Implementasi Firman Tuhan dalam Mewujudkan Pendidikan Pluralisme Bagi Sekolah Minggu: Sebuah Kajian Pendidikan Agama Kristen

  • Elista Simanjuntak Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Pluralisme, Sekolah Minggu

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya konflik pembongkaran dan pembakaran gereja pada Huria Kristen Indonesia Suka Makmur di Aceh Singkil. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberi edukasi bahwa Sekolah Minggu sebagai lembaga pendidikan Kristen yang mengajarkan dan melatih anak untuk mengalami pertumbuhan iman yang benar kepada Yesus serta mengajarkan tentang cara bersikap terbuka dan menerima setiap perbedaan yang ada, dalam hal agama, suku, ras, dan lains sebagainya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggambarkan Alkitab dan implementasinya dalam mewujudkan pendidikan pluralisme bagi Sekolah Minggu. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Alkitab sebagai esensi wujud pembentukan karakter pluralisme anak sejak usia dini ditengah keberagaman yang dapat diterapkan melalui ranah pendidikan lembaga Sekolah Minggu dengan mendasarkan bahwa Alkitab sebagai fundamentalisme keberagaman. Selain itu, Alkitab juga sebagai sumber legitimasi pengajaranhakikat pendidikan pluralisme dalam Sekolah Minggu.

Referensi

Angkouw, Gabriel James. “Scriptural Reasoning: Peran Kitab Keagamaan dalam Pendidikan Agama Multikultural di Young Interfaith Peacemaker Community Indonesia.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 15, No. 01 (2020): 69-91.

Atabik, Ahmad. “Pendidikan dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 2, No. 1 (2018): 149-163.

Daniel Fajar Panuntun, Rinaldus Tanduklanglani, Merry Adeng, Christian Eleyazar Randalele. “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif Interaktif Bagi Generasi Alfa di Gereja Toraja.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual Volume 2, (n.d.): 198-199.

Devi, Dwi Ananta. Toleransi Beragama. Semarang: Semarang: Alprin Finishing & Bindery Shop, 2021.

Djoys Anneke Rantung, M . Th Program. “Pluralisme, Pendidikan Kurikulum, dalam Metode, d a n PAK, Pembelajaran Anak, Bagi Minggu, Sekolah Laporan Penelitian oleh” (2016).

Fredik Melkias Boiliu “Model Pendidikan yang Cocok dalam Masyarakat Majemuk di Indonesia: Pendidikan Agama yang Inklusif yan Pendidikan Agama yang Multikultural.” Prosiding “Revitalisasi Indonesia Melalui Identitas Kemajemukan Berdasarkan Pancasila,” No. 1 (2018): 178-190.

GP, Harianto. PAK dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Andi, 2012.

Gratzer, Walter. “The Golden Age.” Biochemist 30, No. 6 (2008): 8-10.

Groome. Christian Religious Education-Pendidikan Agama Kristen :Berbagi Cerita Dan Visi Kita. Jakarta: Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia, 2021.

H. Indra. Fundamentalisme Agama Titik Perbandingan Islam dan Kristen. Yogyakarta: Bening Pustaka, 2018.

Hartani, Mallia, dan Soni Akhmad Nulhaqim. “Analisis Konflik Antar Umat Beragama Di Aceh Singkil.” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 2, No. 2 (2020): 93-111.

Karen Armstrong. Sejarah Alkitab. Bandung: PT.Mizan Pustaka, 2017.

Khadijah. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana, 2020.

Mahfudh, Sahal, dkk., “Sikap Keberagamaan dalam Memperkokoh Semangat Kebangsaan Kumpulan Pemikiran Lokakarya,” 2008.

Mohammad Yusuf. Politik Pendidikan Agama Kurikulum 2013 dan Ruang Publik Sekolah. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada., 2014.

Oetarman. Fundamentalisme, Agama-Agama dan Teknologi. (Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia), 2016.

Palunte Magdalena. “Peranan Guru Sekolahh Minggu Terhadap Perilaku Anak di Gereja Sebagai Pengikut Kristus.” Mp (2019): 9.

Prasetya, Penta Astari. “Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Agama Inklusif : Studi Kasus di SMK Wira Harapan - Bali Building Religious Moderation Attitudes Through Inclusive Religious Learning : A Case Study at Wira Harapan Vocational High School - Bali.” DIDAXEI Vol. 3, No. 1 Januari – Juni 2022 3 (2022): 356-366.

Simanjuntak, Elista. “Kitab Keagamaan dan Implikasinya dalam Membangun Pendidikan Pluralisme Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Loko Kada 2, No. 02 (2022): 45-54.

Simanjuntak, Elista dan Iky Sumarthina Putri Prayitno. “Peran Guru Sekolah Minggu Terhadap Pendidikan Seks Bagi Anak Sekolah Minggu Usia Dini.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 5, No. 2 (2022): 169-192.

Sit, Masganti. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, 2018.

Diterbitkan
2023-03-31
Bagian
Articles