ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)
PT.TOSHIBA CONSUMER PRODUCTS INDONESIA
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dan disiplin kerja dengan OCB pada PT. Toshiba Consumer Products Indonesia. Data diperoleh melalui riset lapangan dan riset kepustakaan, serta penyebaran kuisoner. Penelitian ini dilakukan di PT. Toshiba Consumer Products East Jakarta Industrial Park (EJIP),Bekasi 17550,Jawa Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif –korelasional dengan sampel sebanyak 88 orang karyawan dan data dianalisis menggunakan analisis rank spearman dan korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi (X1) dan disiplin kerja (X2) secara simultan (bersamasama) dengan OCB (Y) di PT. Toshiba Consumer Products Indonesia sebesar 0,589 tergolong cukup kuat. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan OCB pegawai yang dijalankan PT Toshiba Consumer Products Indonesia. Hal ini ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,214 yang menunjukkan korelasi bersifat lemah. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja dengan OCB pada PT. Toshiba Consumer Products Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,583 yang menunjukkan korelasi bersifat cukup kuat. Dapat disimpulkan bahwa motivasi pada karyawan PT. Toshiba Consumer Products tergolong lemah, terlihat dari perusahaan belum memberikan imbalan yang sesuai prestasi kerja karyawan dan belum ada pemenuhan jenjang karir (jabatan atau pangkat) yang jelas. Disiplin kerja di PT. Toshiba Consumer Products sudah berjalan cukup baik dan perlu dipertahankan karyawan yang tiba dan pulang kantor tepat waktu, karyawan yang mengerti akan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) serta karyawan yang melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik. Dalam hal OCB, perlu dipertahankan karyawan yang fokus terhadap pekerjaan dan selalu mengikuti perkembangan perusahaan, serta karyawan yang setia atau loyal terhadap perusahaan, untuk peningkatan OCB.