Sirusa: Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMK Negeri 2 Kaimana
Abstract
Pembelajaran merupakan cara untuk berinteraksi dengan dunia luar. Kualitas sebuah pembelajaran menjadi tujuan penting dalam mengukur jalannya proses pembelajaran. Karena itu, model pendekatan yang dipergunakan dalam pembelajaran menjadi point penting untuk mencapai Pendidikan yang berkualitas. Model pembelajaran secara lokal telah dibicarakan dalam beberapa kajian namun secara spesifik belum membicarakan model pembelajaran yang berlangsung di dalam rumah adat. Artikel ini mendeskripsikan model pembelajaran di sekolah yang menempatkan Sirusa sebagai tempat pembelajaran. Sirusa sebagai rumah adat, tidak hanya dipergunakan sebagai tempat berlangsungnya ritual adat, namun sebaliknya merupakan tempat berlangsungnya pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenalogis. Proses pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi di kabupaten Kaimana. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran secara lokal yang dilakukan di Sirusa sangat efektif dalam memperkuat nilai-nilai budaya serta Pendidikan Agama Kristen secara khusus.
References
Abdul Nasir et al., ‘“Pendekatan Fenomenalogis Dalam Penelitian Kualitatif.” INNOVATIVE:’, Journal Of Social Science Research Volume3 Nomor. 5, 2023, 4445–51
Anabella Pashya Tindaon, Andri Perdianto Sidabutar, Helena Turnip., ‘“Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembelajaran PAK.”’, Journal of Cross Knowledge, Volume 1,.International https://edujavare.com/index.php/IJCK, 76-82.
Barry, Kristina, ‘Wawancara Bersama Guru SMK Negeri 2 Kaimana’
Dasmasela, Bobby, ‘Wawancarabersama Guru SMK Negeri 2 Kaimana’
Daud Alfons Pandie, Remegises Danial Yohanis Pandie, Alexander Selan., ‘“Implementasi Konsep Berpikir Kritis Paulo Freire Dalam Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Rote Melalui Revitalisasi Tradisi Tu’u.”’, Jurnal Shanan, Volume. 7, 205–26
Eka Sartika, Salam dan Trubus Semiaji, ‘Eka Sartika, Salam Dan Trubus Semiaji, “Local Culture-Based Education: Creating A Learning Environment That Promotes Local Integrity,”’ International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), Vol. 2 No., pages: 1513-1523.
Jefrit Johanis Messakh, Serepina Y. Hasibuan, Setiaman Larosa., ‘“Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Remaja Usia 12-16 Tahun Dengan Menggunakan Subject Centered Design”’, Jurnal Shanan, Vol. 7, No, 243–62
Jubi Lela Siahaan et al., ‘” Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pak Terhadap Keaktifan Belajar Siswa.” Pediaqu:’, JurnalPendidikan Sosial Dan Humaniora., Vo. 2, No. (2023)
Lefudin, ‘“Belajar Dan Pembelajaran Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Dan Metode Pembelajaran”. (Yogyakarta: DeePublish, ).’, Belajar Dan Pembelajaran Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Dan Metode Pembelajaran”. (Yogyakarta: DeePublish, )., 2017
Lema, Setrianto Tarrapa dan Alfonso Johanres Tonu, ‘Mngurai Kebekuan, Merajut Kebersamaan: Kajian Etnopedagogi Terhadap Falsafah Padang Ditulak Tallu Dalam Konteks Budaya Uluway Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Agama Kristen Berbasis Multikultural,” PEADA’, : : Jurnal Pendidikan Kristen 3, Volume,3 N, 132–43
Lena Anjarsari Sembiring dan Simon, ‘“Menggagas Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Misiologi,” Harati:’, Jurnal Pendidikan Kristen, Volume 2, 32–45
Made Dona Wahyu Aristana, I Gede Made Yudi Antara, I Dewa Putu Gede Wiyata Putra, ‘Pengenalan Rumah Adat Bandung Rangki Menggunakan Augmeted Reality’, Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, Volume 10., 48–54
Muhamad Angil et al., ‘“Pemberdayaan Sains Berbasis Budaya Lokal” Simas’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No, 1–6
Oraple, Hendrik, ‘Wawancara Bersama Siswa SMK Negeri 2 Kaimana’
Penata Astari Prasetya, Lourine S. Joseph., ‘“Kekuatan Karakter Pada Remaja Kristen Dalam Pergaulan Di Era Milenial: Kajian Pendidikan Agama Kristen Yang Menghidupka.”’, Jurnal Shanan, Vol, 7, No, 45–56
Ramdani, Emi, ‘“Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter.”’, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1) (2018), 1–10
Raprap, Ramaters, ‘Wawancara Siswa Kelas 3 SMK Negeri 2 Kaimana’
Raprap, Wensly Peniel., “Buku Pedoman Praktik Mengajar Mikro” (Yogyakarta: Nas Media Indonesia, 2023)
Ruhana dan M. Hafizul Furqan, ‘“Nilai Kearifan Lokal Rumah Adat Tradisional Rungkoh Di Gampong Kuto Kecamatan Kluet Tengah Aceh Selatan’, Jurnal Pendidikan Geosfer, Volume Khu (2023), 137–48
Sirfefa, Tiara, ‘Wawancara, Bersama Siswa SMK Negeri 2 Kaimana’
Syam, Salis Irvan Fuadi dan Robingun Suyud El, ‘The Centrality of the Role of PAI Teachers in Multicultural Education Practices in Wonosobo Regency Public Schools’, Jurnal Progress: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas., Vol. 12, N, 57–70
Tiblola, Abigael An., ‘Wawancara Bersama Guru SMK Negeri 2 Kaimana’
Tita Pertama Wati et al., ‘Consistency Of Balinese Family Education In Forming A Love Of Culture From An Early Childhood” Devotion’, Journal of Reseacrch and Community Service., Volume, 3, 1126–35
Yohanes Waldes Hasugian et al., ‘“Panggilan Untuk Merekonstruksi Strategi Pendidikan Agama Kristen Yang Kontekstual Dan Inovatif.”’, Jurnal Shanan, Vol. 6, No, 45–70
Yusanto, Yoki, ‘“Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif.”’, Journal of Scientific Communication (JSC)1(1). Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.31506/Jsc.V1i1.7764., 2020.
- View 2 times Download 2 times PDF (Bahasa Indonesia)
Copyright (c) 2024 Wensly Peniel Raprap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.