Manajemen Konflik Sekolah Minggu Usia 0-15 Tahun Menurut Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget
DOI:
https://doi.org/10.33541/shanan.v9i1.6748Keywords:
Manajemen konflik, Sekolah Minggu, Teori kognitif Jean PiagetAbstract
Sekolah Minggu merupakan bentuk pendidikan nonformal yang diselenggarakan di gereja, di mana peserta didik dari berbagai rentang usia terlibat dalam kegiatan belajar. Pada beberapa gereja, kelas sekolah minggu tidak dibagi berdasarkan usia karena peserta didik yang jumlahnya sedikit dan jumlah SDM pendidik yang terbatas. Kondisi ini menimbulkan konflik di dalam kelas sekolah minggu, yaitu salah satunya disebabkan oleh perbedaan kemampuan kognitif pada para peserta didik yang beragam dari usia 0-15 tahun. Karena itu, untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan nyaman bagi para peserta didik dan pendidik, sangat dibutuhkan manajemen konflik sekolah minggu. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep manajemen konflik pada kelas sekolah minggu dengan peserta didik usia 0-15 tahun berdasarkan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen konflik sekolah minggu pada usia 0-15 tahun dilakukan dengan perencanaan (pengenalan dan diagnosis), pengorganisasian (penentuan solusi), pelaksanaan dan evaluasi, dengan berakar pada prinsip pengenalan akan Tuhan, prinsip tidak menghakimi, pembelajaran berdiferensiasi, teknik komunikasi efektif, pelatihan, peningkatan keterlibatan orang tua, dan kolaborasi.
References
Ady, Fransiskus, and Djoko Wijono. “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship 2, no. 2 (June 30, 2013): 101–112. https://ejournal.up45.ac.id/index.php/maksipreneur/article/view/278/254.
Bujuri, Dian Andesta. “Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Penyelenggaraan Pendidikan.” JIP Jurnal Ilmiah PGMI 4, no. 1 (June 30, 2018): 82–97. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/2269.
———. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 9, no. 1 (August 24, 2018): 37–50. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/720/993.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021): 33–54.
Ismi, Adela Yanuar, Haris Nurdiansah, Ulfatul Hasanah, and Siti Lutfiah. “Manajemen Konflik Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah Di SMA Plus Al-Hasan.” Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerc 1, no. 4 (December 2022): 59–65. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Digital/article/view/376/358.
Kamagi, Kevin Samuel, and Iman Setia Telaumbanua. “Manajemen Konflik Berdasarkan Kisah Para Rasul 15:35-41 Dan Implikasinya Bagi Gereja Masa Kini.” DA’AT : Jurnal Teologi Kristen 3, no. 1 (January 31, 2022): 62–75. https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/daat/article/view/686.
Kartomo, Andhika Imam, and Slameto Slameto. “Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 2 (December 28, 2016): 219–229. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/649/435.
Khotimah, Khusnul, and Agustini Agustini. “Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini.” Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 1 (May 5, 2023): 11–20. https://jurnal.staithawalib.ac.id/index.php/altahdzib/article/view/196/127.
Marinda, Leny. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” An-Nisa Journal of Gender Studies 13, no. 1 (April 2020): 116–152. https://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/view/26.
Mischel, Theodore. “Piaget: Cognitive Conflict and Motivation of Thought.” In Cognitive Development and Epistemology, edited by Theodore Mischel, 1:311–355. 1st ed. London: Academic Press, 1971.
Muslim, Ahmad. “Manajemen Konflik Interpersonal Di Sekolah.” Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 1, no. 1 (2014): 17–27. Accessed February 6, 2025. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3055.
Panuntun, Daniel Fajar, Rinaldus Tanduklangi, Merry Adeng, and Christian Eleyazar Randalele. “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif-Interaktif Bagi Generasi Alfa Di Gereja Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (December 30, 2019): 193–208. https://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/113/pdf.
Pattinama, Yenni Anita. “Peranan Sekolah Minggu Dalam Pertumbuhan Gereja.” Scripta Teologi dan Pelayanan Kontekstual 4, no. 2 (November 2019): 132–151. Accessed January 28, 2025. https://ejournal.stte.ac.id/index.php/scripta/article/view/68/52.
Purnami, Ni Putu Mayra Dian, Ni Wayan Widia Sulianingsih, and Ni Putu Eka Widyantari. “Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi.” In Digital Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka:Strategi Dan Inovasi Pembelajaran, 25–31. Denpasar: Program Studi Pendidikan Ekononomi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, 2022. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1718/1263.
Ratag, Adolf Edwin. “Pengembangan Kurikulum Sekolah Minggu.” Logon Zoes: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 1, no. 1 (August 2017): 1–17. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2473665&val=23558&title=PENGEMBANGANAN%20KURIKULUM%20SEKOLAH%20MINGGU.
Rohmah, Ainur, and Zulfitria Zulfitria. “Strategi Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Aktivitas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD.” Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 4 (August 19, 2024): 214–222. https://journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/330/328.
Tan, Winsherly. “Wawancara Dengan Ibu Gembala Sidang,” March 28, 2025.
Wardana, Adi Kusuma, Muhammad Fajrur Rizki Aulia, and Yayat Suharyat. “Manajemen Konflik.” NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (February 18, 2024): 95–102.
Wardhani, Dessy Ari, and Andrias Pujiono. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Terhadap Kompetensi Mengajar Guru Sekolah Minggu.” Discreet: Journal Didache of Christian Education 2, no. 1 (June 14, 2022): 10–21. https://ejournal.iaknkupang.ac.id/ojs/index.php/dis/article/view/109/102.
Wijayanti, Yani Tri, Asep Suryana, Mien Hidayat, and Funny Mustikasari. “Manajemen Konflik Organisasi Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Komunikasi 8, no. 1 (April 1, 2015): 43–56. Accessed November 27, 2024. https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1100/1013.
Wisman, Yossita. “Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Nomosleca 3, no. 2 (October 18, 2017): 646–654. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/article/view/2039/1328.
Yuliantina, Irma, and Theresa Agnes Boki. “Penataan Lingkungan Main Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di PAUD.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 12 (December 1, 2023): 9758–9765. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/2929.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mis Yanii tetty suyani simamora, Irene Hakh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.