Strategi Manajemen Kelas Pendidikan Agama Kristen Yang Kolaboratif dan Berbasis Literasi Digital
Abstract
Manajemen kelas di era digital semakin menantang dan krusial oleh karena penggunaan teknologi informasi dan komunikasi telah banyak mengubah paradigma pembelajaran, memperkenalkan metode-metode baru, dan memberikan jangkauan yang luas terhadap sumber belajar. Dalam konteks pendidikan agama Kristen, teknologi informasi dan komunikasi dapat berperan dalam memelihara prinsip-prinsip dan nilai-nilai Kristen secara inovatif. Akan tetapi belum semua pendidik dan peserta didik memiliki literasi digital yang memadai. Sebagian telah memiliki pemahaman literasi digital yang tinggi, sementara yang lain belum optimal dalam aksesibilitas ke berbagai sumber belajar yang berbasis digital. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengelolaan kelas dalam konteks pendidikan agama Kristen yang kolaboratif serta dapat meningkatkan literasi digital. Penelitian ini menerapkan metode penelitian studi literatur dan netnografi. Berdasarkan penelitian ini, penerapan strategi manajemen kelas pendidikan agama Kristen yang kolaboratif dan berbasis literasi digital adalah dengan menyediakan bahan-bahan belajar digital yang mudah dijangkau, disimpan, serta dibagikan melalui internet kapan dan di mana saja; menyediakan fasilitas pendukung pembelajaran yang kolaboratif dan berbasis digital; meningkatkan kompetensi digital para pendidik dan peserta didik; menyediakan learning management system yang mudah diakses dan digunakan oleh semua peserta didik baik untuk belajar dan evaluasi; serta melakukan kolaborasi dengan banyak pihak untuk mendukung keberhasilan pembelajaran.
References
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80.
Alfinnas, Shulhan. “Arah Baru Pendidikan Islam Di Era Digital.” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 7, no. 1 (2018): 803–17.
Annisa, Indah Sri, and Elvi Mailani. “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IV Sd Negeri 060800 Medan Area.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 6460–77.
Asari, Andi, Taufiq Kurniawan, Sokhibul Ansor, and Andika Bagus Nur Rahma Putra. “Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang.” BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi 3, no. 2 (2019): 98–104.
Astawa, I Nyoman Temon. “Memahami Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penjaminan Mutu 3, no. 2 (2017): 197–205.
Bakry, Umar Suryadi. “Pemanfaatan Metode Etnografi Dan Netnografi Dalam Penelitian Hubungan Internasional.” Jurnal Global & Strategis 11, no. 1 (2017): 15–26.
Basri, Syamsuriana, Fitrawahyudi Fitrawahyudi, Khaerani Khaerani, Ince Nasrullah, Ernawati Ernawati, Aryanti Aryanti, Sri Maya, Sitti Aisyah, and Irma Sakti. “Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva.” Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul 1, no. 2 (2023): 96–103.
Boiliu, Esti Regina, and Sozawato Telaumbanua. “Inovasi Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Suatu Analisis Pendidikan Agama Kristen.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 90–100.
Busan, Budi Santoso. “Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Model PBL Kolaboratif Di SMA Negeri 1 Gombong.” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 8, no. 2 (2022): 192–207.
Cahyono, Imam, Muhammad Syaifudin, and Tuti Andriani. “Manajemen Strategi Kerjasama Dalam Pendidikan.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 4, no. 1 (2022): 483–88.
Cristiana, Edelweisia. “Digitalisasi Pendidikan Ditinjau Dari Perspektif Hukum.” In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 58–66, 2021.
Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, and Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–22.
Erwinsyah, Alfian. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar.” TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (2017): 87–105.
Ferrari, Anusca. Digital Competence in Practice: An Analysis of Frameworks. Publications Office of the European Union Luxembourg, 2012.
Fitriyah, Ida, Iskandar Wiyokusumo, and Ibut Priono Leksono. “Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Dengan Model ADDIE Simulasi Dan Komunikasi Digital.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 8, no. 1 (2021): 84–97.
Ginting, Roslinda Veronika Br, Dinda Arindani, Cut Mega Wati Lubis, and Arinda Pramai Shella. “Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat Di Era Globalisasi.” Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi 3, no. 2 (2021): 118–22.
Handayani, Rima, and Dwi Wulandari. “Modern Assessment Dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 Dan Hambatan Di Negara Berkembang.” Jurnal Pendidikan Edutama 8, no. 1 (2021): 13–23.
Hasibuan, Malayu S P. Manajemen: Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Hasriadi, Hasriadi. “Metode Pembelajaran Inovatif Di Era Digitalisasi.” Jurnal Sinestesia 12, no. 1 (2022): 136–51.
Husain, Rusmin. “Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 2020, 12–21.
Illahi, Nur. “Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial.” Jurnal Asy-Syukriyyah 21, no. 1 (2020): 1–20.
Ismawan, Fiqih, Puput Irfansyah, and Dwi Dani Apriyani. “Pengoptimalan Cloud Storage–Google Drive Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru SMP Dan SMA.” Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, no. 01 (2018): 61–70.
Izazi, Nabilah Imamah, and Aini Fudhla. “Kesiapan Guru Profesional Di Era Digital.” In Seminar Nasional Ilmu Terapan, 6:1–7, 2022.
Jonatan, Jonatan, and Anwar Three Millenium Waruwu. “Peran Teknologi Digital Dalam Pengembangan Pembelajaran Kristen Di Era Digital.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 6 (2023): 805–11. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.233.
———. “Peran Teknologi Digital Dalam Pengembangan Pembelajaran Kristen Di Era Digital.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 6 (2023): 805–11.
Muliani, Anisah, Fildzah Mahdiya Karimah, Malla April Liana, Sherena Anodhea Eka Pramudita, Muhammad Khoirul Riza, and Ayom Indramayu. “Pentingnya Peran Literasi Digital Bagi Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Kemajuan Indonesia.” Journal of Education and Technology 1, no. 2 (2021): 87–92.
Munthe, Anggie Pitaloka, and Dorlan Naibaho. “Hubungan Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Pak.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 4 (2023): 12845–49.
Nawawi, Hadari. Organisasi Sekolah Dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: CV. Haji Masagung, 2015.
Nurdiarti, Rosalia Prismarini, and Kristina Andryani. “Meaning Management Between Lectures and Students in Online Learning During Pandemic.” In 3rd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science 2021 (BIS-HSS 2021), 845–50. Atlantis Press, 2022.
Nurhayati, Nurhayati. “Content Analysis Tentang Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 8, no. 2 (2020): 99–108.
Pambudi, Miliantoro Argo. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa.” Jurnal Unesa: Inspirasi Manajemen Pendidikan 10, no. 3 (2022): 636–46.
Prameswary, Hanalia, Safuan Safuan, and Musa Alkadhim Alhabshy. “Efektivitas Pertemuan Daring Menggunakan Zoom, Google Meet Dan Microsoft Teams Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan.” Action Research Literate 8, no. 1 (2024): 1–7.
Roa, Christine C, Kevin Client B Matutes, and Josephine D Ombajen. “Learning Management: A Review on Emerging Technologies for Distance Education.” World Wide Journal of Multidisciplinary Research and Development 8, no. 03 (2022): 121–25.
Simatupang, Hasudungan, Ronny Simatupang, S Th, Tianggur Medi Napitupulu, and S PAK. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2020.
Stevanus, Kalis, and Vivilia Vivone Vriska Macarau. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Remaja Di Era 4.0.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14, no. 2 (2021): 117–30. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.56.
Syaifuddin, Mohammad, Ahmad Wahyu Ummam, S M Bangkit, Abdul Rozaq Sodiq, and Intan Nur Zakiah. “Penyuluhan Penerapan Literasi Digital Bagi Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring.” Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2022): 1–6.
Tanwir, Tanwir, Wali Muhammad, Sudipa Iwan, Nainggolan Hotnida, and Kertati Indra. “Penerapan & Implementasi Big Data Di Berbagai Sektor (Pembangunan Berkelanjutan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0),” 2023, 78–87.
Turnip, Ricardo Sisco. “Peningkatan Literasi Digital Di Kalangan Pelajar: Pengenalan Dan Praktik Penggunaan Teknologi Pendidikan.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 4 (2023): 2302–10.
Umar, Munirwan. “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 1, no. 1 (2015): 20–28.
Wijaya, Cece, and A Tabrani Rusyan. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Barat: Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 1994.
Wulan, Rayung. “Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi New Media Digital Sebagai Konsep Model Pembelajaran Siswa Di SMPN 101 Jakarta.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7, no. 3 (2023): 476–81.
Yakin, Ahmad Al. “Manajemen Kelas Di Era Industri 4.0.” In Jurnal Peqguruang Conference Series, 1:11–15, 2019.
Yuniarto, Bambang, and Rivo Panji Yudha. “Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0.” Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 10, no. 2 (2021): 176–94.
- View 338 times Download 338 times PDF (Bahasa Indonesia)
Copyright (c) 2024 Doni Abadi Nababan, Joice Patty, Stephany Brigitha Sopacua, Desi Sianipar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.