Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran yang Menyenangkan di SMK Wira Harapan – Bali

  • Penta Astari Prasetya Institut Agama Kristen Negeri, Ambon
  • Agusthina Siahaya Institut Agama Kristen Negeri, Ambon
  • Mercy F. Halamury Institut Agama Kristen Negeri, Ambon
Keywords: Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen, Media Pembelajaran, Teknologi Digital

Abstract

Suasana belajar yang kurang menyenangkan dapat dipengaruhi oleh kreativitas seorang guru Pendidikan Agama Kristen dalam menggunakan teknologi digital sebagai media pembelajaran. Dalam menghadapi peserta didik di era digital, guru Pendidikan Agama kristen diharapkan memilik kemampuan untuk memanfaatkan teknologi digital dengan lebih kreatif sebagai media pembelajaran agar suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa kreativitas guru pendidikan agama kristen dalam menggunakan teknologi digital sebagai media pembelajaran yang menyenangkan di SMK Wira Harapan – Bali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menghasilkan: Pertama, kreativitas guru dalam menggunakan teknologi digital sebagai media pembelajaran, perlu ditingkatkan dan dilatih. Sebab, kreativitas guru sangat membatu proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Kedua, bentuk media pembelajaran sebagai model hipotetik teknologi digital, antara lain: media pembelajaran berbasis power point animasi; internet dengan pembuatan ebook dan materi ajar berbentuk poster melalui aplikasi canva; media berbasis audio visual melalui plotagon; dan media pembelajaran berbasis adroid. Ketiga, faktor penghambat kreativitas guru antara lain: faktor usia; kurangnya kemampuan atau keterampilan guru untuk menggunakan teknologi digital, suasana belajar dalam kelas dan alokasi waktu pembelajaran yang lebih singkat.

References

Ado, Maria Hartiani Gisela. “Kendala Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Harapan Bangsa” 7, No. 2 (2024): 81-84.

Ambarita, Jenri. Pendidikan Karakter Kolaboratif. Palembang: Inteligi, 2021.

———. Pendidikan Karakter Kolaboratif (Sinergitas Peran Keluarga, Guru Pendidikan Agama Kristen dan Teknologi). Palembang: Inteligi, 2021.

Ambarwati, Naumi, Penta Astar Prasetya, dan Ketut Ariasa. Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Peningkatan Potensi Peserta Didik. Palembang:Inteligi, 2022.

Arisanti, Vena, Ruliati, Sri Mulyani, Naumi, Rusmini, I Luh Agnes, Penta Astari, dan Jeperis Nahampun. Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Merdeka Belajar. Palembang: Palembang: Inteligi, 2021.

Asha, Lukman. “Persepsi Siswa Terhadap Kolaborasi Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan 6, No. 1 (2022): 16.

Benyamin, Priskila Issak, Ucok P Sinaga, dan Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, No. 1 (2021): 60-68.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Danuri, Muhamad. “Development and Transformation of Digital Technology.” Infokam XV, No. II (2019): 116-123.

Ensi;, Imam Syafi’i, dan Endang Ekowati. “Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar.” Jurnal Manajemen dan Pendidikan 02, No. 03 (2023): 104-115.

Firdaus, Muhammad Bambang, Herman Santoso Pakpahan, Anton Prafanto, dan Muh Fathir Fahrezah. “Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Siswa/i SMAN 1 Marangkayu.” J-PEMAS STMIK Amik Riau 4, No. 1 (2023): 1-8.

Ghifar, Riyadhel, Adi E. Yusuf, Sumardi, dan Farida Wulandari. “Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi.” Jurnal Manajemen Pendidikan 7, No. 2 (2019): 790-799.

Hamid, Mustofa Abi, Rahmi Ramadhani, Masrul, Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif, Jamaludin, dan Janner Simarmata. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Handayani, Shinta Sri Eva, Suherman Suherman, dan Masnur Masnur. “Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran SBdP di KelasV SDN 123 Banti.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, No. 2 (2021): 26-37.

Hasanah, Febrina Usma, Charles, Zulfani Sesmiarni, dan Supratman Zakir. “Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Audiu Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTSS Fastabiqul Khairat Gunung Malintang Kab. Lima Puluh Kota.” JUBPI: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 1, No. 1 (2023): 108-121.

Hasugian, Johanes Waldes., dan Syalam Hendky, “Spiritualitas Pendidik Kristen dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, No. 1 (2021): 24-31.

Hellriege, and Slocum. Organizational Behavior 13th Edition. South-Western Cengage Learning: USA., 2011.

Herlina, Pina, dan Erwin Rahayu Saputra. “Pengembangan Media Power Point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.” Jurnal BASICED 6, No. 2 (2022): 1800-1908.

Hilir, Alwi. Teknologi Pendidikan di Abad Digital. Jawa Tengah: Lakeisha, 2021.

Hulbat, Rahmad. “Kreativitas Gura PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Hulu Sungai Tengah.” ADIBA: Jounal OF Education 3, No. 1 (2023): 55-63.

Joenaidy, Abdul Muis. Konsep Dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana, 2019.

Kasmawati, Yuni. “Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi : Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 8, No. 2 (2020): 136-142.

Rantung, Djoys Anneke, dan Fredik Melkias Boiliu. “Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Shanan 4, No. 1 (2020): 93-107.

Siahaya, Agusthina, dan Jenri Ambarita. “Eksistensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid 19.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 19, No. 1 (2021): 67-84.

Sihotang, Hermanto. “Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, No. 2 (2020): 63-75.

Siswanto, Argi Eko, Nadia Dama Yanti, Vika Notalia Isa, dan Silvina Noviyanti. “Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran SBDP di Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, No. 3 (2022): 166-178.

Sopakua, Samel, Wilhelmus Labobar, dan Feby Latuihamallo. “Hubungan Metode Diskusi Kelompok dengan Motivasi Belajar Terhadap Daya Serap Peserta Didik Pada Pembelajaran PAK dan Budi Pekerti.” STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran 1, No. 2 (2021): 130-147.

Sugiono. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Telaumbanua, Noni Asriyana, Delipiter Lase, dan Amurisi Ndraha. “Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran di SD Negeri 075082 Marafala.” HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1, No. 1 (2021): 10-20.

Usman, Husaini: Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Zebua, Deshilda. “Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Minat Belajar Siswa di SD Kasih Anugrah , Jakarta Barat.” Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, No. 2 (2020): 127-140.

Observasi dan Wawancara Pada Bulan April di SMK Wira Harapan. Bali, 2023.

Observasi Peneliti Pada Bulan April di SMK Wira Harapan. Bali, 2023.

Observasi Peneliti Pada Bulan Maret di SMK Wira Harapan. Bali, 2023.

Wawancara dengan Guru PAK SMK Wira Harapan, Tanggal 17 Maret. Bali, 2023.

Wawancara dengan Kepala Sekolah SMK Wira Harapan, Tanggal 20 Maret. Bali, 2023.

Wawancara dengan Waka Kurikulum SMK Wira Harapan, Tanggal 17 Maret. Bali, 2023.

Published
2024-03-31
How to Cite
Prasetya, Penta Astari, Agusthina Siahaya, and Mercy F. Halamury. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Yang Menyenangkan Di SMK Wira Harapan – Bali”. Jurnal Shanan 8, no. 1 (March 31, 2024): 17-38. Accessed May 21, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/5083.
Section
Articles