SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SMA DI SMA NEGRI 9 BANDAR LAMPUNG

  • Sumiyati Universitas Kristen Indonesia
  • Rahmat Kurniawan Institut Teknologi Sumatera
  • Elferida Sormin Universitas Kristen Indonesia
  • Familia Novita Simanjuntak Universitas Kristen Indonesia
  • Nova Irawati Simatupang Universitas Kristen Indonesia
  • Leony Sanga Lamsari Purba Universitas Kristen Indonesia
  • Nelius Harefa Universitas Kristen Indonesia
  • St Fatimah Azzahra Universitas Kristen Indonesia
  • I Putu Mahendra Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) oleh Prodi Pendidikan Kimia kolaborasi dengan Institut Teknologi Sumatera, menyasar masyarakat di daerah Bandar Lampung. Masyarakat yang dimaksud dalam hal ini adalah lingkungan Pendidikan secara khusus Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Bandar Lampung. Adapun kegiatan PkM dengan judul:” Sosialisasi dan Bimbingan Teknis tentang Implementasi Kurikulum Merdeka” akan ditujukan kepada para Guru dan Manajemen Sekolah, sebagai upaya untuk membantu mendorong percepatan pencapaian target sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Kegiatan PkM ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan kontribusi keilmuan dari sisi ilmu sains dan teknologi dalam membantu SMA N 9 Bandar Lampung menuju sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka bahkan sampai kepada pencapaian menjadi sekolah penggerak. Kegiatan dilakukan dalam bentuk sosialisasi dengan menghadirkan para narasumber yang sudah pakar di bidangnya yang juga merupakan dosen Prodi Pendidikan Kimia, yang selanjutnya dirangkai dengan kegiatan workshop penyusunan kurikulum merdeka yang disesuaikan dengan potensi yang dimiliki oleh SMA N 9 Bandar Lampung. Pelaksanaan kegiatan disambut dengan baik, karena materi yang disampaikan sesuai dengan jenis sekolah dengan jalur “Mandiri Berubah”. Sekolah dengan jalur tersebut adalah sekolah dalam hal ini SMA yang baru melaksanakan kurikulum merdeka pada kelas X, dimana masih dalam taraf peralihan dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka. Materi yang disampaikan mencakup kerangka dasar dan struktur kurikulum SMA , Proyek Peningkatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Modul Pembelajaran. Kepala Sekolah  dan guru SMA Negri 9 Bandarlampung mengusulkan adanya pertemuan tindak lanjut. Hasil kegiatan PkM kolaborasi UKI dan ITERA adalah para guru SMA memperoleh penguatan pemahaman terhadap implementasi kurikulum merdeka yang terdiri dari mendesign, merencanakan, melaksanakan, projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dilakukan di dalam kelas, dilingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar lingkungan sekolah, juga bagaimana melaksanakan pencapaian pembelajaran secara akademis yang terdiri dari penyusunan kurikulum organisasi satuan Pendidikan, menjabarkan capaian pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran serta menyusun modul pembelajaran.

Kata Kunci:kurikulum merdeka; profil pelajar pancasila; mandiri berubah; modul pembelajaran

Author Biography

Elferida Sormin, Universitas Kristen Indonesia

Prodi Pendidikan Kimia

FKIP UKI Jakarta

Published
2023-10-04
How to Cite
Sumiyati, Kurniawan, R., Sormin, E., Simanjuntak, F. N., Simatupang, N. I., Purba, L. S. L., Harefa, N., Azzahra, S. F., & Mahendra, I. P. (2023). SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SMA DI SMA NEGRI 9 BANDAR LAMPUNG. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 5(2), 1499 - 1508. https://doi.org/10.33541/cs.v5i2.5241
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>