Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Remaja dalam Mencegah Perilaku Konsumerisme di Era Digital

  • Kevin Samuel Kamagi Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
Kata Kunci: Era Digital, Konsumerisme, Pendidikan Agama Kristen, Remaja

Abstrak

Penelitian ini didasarkan kepada terjadinya pergeseran masyarakat dalam melakukan konsumsi. yang awalnya konsumsi dilakukan terhadap barang dan jasa yang mengandung nilai guna  kini telah bergeser kepada konsumsi kepada barang dan jasa yang dilakukan untuk kepuasan hasrat atau disebut dengan konsumerisme. Era digital, merupakan era perkembangan yang baik dampaknya kepada masyarakat. Akan tetapi disisi lain, era digital juga memberikan dampak yang negatif terhadap konsumsi masyarakat. Akibat dari percepatan informasi yang praktis, masyarakat  tergoda untuk konsumtif dan terjebak dengan  konsumerisme. Remaja merupakan salah satu kelompok usia yang perlu untuk dibimbing, karena  remaja merupakan fase yang masih menginginkan pengakuan jati diri dalam kehidupan sehingga bertindak konsumtif bisa menjadi salah satu pilihan untuk pengakuan identitas. Tujuan dari penelitian ini, untuk memberikan deskripsi  bagaimana Pendidikan Agama Kristen hadir untuk memberikan pemahaman kepada remaja dalam mencegah konsumerisme di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data studi Pustaka. Hasil dari penelitian  menunjukkan, Pendidikan Agama Kristen dapat melakukan pengajaran tentang remaja seharusnya tidak terperangkap dengan hal duniawi, mengutamakan nilai guna dalam kehidupannya, serta bagaimana remaja dapat menjadi pribadi yang menahan diri. Dalam pendidikan ini diperlukan kompetensi pendidik yang tidak hedonis dan dalam evaluasi pembelajaran dapat menggunakan model evaluasi kesesuaian (congruence model).

Referensi

Aiman, Ummi, David Hizkia Tobing, Fakultas Psikologi, dan Universitas Udayana. “Pengaruh Kontrol Diri Rendah Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Remaja.” Psikobuletin 3, no. 2 (2022): 93-99.

Anismar Bakti dan K. Amin. “Pamer Kemewahan: Kajian Teori Konsumsi Thorstein Veblen.” Jurnal Sosiologi 14, no. 1 (2020): 81-98.

Antow, Angelina. “Pengaruh Layanan Online Shop (Belanja Online) Terhadap Konsumerisme Siswa SMA Negeri 9 Manado.” Acta D V, no. 3 (2016).

Arifianto, Yonatan Alex. “Kajian Biblikal Tentang Manusia Rohani dan Manusia Duniawi.” Jurnal Teruna Bhakti 3, no. 1 (2020): 12-37.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Aulia, Sisca. “Pola Perilaku Konsumen Digital dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital.” Jurnal Komunikasi 12, no. 2 (2020): 311-327.

B.F Drewes, Wilfrid Haubeck dan Siebenthal Heinrich Von. Kunci Bahasa Yunani Perjanjian Baru Surat Roma Hingga Kitab Wahyu. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Bakti, Indra Setia, Nirzalin Nirzalin, dan Alwi Alwi. “Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard.” Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi) 13, no. 2 (2019): 147-66.

Barker, Chris. Cultural Studies. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2004.

Chrisman, Robert. “Globalization Anf The Media Industry.” Black Studied and Research 38, no. 3 (2008): 14-17.

Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Diananda, Amita. “Psikologi Remaja dan Permasalahannya.” Journal ISTIGHNA 1, no. 1 (2019): 116-33.

Dupe, Selvy Iriany Susanti. “Konsep Diri Remaja Kristen dalam Menghadapi Perubahan Zaman.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 1 (2020): 53-69.

Etrawati, Fenny. “Perilaku Merokok Pada Remaja: Kajian Faktor Sosio Psikologis.” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 5, no. 2 (2014): 77-85.

Fahrimal, Yuhdi, and Asmaul Husna. “Masculinity Reconstruction in The Frame of Global Capitalism.” Avant Garde 8, no. 1 (2020): 20.

Fatmawaty, Riryn. “Memahami Psikologi Remaja.” Jurnal Reforma 2, no. 1 (2017): 55-65.

Fitri, Emria, Nilma Zola, and Ifdil Ifdil. “Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 4, no. 1 (2018): 1-5.

Hasmira, Taufik Paku Alam dan Mira Hasti. “Perilaku Konsumerisme Remaja Penggemar Olahraga Surfing di Pantai Air Manis Kota Padang.” Jurnal Perspektif 4, no. 3 (2021): 307-3019.

Henry, Matthew. Tafsiran Matthew Henry : Surat Roma,1 Dan 2 Korintus. surabaya: Momentum, 2015.

Januar Heryanto. “Pergeseran Nilai dan Konsumerisme di Tengah Krisis Ekonomi di Indonesia.” Nirmana 6, no. 1 (2004): 52-62.

Kurnia, Lita, and Ahmad Edwar. “Pengaruh Negatif di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islam).” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 20, no. 2 (2021): 291-308.

Kurniadi, Trisno. “Penguasaan Diri Hamba Tuhan dalam Pelayanan Kajian Eksegetikal 2 Timotius 4:1-8.” Manna Raflesia 3, no. 2 (2017): 131-38.

Maulida, Dian Maya. “Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Sikap Konsumerisme Akibat Metode Pembayaran Tunda Bayar (PayLater).” Transformatif 5, no. 2 (2021): 131-44.

Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Murdiyanto, Eko. Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Yogyakarta Press, 2020. http://eprints.upnyk.ac.id/24095/1/Penelitian Kualitatif -Eko mUrdiyanto.pdf.

Nanda Dahlian Febrianti. “Remaja dan Konsumerisme.” Kompasiana.Com, 2021. https://www.kompasiana.com/nanda94647/616fb0ff010190057f3819c3/remaja-dan-konsumerisme.

Nikmah Rochmawati. “Psikologi Guru Profetik.” Psikoislamedia 3, no. 16 (2018).

Octaviana, Rina. “Konsep Konsumerisme Masyarakat Modern dalam Kajian Herbert Marcuse.” Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam 5, no. 1 (2020): 121-33.

Print, Issn, Meldaria Manihuruk, Chresty Thessy, dan Lasrida Siagian. “Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pastoral Bagi Anak Usia Remaja Awal Menurut 2 Timotius 1 : 3-18” 11, no. 1 (2022): 51-71.

Purnawingulan, Wahyudi. “Konsumerisme Pada Iklan Majalah Perempuan.” Jurnal Jipsi 7, no. 1 (2017).

Radityo Luthfi Fadhil. “Idul Fitri Sebagai Gejala Konsumerisme Radityo Luthfi Fadhil.” E-Proceeding of Art & Design 3, no. 2 (2016).

Ristiayanti Prasetijo dan John Ihalauw. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi, 2005.

Saputri, Nanda Lusiana. “Demi Bisa Top Up Game Online, Remaja Ini Nekat Bobol Konter HP, Sudah Beraksi 11 Kali.” Tribunnews.Com. n.d. https://www.tribunnews.com/regional/2021/06/07/demi-bisa-top-up-game-online-remaja-ini-nekat-bobol-konter-hp-sudah-beraksi-11-kali.

Sriyanto, Bambang, dan Thomy Sanggam Hasiholan Sihite. “Peran Gereja dalam Pembinaan Kerohanian Remaja di Gereja Pantekosta di Indonesia Kota Palangka Raya.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 2, no. 2 (2020): 101-12.

Suharsih. “Anak di Solo Habiskan Rp700.000/Bulan Untuk Mobile Legend.” Solopos.Com. n.d. https://www.solopos.com/anak-di-solo-habiskan-rp700000bulan-untuk-mobile-legend-961276.

Tari, Ezra, and Talizaro Tafonao. “Tinjauan Teologis-Sosiologis Terhadap Pergaulan Bebas Remaja.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 3, no. 2 (2019): 199-217.

Wening, Sri. Waspada Konsumerisme. Sukoharjo: rumah aksara, 2012.

Diterbitkan
2022-10-31
Bagian
Articles