Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen

  • Peggy Lucia Marita Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
Kata Kunci: Merdeka Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Kristen

Abstrak

Kurikulum merdeka belajar adalah upaya pemerintah dalam rangka memajukan pendidikan di Indonesia. Salah satu pendekatan dalam rangka mewujudkan merdeka belajar adalah dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu pendekatan yang bisa diimplementasikan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sesuai dengan kesiapan, minat dan profil belajar peserta didik. Namun, pembelajaran berdiferensiasi masih jarang dilakukan karena kurangnya pemahaman guru dalam mendesain pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurikulum ini merupakan kurikulum yang baru diterapkan serta belum semua satuan pendidikan menerapkan sepenuhnya. Tujuan penelitian ini untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas berdasarkan kebutuhan dan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi yaitu konten, proses, dan produk sehingga secara bersama-sama dapat mencapai tujuan pendidikan. Penelitian dilakukan di SMPN 240 Jakarta sejak Januari sampai Maret 2023 menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Adapun partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik. fokus penelitian adalah menjelaskan tahapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan materi Alkitab penuntun hidupku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberi dampak positif bagi peserta didik serta dapat membantu para guru untuk dapat memenuhi tugas dan tanggung jawabnya melalui tahapan-tahapan dalam mempersiapkan pemetaan awal dengan asesmen diagnostik, menyusun modul pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran.

Referensi

Ade Sintia Wulandari. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman.” Jurnal Pendidikan Mipa 12, No. 3 (2022): 682-689.

Albi Anggito, J S. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Amiruddin, Yasser A. Menatap Guru Penggerak. Jakarta: GUEPEDIA, 2021.

Bahriah, E S, L Yunita, R N Sholihat, S Haryanti, and M S Indonesia. Aplikasi Kurikulum Merdeka: Fenomena Learning Loss Pada Pembelajaran Kimia. Media Sains Indonesia, 2023.

Dede Novalis, Yuel Sumarno, Josia Pantja Paruntung. “View of Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak.” Last modified 2019. Accessed February 25, 2023.

Faiz, Aiman, Anis Pratama, dan Imas Kurniawaty. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6, No. 2 (2022): 2846-2853.

Fredik Melkias, Boiliu, dan S Sinaga. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning di Sekolah.” Jurnal Education and Development 9, No. 2 (2021): 120-126.

Giawa, Lydia Indriswari; Kamertin. “Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Karakter Anak.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, No. 9 (2018): 1689-1699.

Groome, T H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Gustap Elias, S P, Fauzie, Bayumi, Ahmad Zainudin, Efriyeni Chaniago, dan Hapizoh. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Deepublish, 2021.

Hidayat, Udin Firman, Martha Megawati Pasaribu, Djoys Anneke Rantung, dan Noh Ibrahim Boiliu. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Adaptif dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Pendidikan.” Journal on Education 5, No. 2 (2023): 3492-3506.

Kristina Herawati. “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen (PAK) Bagi Etiket Pergaulan Anak.” SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 2, No. 2 (2016): 56-67.

Marampa, Elieser R. “Peran Orangtua dan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik.” Teologi, Jurnal Pendidikan, D A N 2, No. 2 (2021): 100-115.

Non-Serrano, Janse Belandina. Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog, 2021.

Non-Serrano, Janse Belandina & Stephen Suleeman. Buku Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2017.

Safarati, Nanda, dan Fatma Zuhra. “Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Menengah.” Jurnal Pendidikan Genta Mulya No. 14 1 (2023): 15-26.

Sherly, Edy Dharma, Humiras Betty Sihombing. “View of Merdeka Belajar: Kajian Literatur.” FKIP –Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Last modified 2020. Accessed February 25, 2023.

Suwartiningsih, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1, No. 2 (2021): 80-94.

Diterbitkan
2023-03-31
Bagian
Articles