ANALISIS VOLUME LALU LINTAS JALAN RAYA MASTRIP SURABAYA—JALAN RAYA BAMBE KABUPATEN GRESIK
Abstrak
Jalan Raya Mastrip – Jalan Raya Bambe Kabupaten Gresik ini termasuk kedalam tipe jalan 2/2 UD dimana dua jalurnya tidak dibatasi oleh median jalan sehingga tiap arah jalur saling berdekatanva yang memiliki panjang 2,8 km dengan lebar lajur 4 meter dan jumlah jalur adalah 2 lajur, dengan lebar bahu samping kanan dan kiri adalah 0,8 meter. Mengacu pada kepadatan arus lalu lintas,hambatan samping dan derajat kejenuhan pada ruas Jalan Raya Mastrip – Jalan Raya Bambe Kabupaten Gresik, perlu dilakukan analisa kinerja ruas jalan dan lalu lintas menggunakan manual count pada ruas jalan ini. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah secara kuantitatif dengan pendekatan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Perolehan data berasal dari data primer dan data sekunder. Data Primer adalah data dari survei lalu lintas yang telah dilakukan di lapangan pada Ruas Jalan Raya Mastrip Surabaya – Bambe Kabupaten Gresik. Hasil analisis menunjukkan jam puncak volume arus lalu lintas terjadi pada hari selasa 16 Januari 2024 pukul 16.00 – 17.00 dengan total 1.800,2 skr/jam.
Referensi
Kinerja Jalan Perkotaan (Studi Kasus: Jalan Gunung Agung Denpasar). Jurnal Widya Teknik, 19(1), 64–70.
BPS Kota Surabaya. (2024). Data Jumlah penduduk tahun 2023. https://surabayakota.bps.go.id/
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Kementerian PUPR, 2(21), 352.
Hakim, M. L. N. (2021). Analisis Kapasitas dan Kinerja Ruas Jalan Tembok Dukuh Surabaya. 45. http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9488
Maranatha D. Siburian. (2023). Analisis Kapasitas Dan Indeks Tingkat Pelayanan Jalan. 21(84).
Renata A. Kuhu. (2023). Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Lalu Lintas Pada Ruas. 21(84).
Sekar, D. (2023). Analisis Proporsi Kendaraan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Di Kota Atambua ( Studi Kasus : Jalan Moh . Yamin ). 4(1), 15–22.
Tambunan, E. (2022). Analisis Kondisi Lalu Lintas Jalan Mayjend Sutoyo Cawang. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Dan Lingkungan …, 3(2), 99–107. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cen/article/view/4441%0Ahttp://ejournal.uki.ac.id/index.php/cen/article/download/4441/2443
Tanggara. (2021). Kinerja Jalan Di Kota Surabaya Berdasarkan Tingkat Pelayanan Jalan. Planning for Urban Region and Environment, 10(3), 119–128.
- View 57 times Download 57 times Paper 7
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##Hak Cipta atas Tulisan Karya Ilmiah
Bersama dengan ini saya sebagai penulis utama menyatakan bahwa paper yang saya kirimkan untuk dipublikasikan melalu Jurnal Rekayasa Teknik Sipil dan Lingkungan adalah benar merupakan hasil orisinil Tulisan Karya Ilmiah yang merupakan hasil penelitian/kajian yang saya lakukan dan belum pernah dipublikasikan pada penerbit Jurnal ilmiah lain di Indonesia.
Jika di kemudian hari ternyata ditemukan bukti adanya hal-hal yang tidak sesuai dari pernyataan diatas maka saya bersedia menerima konsekuensi yang diberikan oleh Dewan Redaksi Jurnal Rekayasa Teknik Sipil dan Lingkungan serta paper yang telah diterbitkan akan DIBATALKAN dan dinyatakan sebagai hasil karya PLAGIASI.