HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN PEMBELAJARAN MELALUI DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.51212/jdp.v14i1.2106Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pemberian penguatan pembelajaran melalui daring oleh dosen PAK dengan motivasi belajar mahasiswa program sarjana di IAKN Tarutung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif inferensial dengan populasi penelititian seluruh mahasiswa semester IV IAKN Tarutung berjumlah 196 orang. Sampel yang ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling yaitu 49 orang. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dengan jumlah 40 item. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan inferensial dengan langkah sebagai berikut: (1) Uji hubungan diketahui bahwa rhitung > rtabel sebesar 0,673 > 0,266. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Pemberian Penguatan Dengan Motivasi Belajar mahasiswa IAKN Tarutung, (2) Uji signifikan hubungan diketahui bahwa thitung>ttabel sebesar 6,691 > 2,000. Selain itu, terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian penguatan pembelajaran daring dengan motivasi belajar. Dengan demikian, penguatan pembelajaran daring pada situasi pandemi Covid-19 ini adalah kemampuan dosen dalam berinovasi merancang, dan meramu materi, metode pembelajaran, dan aplikasi apa yang sesuai dengan materi dan metode sehingga dosen menjadi kreatifitas dapat memotivasi mahasiswanyauntuk tetap semangat dalam belajar secara daring (online) dan tidak menjadi beban psikis.
Kata kunci: Penguatan Dosen,Pembelajaran daring, Motivasi belajar,Pandemi Covid-19