Implementasi Pedagogik Kritis oleh Pendidik dan Sekolah Kristen di Indonesia Menurut Matius 9:35-36
Abstrak
Penelitian ini menyoroti kualitas pendidikan di Indonesia yang masih jauh dari harapan. Rupanya, persoalan sosial, dan penyebaran guru yang tidak merata di daerah 3T memperparah kualitas pendidikan secara nasional. Metode yang digunakan yaitu kualitatif disertai pendekatan studi kepustakaan yang bersifat literatur review dan analisis teks. Menariknya, kesan pedagogik kritis dalam perspektif kristiani telah dilakukan, sebagaimana terdapat pada teks Matius 9:35-36. Lebih jauh, pedagogik kritis diwujudkan secara simultan oleh Yesus pada setiap kota maupun desa. Maka ditemukan bahwa pedagogik kritis dalam perpektif Kristen dilandasi oleh sikap belas kasihan Yesus yang bersifat Ilahi. Bahkan, kepekaan dan sikap hati Yesus semestinya memengaruhi motivasi setiap pendidik maupun lembaga pendidikan Kristen. Sejalan dengan itu, setiap pendidik dapat berimpati dengan masyarakat dalam segala situasi dan persoalan sosialnya yang aktual. Inilah latar penting untuk mengimplementasikan pegadgogik kritis secara simultan dan holistik bagi peningkatan mutu pendidikan yang merata di seluruh daerah kota maupun desa sebagaimana dilakukan Yesus ketika mengajar, memberitakan Injil dan melenyapkan segala penyakit.
Referensi
Aryani, H.E. Mulyasa; H. Dadang Iskandar & Wiwik Dyah. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Cetakan ke. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset Bandung, 2017.
Asdiniah, Euis Nur Amanah. “Urgensi dan Implikasi Pedagogik Kritis Pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5, No (2021): 1707-1712.
Bock, Roy B. Zuck & Darrell L. A Biblical of the New Testament. Cetakan pe. Malang, Jawa Timur: Penerbit Gandum Mas, 2011.
Budiyana, Hardi. “Peran Psikologi dalam Pendidikan Kristen di Sekolah Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) Vol.1, No. (2020): 71-79.
Cleon L. Rogers Jr, &, and Cleon L. Rogers III. The New Linguistic and Exegetical Key to the Greek New Testament. 1st ed. Michigan: Zondervan Publishing House Academic and Professional Books Grand Rapids, 1998.
D.A. Carson and R.T. France, J.A. Motyer & G.J. Wenham, ed. New Bible Commentary. I. Nottingham, England: IVP Academic An Imprint InterVersity Press Downers Grove, Illinois &Inter-Versity Press, 2010.
Dami, Zummy Anselmus. “Pedagogi Shalom: Analisis Kristis Terhadap Pedagogi Kritis Henry A. Giroux dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen di Indonesia.” Jurnal Filsafat Vol. 29, N (2019): 134-165.
Dkk, M. Escobar, ed. Paulo Freire Higher Education; A Dialogui A the National University of Mexico, Terjemahan: Dialog Bareng PAULO FREIRE; Sekolah Kapitalisme Yang Licik. Pertama. Banguntapan Jogyakarta: IRCiSoD (Bekerja sama dengan LKiS), 2016.
Edlin, Richard J. Hakikat Pendidikan Kristen. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia Bekerja Sama dengan Badan Pendidikan Kristen Penabur, 2015.
Enklaar, E.G. Homrighausen & I.H. Pendidikan Agama Kristen. 29th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Freire, Paulo. Pedagogy of the Oppressed: Trj. Indonesia “Pendidikan Kaum Tertindas.” Cetakan Pe. Gejayan Yogyakarta: Penerbit Narasi, 2020.
———. The Politic of Education: Culture, Power, and Liberation. Trj. Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan. Cetakan VI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Groome, Thomas H. Christian Religious Education; Pendidikan Agama Kristen. 6th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.
Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kualitatif (Rekonstruksi Pemikiran Dasar Serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora). Edisi I. Jl. Sumedang, No. 319, Cepokomulyo, Kepenjen, Malang: Penerbit Literasi Nusantara, 2018.
Heer, J J. Tafsiran Alkitab Injil Matius. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Henry, Matthew. Tafsiran Matthew Hendry, Injil Matius 1-14. Cetakan Pe. Surabaya: Momentum, 2007.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Edited by Yunus & Retno Ayu Kusumaningtyas Abidin. Pertama. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Husni, Muhammad. “Memahami Pemikiran Paulo Freire ‘Pendidikan Tertindas’ Kebebasan dalam Berpikir.” Jurnal Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam Vol. 5, No (2020): 41-60.
Iis Asiska, Fitri Nurmahmudah. “Pengelolaan Tenaga Pendidikan di Daerah 3T SMP Negeri 1 Maratua.” Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 4, No (2022): 7124-7131..
Izzatus Sholihah, Zakaria Firdaus. “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan.” Jurnal Al-Hikmah Vol.7, No. (2019): 33-46.
Jan Christian Gertz, Angelika Berlejung, Konrad Schmid dan Markus Witte. Purwa Pustaka, Eksplorasi Ke Dalam Kitab-Kitab Perjanjian Lama dan Deuterokanonika; Judul Asli: T&T Clark Handbook of the Old Testament- An Introduction to the Literature, Religion, and History of the Old Testament. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.
Karlau, Sensius Amon. “Gereja dan Lembaga Pendidikan Kristen: Kalidansi Misi Dalam Perspektif Eksegesis Matius 28:19-20.” In Kesetiaan Yang Memahat Hati: Kumpulan Artikel Teologis Dalam Rangka Memperingati Akademisi Pdt. Dr. Matheus Mangentang, M.Th., edited by Tony Salurante Adi Putra, Malik Bambangan, 207-222. Pertama. Jakarta: BPK Gunung Mulia dan Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta, 2021.
Kia, A Dan. “Pengajarannya, Kajian Teologis-Pedagogis Menyangkut Keyakinan Guru PAK Memahami Otoritas Alkitab dalam.” Jurnal Shanan Vol. 2, No (2020): 39-55.
Kolibu, Dirk Roy. “Tantangan Pelayanan dalam Tugas Mengajar PAK: Kajian Teologis Pedagogis Implementasi Pendidikan Agama Kristen Sebagai Integrasi Iman dan Ilmu.” Shanan: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol. 1, No (2017): 132-150.
LAI, Tim Penyusun. The Greek New Testament (GNT), Trj. Perjanjian Baru Indonesia Yunani. 3rd ed. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2018.
Marpelina, Felixtian Teknowijoyo & Leni. “Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan di Indonesia.” Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 16, No (2021): 173-184.
Morris, Leon. The Gospel According to Mathew, Terjemahan Indonesia dengan Judul Injil Matius. Surabaya: Momentum, 2016.
Munte, Bangun. “Implementasi Guru PAK Sebagai Gembala dalam Meningkatkan Nilai Moral Siswa SMK GKPI 2 Pematang Siantar.” Jurnal Dinamika Pendidikan Vol.13, No (2019): 19-38.
Neolaka, Amos. Isu-Isu Kritis Pendidikan; Utama dan Tetap Penting Namun Terabaikan. 1st ed. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.
Osborne, Grant R. The Hermeneutical Spiral: A Comprehensive Introduction to Biblical Interpretation, Tjr. Spiral Hermeneutika: Pengantar Komprehensif Bagi Penafsiran Alkitab. 1st ed. Surabaya: Momentum, 2012.
P, Sudirman. “Pedagogi Kritis Sejarah, Perkembangan dan Pemikiran (Tinjauan Pemikiran Paulo Freire).” Jurnal Pendidikan Dasar Keguruan Vil. 4, No (2019): 63-72.
Pandensolang, Welly. Gramatika dan Sintaksis Bahasa Yunani Perjanjian Baru. 1st ed. Jakarta: YAI Pres, 2009.
Panggabean, Justice Zeni Zari. “Pendidikan Kristiani Berbasis Berpikir Kritis: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran Demokratis Berdasarkan Pemikiran Pendidikan Membebaskan Menurut Paulo Freire.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen Vol. 2, No (2022): 127-145.
Pazmino, Robert W. Foundational Issues in Christian Education, Trj. Indo: Fondasi Pendidikan Kristen, Sebuah Pengantar dalam Perspektif Injili. 3rd ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia dan Sekolah Tinggi Teologi Bandung, 2016.
Primanita Sholihah Rosmana, Sofyan Iskandar, Nur Fadilah, Nabilah Azhar, Devi Oktavini, dan Angelina Cristine Munte. “Upaya Pemerataan Pendidikan Berkelanjutan di Daerah 3T.” Attabib: Journal of Elementary Education Vol. 6, No (2022): 405-418.
Putera, Muhammad Tommy Fimi, and Margaertha Lassni Rhussary. “Peningkatan Mutu Pendidikan Daerah 3T (Terdepan,Terpencil dan Tertinggal) di Kabupaten Mahakam Hulu.” Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol.12, No (2018): 144-148.
Salurante, Tony, Malik, Riswan, Eni Karlina Wau. “Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Berdasar Matius 23:39 Melalui Pembangunan Gedung Sekolah di Dusun Bonegaya Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.” Jurnal PkM Setiadharma Vol. 1, No (2020): 10-18.
Sarah Andrianti, Yemima Truly Kasseh, dan Lala Nokita Dewi. “Yesus Kristus Sebagai Figur Guru Yang Humanis.” Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 7, No (2022): 83-94.
Sensius Amon Karlau, Ivo Sastri Rukua, Jeffrit Kalprianus Ismail. “Pendidikan Agama Kristen Berpola Pedagogik Transformatif Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menurut Matius 11:28-30.” Didache: Journl of Christian Education 3 No. 2 (2022): 124-147.
Sensius Amon Karlau. “Penciptaan Manusia Sebagai Representatif Allah Untuk Mewujudkan Mandat Budaya Berdasarkan Kejadian 1:26-28.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi V. 5, N. 1 (2022): 122-138.
Seymour, Jack L. Mapping Christian Education: Approaches to Congregational Learning, Trj. Memetakan Pendidikan Kristiani, Pendekatan-Pendekatan Menuju Pembelajaran Jemaat. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.
Sidjabat, Binsen Samuel. Pendidikan Kristen Konteks Sekolah: 12 Pesan Untuk Guru dan Pengelola Pendidikan. Bandung: Kalam Hidup, 2018.
Stine, Barclay M. Newman dan Philip C. Pedoman Menafsirkan Injil Matius: Adaptasi Dari A Translator’s Handbook on the Gospel of Matthew Karya Barclay M. Newman Dan Philip C. Stine. Pertama Ce. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), 2008.
Suharsaputra, Uhar. Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi. 1st ed. Bandung: PT Rafika Aditama, 2015.
Sutanto, Hasan. Jilid I Perjanjian Baru Interlinear Yunani-Indonesia dan Konkordansi Perjanjian Baru (PBIK) Edisi Revisi. Cetakan ke. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), 2019.
———. Jilid II Perjanjian Baru Interlinear Yunani-Indonesia dan Konkordansi Perjanjian Baru (PBIK) Edisi Revisi. Cetakan ke. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), 2019.
Taniady, Vicky. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kristen dalam Khotbah di Bukit Pada Matius 5-7.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja Vol.6, No. (2022): 39-54.
Til, Louis Berkhof & Cornelius van. Foundations of Christian Education. Trj. Dasar Pendidikan Kristen. Kelima. Surabaya: Momentum, 2013.
Tilaar, H.A.R. Pedagogik Teoritis Untuk Indonesia. Pertama. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2015.
Tung, Khoe Yao. Filsafat Pendidikan Kristen: Meletakkan Fondasi dan Filosofi Pendidikan Kristen di Tengah Tantangan Filsafat Dunia. Yogyakarta: ANDI, 2017.
———. Menuju Sekolah Kristen Impian Masa Kini: Isu-Isu Filsafat, Kurikulum, Strategi dalam Pelayanan Sekolah Kristen. Cetakan 5. Yogyakarta: Andi Offset Yogyakarta, 2018.
Yotam Teddy Kusnandar, Alexander Papay. “Pentingnya Golden Character.” Epigraphe: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani Vol. 1, No (2017): 11-22.
Yulianto, Slamet Wahyudi. “Perbedaan dan Persinggungan Pedagogi Kritis dengan Berpikir Kritis.” Biormatika: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang Vol. 3, No (2017): th. https://docplayer.info/60722542-Perbedaan-dan-per-singgungan-pedagogi-kritis-dengan-berpikir-kritis.html.
- View 290 times Download 290 times PDF
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##