STRATEGI PIMPINAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TADULAKO DALAM MENGKOMUNIKASIKAN KEBIJAKAN KEPADA MAHASISWA

  • Donal Adrian Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Abstract
The purposes of this research are (1) to provide the image and analyze strategy leaders the faculty of social and political science, Tadulako University in communicate policy to students and (2) to provide the image and analyze factors barrier in the communications strategy done by the leader of politics, Tadulako University. The results of the study showed that the imparting of implementing the policy of, used three the components the communications strategy namely communicators seen from office and attractiveness to such as have friendly attitude, discipline and forcefully so as to cause more students ask any questions directly to them. The message delivered by the leader of packed with so well that can catch a student. The process of design twang of them use the area of a Palu City and a message that based on the experiences of a leaders when lecture carry out whose aim to motivate students. Components the third is media. It was used the non-personal media, example are banners and a guidebook academic the faculty. As for factors barrier in its implementation that is some students still showing conduct that is as good as meniruh signature a classmate in absent lecture and do remedial lecture than the command of by the number of a maximum of three courses.
Key Words : Communication Strategy, Organization, Policy


Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) untuk memberikan gambaran dan menganalisis strategi pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako dalam mengkomunikasikan kebijakan kepada mahasiswa dan (2) untuk memberikan gambaran dan menganalisis faktor-faktor penghambat dalam strategi komunikasi yang dilakukan oleh pimpinan Fisip, Untad. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyampaikan penerapan kebijakan, digunakan tiga (3) komponen strategi komunikasi yaitu komunikator yang dilihat dari jabatan dan daya tarik seperti memiliki sikap yang ramah, disiplin dan tegas sehingga menyebabkan mahasiswa lebih banyak bertanya secara langsung kepada mereka. Pesan yang disampaikan oleh pimpinan dikemas dengan sangat baik sehingga dapat menarik perhatian mahasiswa. Proses pengemasannya diantaranya menggunakan logat daerah kota Palu dan pesan yang didasarkan pada pengalaman seorang pimpinan ketika melaksanakan perkuliahan yang tujuannya untuk memotivasi mahasiswa. Komponen yang ketiga adalah media. Media yang digunakan yaitu media non-personal berupa media spanduk dan buku panduan akademik fakultas. Adapun faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaannya yaitu sebagian mahasiswa masih menunjukkan perilaku yang tidak baik seperti meniruh tanda tangan teman sekelas pada absen perkuliahan dan melakukan remedial mata kuliah melebihi dari ketetapan dengan jumlah maksimal tiga (3) mata kuliah.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Organisasi, Kebijakan

Published
2018-06-28