Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Bagi Kelas Katekisasi Anggota Jemaat GMIT Pasca Konversi Agama

  • Windy Daud Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Ningsih Diliyanti Benu Gereja Ebenhaezer Oeba, Kupang
Kata Kunci: Desain Kurikulum, Katekisasi, Konversi Agama, Pendidikan Agama Kristen

Abstrak

Konversi agama atau yang umumnya dikenal dengan pindah agama, merupakan fenomena yang sering terjadi sekarang ini. Di mana, orang-orang berpindah dari agama dan kepercayaan yang lama ke agama dan kepercayaan yang baru. Hal ini dapat terjadi karena sebuah perkara iman, pernikahan, mengikuti orangtua, dan sebagainya. Konversi agama ini juga sering terjadi dalam lingkungan warga GMIT. GMIT sebagai gereja yang dipanggil untuk menyatakan terang di dalam dunia perlu menyadari salah tugas perwujudan misinya yakni pengajaran. Desain kurikulum yang disumbangkan sekiranya dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran yang lebih efektif, efisien dan maksimal.

Referensi

Abineno, J.L.C. Sekitar Katekese Gerejawi. BPK-Gunung Mulia, 2013.

Ali, Hasan. Ilmu Perbandingan Agama. Yogyakarta: kanisius, 2018.

Ali, Mukti. Agama dalam Pergumulan Masyarakat Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2013.

Anwar, Rayyan Andilla. “Menjadi Kristen Baru: Studi Katekisasi Khusus di Gereja Kristen Indonesia Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur.” Universitas Islam Negeri, 2017.

Arifin, Zainal. Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum (Bandung: Remaja Rodaskarya, 2011), 82-94. Bandung: Remaja Rodaskarya, 2011.

Boland, Bernard Johan. Intisari Iman Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.

Daradjat, Zakiyah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: PT. Bulan Bintang, 2015.

Enklaar, E.G Homrighausen & L.H. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Gajah, Lastri. “Pengaruh Pelaksanaan Katekisasi Sidi Terhadap Kedewasaan Iman.” Jurnal Areopagus 18, No. 2 (2020): 89-96.

Heinrich, Max. “Change Of Heart: A Test of Some Widdy Theories about Religious Conversion.” American Journal Of Sociologi 83, No. 3 (2018.): 667.

Hidayat, Rakhmat. Pengantar Sosiologi Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo, 2016.

Khairiah. “Fenomena Konversi Agama di Kota Pekanbaru (Kajian Tentang Pola dan Makna).” Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama 10, No. 2 (2018): 147-161.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen: Penuntun bagi Mahasiswa Teologi dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama, dan Keluarga Kristen. Yogyakarta: Andi offset, 2015.

Kurniadi, Trisno. “Tinjauan Teologis Pedagogis Korelasi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Gereja dan Keluarga dan Relevansinya Bagi Pelayanan Masa Kini.” Manna Rafflesia 2, No. 2 (2016): 71-72.

Marbum, Purim. “Strategi dan Model Pembinaan Rohani untuk Pendewasaan Iman Jemaat.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, No. 2 (2019): 147-160.

Paramita, Daniel Fajar Panuntun and Eunike. “Hubungan Pembelajaran Alkitab Terhadap Nilai-Nilai (Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual).” Gamaliel: Jurnal Teologi dan praktika 1, No. 2 (2019): 106-117.

Puspito, D. Hendro. Sosiologi Agama. Yogyakarta: kanisius, 2013.

RI, Tim penyusun Diknas. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2011.

Ruben, Samuel. “Hubungan Metode Katekisasi Terhadap Motivasi Kehadiran Jemaat di Gereja Kristen Jawi Wetan Jemaat Turen.” jurnal STIPAK Malang 1, No. 1 (2018): 1-17.

Rummery, R.M. Catechesis and Religious Education in A Pluralist Society. New York: American Press, 2016.

Samosir, Cherly. “Katekisasi Pranikah (Pelaksanaan Katekisasi Pranikah dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Keluarga Kristen di Jemaat GMIT Kota Kupang),” 2013.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2018.

Tobing, Nancy F.L. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen di Indonesia.” Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 76-89.

Waruwu, Mesrita Fransiska. “Strategi Pelayanan Gereja Sungai Yordan Keluarga Allah-Kuta Bumi Tanggerang dalam Melayani Katekisasi Pernikahan.” STT Pelita Bangsa, 2021.

Wyckoff, D. Campbell. “Theory and Design of Christian Education Curriculum.” Philadelphia: The Wesminster Press (2017): 27.

Yenni Septiani Purba, Djoys Anneke Rantung. “Desain Kurikulum PAK Anak Usia 9-12 Tahun di Sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Dengan Menggunakan Teori Wyckoff.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen SHANAN 3, No. 2 (2019): 32-43.

“Buku Pelajaran Katekisasi Majelis Sinode GMIT edisi 1.” 1, 2011.

“Tata dasar GMIT, Revisi,” 2010.

“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, BAB I: Pasal 1,” 2015.

Diterbitkan
2023-03-31
Bagian
Articles