FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN PEMASOK MATERIAL BANGUNAN

  • Fuk Jin Oei Universitas Tarumanegara Jakarta
  • Sudarno P Tampubolon Universitas Kristen Indonesia
  • Dady Supriadi Universitas Tarumanagara
  • Iwan B. Santoso Universitas Tarumanagara
Kata Kunci: Pemilihan pemasok; regresi linier; pemasok material

Abstrak

Pemilihan pemasok material secara selektif adalah hal penting yang harus dilakukan oleh kontraktor karena dapat menghemat biaya proyek mengingat kenyataan bahwa lebih dari separuh pengeluaran proyek adalah untuk material sehingga diperlukan manajemen yang tepat dalam pengadaan material. Dalam Penelitian ini dijelaskan tentang faktor-faktor yang menjadi pertimbangan kontraktor dalam memilih pemasok material. Ada empat faktor utama yang dipertimbangkan kontraktor dalam pemilihan pemasok material yaitu kualitas, pengiriman, pelayanan, dan biaya yang kemudian dijabarkan menjadi 19 sub variabel. Dengan menggunakan metode regresi linier berganda diperoleh 3 faktor yang mempengaruhi keputusan kontraktor membeli material yaitu jumlah material yang dikirim, tenggang waktu pembayaran, dan keakuratan informasi harga yang diberikan.

Referensi

Abror, N., Marimin, Yuliasih, I., (2011). Seleksi dan Evaluasi Pemasok pada Rantai Pasok Kertas. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, Vol 21, No. 3.

Anggela, P., (2012). Model Pemilihan Supplier Dengan Menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) dan Teknik Data Mining, M.T. Tesis, Universitas Indonesia, Depok.

Basuki, A., (2010). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemasok dengan Pendekatan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fuzzy AHP), Rekayasa. Vol. 3, No. 1.

Bateman, T.S., (2007). Manajemen, Edisi ketujuh, Salemba Empat, Jakarta.

Griffin, J., (2005). Customer Loyalty, Erlangga, Jakarta.

Jin, O. F., Hutabarat, L. E., & Andri. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAKTU TUNGGU PENGADAAN MATERIAL BETON PADA BEBERAPA PROYEK DI JAKARTA. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Dan Lingkungan - CENTECH, 3(2), 91-98.

Hariadi, D. (2012). Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Vol 1, No. 8.

Kurniawan, D., (2008). Regresi Linier. R-Foundation for Statistical Computing. Vienna, Austria 17.

Kurniawati, D., Yuliando, H., dan Widodo, K.H. (2013). Kriteria Pemilihan Pemasok Menggunakan Analytical Network Process. Jurnal Teknik Industri, Vol. 15, No. 1, pp. 25-32.

Oei, F. J., Tampubolon, S. P., & Finella, C. (2023). TINJAUAN PRODUKTIVITAS PEKERJA PADA DUA PROYEK SERTA FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Dan Lingkungan - CENTECH, 4(1), 15-24.

Raharjo, F., (2007). Kajian Faktor yang Dipertimbangkan Kontraktor dalam Memilih Pemasok Material. Jurnal Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Vol. 7, No. 2, pp. 119-130.

Ravindran, A., (2013). Supply Chain Engineering: Models and Applications, CRC Press Taylor & Francis Group, London.

Simamora, Bilson. (2003), Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Yusuf, M., (2009). Pendekatan Analytic Hierarchy Process dan Goal Programming Untuk Menentukan Model Pemasok. Jurnal Teknologi, Vol. 2, No. 2, pp. 137-142.

Diterbitkan
2023-10-31