Cerita Sukses BYD di Indonesia
Abstract
BYD (Build Your Dreams), perusahaan asal China ini telah berhasil menembus pasar mobil listrik di Indonesia dan mengukuhkan diri sebagai market leader. Studi literatur menganalisa berbagai faktor yang mendorong kesuksesan BYD di Indonesia, serta tantangan dan peluang yang dihadapi BYD Indonesia dalam menghadapi pasar yang kompetitif. Penelitian ini mengidentifikasi kebijakan pemerintah Indonesia yang mendukung kendaraan listrik, seperti insentif pajak dan pengembangan infrastruktur pendukung, sebagai pendorong utama kesuksesan BYD. Selain itu, teknologi canggih yang digunakan dalam kendaraan listrik BYD, integrasi vertikal yang menciptakan efisiensi harga produk menjadi keunggulan kompetitif yang menarik bagi konsumen Indonesia. Studi ini juga membahas strategi pemasaran BYD, termasuk kemitraan strategis. Namun, tantangan yang dihadapi BYD, seperti persaingan dengan merek internasional, keterbatasan infrastruktur pengisian daya, dan harga kendaraan yang masih tinggi, menjadi hambatan utama dalam adopsi kendaraan listrik secara masif. Dibalik tantangan ini juga tersedia peluang karena inovasi teknologi baterai, pasar bus yang belum tergarap dengan baik, serta kehadiran pabrik di Indonesia yang menambah keunggulan kompetitif tersendiri. Penelitian ini diakhiri dengan menyarankan strategi untuk mempertahankan posisi BYD di pasar yang semakin berkembang ini