha mereka. Tujuan acara ini adalah memberikan edukasi komprehensif mengenai regulasi hukum dan meningkatkan keterampilan strategis mahasiswa dalam pemasaran digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, termasuk observasi partisipatif, wawancara, dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa tentang hukum bisnis serta kepercayaan diri mereka dalam menerapkan strategi pemasaran digital. Integrasi nilai-nilai etika Kristiani, seperti kejujuran dan tanggung jawab, semakin memperkuat pola pikir mahasiswa dalam menjalankan bisnis dengan integritas. Acara ini juga mengurangi kecemasan mahasiswa dalam memulai usaha, menawarkan aplikasi praktis dari konsep teoretis. Kesimpulannya, UKI Career & Entrepreneur Expo berhasil membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk kesuksesan wirausaha, membuat mereka lebih siap menghadapi tantangan bisnis dengan dasar etika yang kuat

Referensi

Elyani, Perlindungan Konsumen Dalam Bingkai Syariah Di Era Digital, Jurnal syiar-syiar, Volume 3 Nomor 2 (Juli-Desember 2023): 58-68.

Kristianto Purwoko, dkk., Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Terhadap Pengendalian Intern, Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing, Volume 9, Edisi 3 (November 2022): 15-28.

Laila Ningtyas, Gunawan Santoso, Ismah, Tantangan dan Mengatasi Hambatan Karakter Keberanian pada Mahasiswa Abad ke-21, Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), Vol. 02, No. 05 (2023): 2023

Diterbitkan
2024-09-30
Bagian
Articles