Kreativitas Mengajar Guru Berdasarkan Kajian Filosofi Pendidikan Kristen

  • Dianty Greas Athalya Hutagalung Universitas Pelita Harapan, Tangerang
  • Wiyun Philipus Tangkin Universitas Pelita Harapan, Tangerang
Kata Kunci: Guru, Kreativitas Mengajar, Proses Pembelajaran

Abstrak

Kreativitas mengajar perlu dimiliki guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Hal ini penting bagi dunia pendidikan, karena pendidikan ialah kegiatan proses pembelajaran untuk mengembangkan seluruh aspek dalam diri siswa. Kreativitas mengajar merujuk pada peran penting guru di dalam kelas, sehingga seharusnya guru dapat menjalankan perannya dengan baik dalam proses pembelajaran, yaitu dengan membuat rancangan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Guru kreatif merupakan guru yang memiliki ide-ide baru baru pada pengajarannya. Hal ini bertujuan agar tercipta proses pembelajaran yang efektif dan dapat menarik minat belajar siswa. Jika dikaji berdasarkan filosofi pendidikan Kristen, Guru perlu memaksimalkan peran dan tanggung jawabnya sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Penulisan karya ilmiah bertujuan untuk memaparkan mengenai kreativitas mengajar guru. Penelitian ini ditulis dengan metode kajian literatur. Kesimpulan dari penelitian ini, ialah kreativitas mengajar juga perlu dimiliki oleh guru Kristen dengan dasar yang benar sesuai dengan filosofi pendidikan Kristen. Sebagai saran, kedepannya guru perlu menciptakan proses pembelajaran yang monoton dan terkesan membosankan, tetapi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, namu tetap memperhatikan kebutuhan belajar siswa di dalam kelas melalui pemenuhan komponen pendidikan seperti metode pembelajaran, strategi pembelajaran, teknik, dan lain sebagainya secara kreatif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Referensi

Agung, Imanuel, dan Made Astika. “Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen di SMA Gamaliel Makassar.” Jurnal Jaffray 9, No. 2 (2011): 147.

Amka. Filsafat Pendidikan. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2019.

Andrian, Andrian. “Perspektif Guru Sebagai Agen Pembaharuan (Agent Of Change) dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Kewarganegaraan.” Untirta Civic Education Journal 3, No. 1 (2018): 79-100.

Annisa, Lutfi, dan Wakijo Wakijo. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Trimurjo.” Jurnal Pendidikan Ekonomi7, No. 1 (2019): 77-83.

Brummelen, Harro Van. Berjalan Bersama Tuhan di dalam Kelas: Pendekatan Kristiani Untuk Pembelajaran. Tangerang: Universitas Pelita Harapan Press, 2009.

Budiyana, Hardi. “Kristus Sebagai Pusat Misi Pendidikan Kristen untuk Mewujudkan Murid Kristus dalam Gereja Lokal.” Teleious: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, No. 1 (2021): 47.

Djamaluddin, Ahdar, dan Wardana. Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Penting Peningkatan Kompetensi Pedadogis. CV. Kaaffah Learning Center, 2019.

Fakhriyani, Diana Vidya. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.” Wacana Didaktika 4, No. 2 (2016): 193-200.

Henry, Indras. Yerusalem Baru di Sorga , Limited Space in Heaven. CV Jejak, 2020.

Irianto, Agus. Pendidikan Sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu Bangsa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2017.

Junaedi, Ifan. “Proses Pembelajaran Yang Efektif.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 3, No. 2 (2019): 19-25.

Knight, George. Filsafat Pendidikan: Sebuah Pendahuluan dari Perspektif Kristen. Tangerang: Universitas Pelita Harapan Press, 2009.

Knight, George R. Filsafat & Pendidikan: Sebuah Pendahuluan dari Perspektif Kristen. Tangerang: UPH Press, 2009.

Lase, Evasari Kristiani, dan Friska Juliana Purba. “Alkitab Sebagai Sumber Pengetahuan Sejati dalam Pendidikan Kristen di Sekolah Kristen: Sebuah Kajian Epistemologi.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 4, No. 2 (2020): 149-166.

Louis Berkhof. Teologi Sistematika Doktrin Manusia. Surabaya: Momentum Christian Literature, 2021.

Octaviani, Etty, Haryanto F, Andi, Juli, Petrus. “Identifikasi Penerapan Pendekatan Saintifik Kegiatan Menanya (M2) Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Matematika yang Bersifat Teacher Centered Learning.” Jurnal Pendidikan Matematika (Jumadika) 2, No. 1 (2020): 39-40.

Oktiani, Ifni. “Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Kependidikan 5, No. 2 (2017): 226.

Pangabean, Suvriadi, Srie Faizah Lisnasari, Ika Puspitasari, Listari Basuki, Ahmad Fuadi, dan Hamdan Firmansyah. Sistem Student Center Learning Dan Teacher Center Learning. Edited by Arif Munandar. Media Sains Indonesia. Media Sains Indonesia, 2021.

Pazmino, Robert, W. Fondasi Pendidikan Kristen - Google Books. BPK Gunung Mulia. BPK Gunung Mulia, 2018.

Rey, Kevin. “Konsep Yesus Anak Allah: Suatu Apologetika Terhadap Pandangan ‘Alah Tidak Beranak dan Diperanakan.’” Antusias:Jurnal Teologi dan Pelayanan 2, No. 3 (2013): 31.

Risma, dan La Ode Amaluddin. “Analisis Keterampilan Mengajar Guru Geografi di SMA Kartika XX-2 Kota Kendari.” Jurnal Penelitian Pendidikan Geograf 1, No. 1 (2016): 233.

Rohmawati, Afifatu. “Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 9, No. 1 (2015): 16.

Rostiati, Neny, and Fakhry Zamzam. Etika Profesi Manajemen Era Society 5.0, 2021.

Saadah, Lubis. “Analisi Profesionalisme Guru Berdasarkan Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.” Экономика Региона 10, No. 9 (2012): 32.

Serevina, Vina. Fundamentals Of Education (Pentingnya Memahami Landasan Ilmu Pendidikan) - Google Books. Jakart: PT Elex Media Komputindo, 2020.

Shafa. “Karakteristik Proses Pembelajaran 2013.” Dinamika 14, No. 1 (2018): 93.

Sidjabat. Strategi Pendidikan Kristen. PBMR ANDI, 2021.

Sulistyawati, Theresia Endang. “Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi.” Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1, No. 1 (2020): 33-43.

Telaumbanua, Noni Asriyana, Delipiter Lase, dan Amurisi Ndraha. “Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di SD Negeri 075082 Marafala.” HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1, No. 1 (2021): 10-28.

Widianing, Oda Judithia. “Pendidikan Kristen di Sekolah: Sebuah Tugas Ilahi dalam Memuridkan Jiwa.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, No. 1 (2018): 87.

Wulandari, Fajar. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar (Kajian Literatur).” JERR:Journal of Educational Review and Research 3, No. 2 (2020): 107.

Diterbitkan
2023-03-31
Bagian
Articles