Pengalaman Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Menggunakan Teknologi Pembelajaran Quizizz

  • Juliana Pontoan Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Kevin Samuel Kamagi Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen, Pengalaman Pembelajaran, Teknologi Pembelajaran Quizizz

Abstrak

Teknologi memiliki peran penting dalam proses pembelajaran karena dapat menjadikan aktivitas belajar lebih efektif dan berarti. Pendidikan Agama Kristen diharapkan mampu memberikan pembelajaran yang dapat dirasakan menyenangkan oleh peserta didik. Oleh karena itu pendidikan agama Kristen harus menyesuaikan dari segi metode dan sarana dalam memberikan pembelajaran di era teknologi saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai pengalaman penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen di gereja. Subjek penelitian adalah pemuda GKKD Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi Quizizz menjadi pilihan dalam media pembelajaran pendidikan agama Kristen karena Aplikasi Quizizz dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di pemuda karena mudah diakses, membuat suasana pembelajaran menyenangkan, pemuda bersemangat dalam mengerjakan kuis, dapat memperhatikan pelajaran, meninjau kembali materi yang telah dipelajari.

Referensi

Afifatu Rohmawati. “Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 9, No. 1 (2015): 17-18.

Agustian, Niar, dan Unik Hanifah Salsabila. “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran.” Islamika 3, No. 1 (2021): 123-133.

Basongan, Citraningsih. “Penggunaan Teknologi Menurut Iman Kristen di Era Digital Citraningsih Basongan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, No. 3 (2022): 4279-4287.

Boiliu, Esti Regina, Noh Ibrahim Boiliu, dan Djoys Anneke Rantung. “Teori Belajar Humanistik Sebagai Landasan dalam Teknologi Pendidikan Agama Kristen.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, No. 2 (2022): 1767-1774.

Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, dan Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0 dan Pasca Kebenaran.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, No. 1 (2020): 1-22.

Hani Hanafi. “Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi.” SOSIO e-KONS 6, No. 1 (2014): 41-55.

Hendro Setyo Wahyudi, Mita Puspita Sukmasari. “Teknologi dan Kehidupan Masyarakat.” Jurnal Analisa Sosiologi 3, No. 1 (2014): 12-24.

Ikhwan, Munirul, Agus Suyatna, dan Feriansyah Sesunan. “Pengembangan Kuis Interaktif Tipe Fill In The Blank Untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika.” Jurnal Pembelajaran Fisika 3, No. 1 (2015): 27-36.

Joseph, Priscillia Diane Joy, dan Fredik Melkias Boiliu. “Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Penggunaan Teknologi Pada Anak.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, No. 4 (2021): 2037-2045.

Kamus Besar Bahasa Indonesia “Arti Efektivitas.”

Kustiawan, Andri Arif. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Online Terhadap Kecerdasan Fisik Motorik Anak Usia Dini.” JOECCE: Journal of Early Chilhood and Character Education 1, No. 1 (2021): 693.

Loupatty, Fredrik David. “Pemanfaatan Media Quizizz Pada Latihan Soal Untuk Mendorong Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring.” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 5, No. 2 (2021): 273-274.

Mokalu, Valentino Reykliv, Johanes Kornelius Panjaitan, Noh Ibrahim Boiliu, dan Djoys Anneke Rantung. “Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, No. 1 (2022): 1475-1486.

Mulyati, Sri, dan Hanif Evendi. “Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP.” GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika 3, No. 1 (2020): 64-73.

Munir. Tantangan Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI, 2009.

NaikPangkat.com. “Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran dalam Merdeka Belajar.” NaikPangkat.Com. https://naikpangkat.com/ketahui-kelebihan-dan-kekurangan-quizizz-sebagai-media-pembelajaran-dalam-merdeka-belajar/.

Noor, Sugian. “Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin.” Pendidikan Hayati 6, No. 2 (2020): 1-7.

Nugroho, Dwi Yulianto. “Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di YPK Penabur Bandarlampung.” Prosiding PKM-CSR (2019): 8-20.

Nuhamara, Daniel. “Pengutamaan Dimensi Karakter dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Jaffray 16, No. 1 (2018): 93-121.

Nurdin. “Efektivitas Pembelajaran Online PAUD di Tengah Pandemi Covid 19.” JURNAL OBSESI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, No. 1 (2021).

Padmini, Kristiana Hesti, dan Brigitta Putri Atika Tyagita. “Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: Studi Kasus di Salah Satu SMA di Salatiga.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, No. November (2015): 60-80.

Palevi, Maulana Reza, Pipit Amalia Saputri, dan Rian Vebrianto. “Ruang Kelas Virtual: Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Permainan Online Hago.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 6, No. 1 (2020): 7-13.

Rantung, Djoys Anneke, and Fredik Melkias Boiliu. “Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang Antisipatif di Era Revolusi Indusri 4.0.” Jurnal Shanan 4 (2020): 93-107.

Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin” 17, No. 33 (2018): 81-95.

Rusman. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Grafindo Persada, 2012.

Sihotang, Hermanto. “Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, No. 2 (2020): 63-75.

Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Tamara, Yesi, Angel Christie Pakasi, Desserly Krismawaty Wesly, dan Edi Sujoko. “Profesionalitas Yesus Sang Guru Agung dalam Penggunaan Media Pembelajaran.” Didache: Journal of Christian Education 1, No. 1 (2020): 65-73.

Tjendanawangi Saputra dan Serdianus. “Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Menjawab Tantangan Perkembangan Teknologi di Era Posthuman.” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 4, No. 1 (2022): 44-61.

Yaumi, Muhammad. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group, 2018.

Yusak Noven Susanto. “Teknogogi dalam Pendidikan Kristen: Pendidikan Kristiani Menyambut Perkembangan Teknologi.” kharismata: Jurnal Teologi Pantekosta 4, No. 2 (2022): 1-16.

Diterbitkan
2023-03-31
Bagian
Articles