Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk Orang Dewasa di Gereja Pada Era Digital dan Pandemi Covid-19

  • Daniel Darmawan Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Windy Daud Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Aliyono Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Desi Sianipar Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
Keywords: Era Digital, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen, Pandemi Covid-19

Abstract

The digital era and the Covid-19 pandemic are a challenge for adults. If they adjust wrongly to it, then it will affect all aspects of their lives. The church needs to serve them by implementing Christian religious education. However, Christian religious education must be delivered with the proper learning methods. Church educators must use the learning methods in responding to the challenges and needs of adults. The purpose of this study is to give ideas about the learning methods for adults. The type of research used is qualitative research that uses a library research approach. The result of the research is teachers in the churches can use the Forum Discussion Group (FGD), Problem-Solving, Collaborative Learning, and training to support adults in the digital era and Pandemic Covid 19.

References

Ahmad Suriyansah. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes, 2011.

Asih Rachmani Endang Sumiwi. “Pembaharuan Pikiran Pengikut Kristus Menurut Roma 12:2.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, No. 1 (2018): 46-56.

B.S. Sidjabat. Pendewasaan Manusia Dewasa. Bandung: Kalam Hidup, 2014.

Bestari Dwi Handayani. “Handayani - 2011 - Efektivitas Pembelajaran Aktif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) Untuk Mening.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan 6, No. 1 (2011): 62-77.

Ezra Tari dan Talizaro Tafonao. “Pendidikan Anak dalam Keluarga Berdasarkan Kolose 3:21.” Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, No. 1 (2019): 24-35.

Hiryanto. “Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi Serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Dinamika Pendidikan 22 (2017): 65-71.

Ika Widyasari Simanjuntak dan Talizaro Tafonao. “Urgenitas dalam Menerapkan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Bagi Orang Dewasa di Gereja.” HARATI: Jurnal Pendidikan Kristen 1, No. 1 (2021): 85-100.

Indah Puji Ratnani, Mukhlis Mukhlis, dan Afni Benazir. “Studi Deskriptif Preferensi Pemilihan Pasangan Hidup Antara Pria dan Wanita pada Dewasa Awal.” Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi 2, No. 1 (2021): 1-16.

Jahja, Yudrik. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama, 2011.

Johanes Waldes Hasugian. “Kurikulum Pendidikan Kristen Bagi Orang Dewasa di Gereja,.” Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, No. 1 (2019): 36-53.

Junihot M. Simanjuntak. “Konsep dan Metode Pembelajaran untuk Orang Dewasa.” Jurnal Kharis Edisi IX (2012): 1-23.

Kamil Mustofa. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama, 2012.

Karini Kartono. Psikologi Perkembangan. Bandung: Mandar Maju, 2010.

Marthila Wahyu Novita. “Pendidikan Orang Dewasa.” Universitas Negeri Padang Indonesia, 107-135, 2019.

Ni Komang Ari Damayanti, I Made Suarsana, dan I Putu Pasek Suryawan. “Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Collaborative Learning Model.” Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya 11, No. 1 (2017): 33-42.

Sahertian, Marthen. “Pendidikan Agama Kristen dalam Sudut Pandang John Dewey.” Jurnal Teruna Bhakti 1, no. 2 (2019): 101-116.

Saraka. Model Belajar Swaarah dalam Pengembangan Sikap Mental Wiraswasta. Bandung: PPS UPI, 2013.

Siti Hartinah. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Refika Aditama, 2018.

Sudarwan Danim. Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta, 2006.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sujarwo. “Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi).” Majalah Ilmiah Pembelajaran UNY, 2015.

Syafaruddin Siregar. “Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Kontekstual Melalui Focus Group Discussion (FGD) di SMK Negeri 1 Sirandorung Tahun Pelajaran 2017/2018.” NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 5, No. 1 (2018): 14-26.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Usman Effendi. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Penelitian Inovasi 37, No. 1 (2012): 1-18.

Utami, Lina Oktariani, Indah Sari Utami, dan Nora Sarumpaet. “Penerapan Metode Problem Solving dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak.” Tunas Siliwangi 3, No. 2 (2017): 175-180.

Wahyudi, Tri. “Penerapan Knowledge Management pada Perusahaan Web.” Jurnal Bianglala Informatika 2, No. 2 (2014): 45-55.

Zainuddin Arif. Andragogi. Bandung: Angkasa, 2012.

Published
2023-03-31
How to Cite
Darmawan, Daniel, Windy Daud, Aliyono, and Desi Sianipar. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Untuk Orang Dewasa Di Gereja Pada Era Digital Dan Pandemi Covid-19”. Jurnal Shanan 7, no. 1 (March 31, 2023): 99-118. Accessed April 18, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/4627.
Section
Articles