Cooperative Learning dengan Metode STAD: Sebuah Alternatif dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Kristen

  • Elieser R. Marampa Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta
  • Martina Novalina Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta
Kata Kunci: Cooperative Learning, Metode STAD, Minat Belajar, Pendidikan Agama Kristen

Abstrak

Permasalahan proses pembelajaran pendidikan agama Kristen di perguruan tinggi umumnya terletak pada minimnya motivasi belajar karena penggunaan metode konvensional yang sering diterapkan oleh pendidik. Alternatif model pembelajaran yang inovatif yang dapat diterapkan adalah implementasi pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode STAD. Riset ini bermaksud untuk mengetahui peranan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode STAD terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran yang akan berkorelasi terhadap ketuntasan belajar mahasiswa pada bidang studi pendidikan agama Kristen. Dalam memperoleh data penelitian, penulis melakukan  penelitian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan secara langsung di kelas untuk mengamati rangkaian peristiwa-peristiwa guna memperbaharui praktek dalam pembelajaran agar proses belajar berkualitas sehingga hasil belajar menjadi maksimal. Adapun hasil riset menunjukkan bahwa implementasi kooperatif learning dengan metode STAD dalam mata kuliah pendidikan agama Kristen memiliki korelasi yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa serta membuahkan produktivitas pembelajaran yang optimal.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Permasalahan proses pembelajaran pendidikan agama Kristen di perguruan tinggi umumnya terletak pada minimnya motivasi belajar karena penggunaan metode konvensional yang sering diterapkan oleh pendidik. Alternatif model pembelajaran yang inovatif yang dapat diterapkan adalah implementasi pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode STAD. Riset ini bermaksud untuk mengetahui peranan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode STAD terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran yang akan berkorelasi terhadap ketuntasan belajar mahasiswa pada bidang studi pendidikan agama Kristen. Dalam memperoleh data penelitian, penulis melakukan  penelitian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan secara langsung di kelas untuk mengamati rangkaian peristiwa-peristiwa guna memperbaharui praktek dalam pembelajaran agar proses belajar berkualitas sehingga hasil belajar menjadi maksimal. Adapun hasil riset menunjukkan bahwa implementasi kooperatif learning dengan metode STAD dalam mata kuliah pendidikan agama Kristen memiliki korelasi yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa serta membuahkan produktivitas pembelajaran yang optimal.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. “Pembelajaran Kooperatif.” Sugiyanto 37 (2010): 12-13.

Boiliu, Fredik Melkias, dan Solmeriana Sinaga. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning di Sekolah.” Jurnal Education And Development 9, no. 2 (2021): 120-126.

Harefa, Darmawan, Murnihati Sarumaha, Amaano Fau, Tatema Telaumbanua, Fatolosa Hulu, Kaminudin Telambanua, Indah Permata Sari Lase, Mastawati Ndruru, dan Lies Dian Marsa Ndraha. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8, no. 1 (2022): 325-332.

Ibrahim, Muslimin, dan Muhammad Nur. “Pembelajaran Kooperatif.” Surabaya: University Press, 2000.

Komar, Nurul, dan Taufik Taufik. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dalam Pengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa pada Pembelajaran Matematika di Madrasah.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam 4, no. 02 (2021): 202-213.

Komariah, Komariah. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Serta Aktivitas Belajar Siswa pada Pelajaran PKN Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bermain Kocok Dadu di SMP Negeri 5 Kota Serang.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4, no. 01 (November 2018): 139-146.

Nugroho, U, dan S S Edi. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5, no. 2 (2009), 95-106.

Purnomo, Cahyo. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Journal of Education and Religious Studies 1, no. 02 (2021): 53–57.

Ramafrizal, Yudho, dan Teni Julia. “Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi.” OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi II (2018): 136-176.

Ritonga, Nova, Juliandes Leonardo Trisno Mone, Mathan Yunip, dan Yunardi Kristian Zega. “Implementasi Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah.” Jurnal Shanan 5, no. 1 (2021): 29-42.

Suardi, Moh. Belajar & Pembelajaran. Bandung: Deepublish, 2018.

Tarore, Regina Septhiany. “Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning.” OSF (May 2020): 12-13.

Wahyudi, Muhammad, and Abdul Rasyid Hidayat. “Strategi Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab.” Asatiza: Jurnal Pendidikan 2, no. 3 (2021): 197-205.

Wahyuni, Widyisawara LPMP Kalimantan. “Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dlam Pendidikan dan Pelatihan.” BORNEO XI (2017): 175-189.

Zega, Henilis Yanti, dan Talizaro Tafonao. “Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi.” DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021): 98-110.

Diterbitkan
2022-10-31
Bagian
Articles