Peran Orang Tua dalam Mengajar Anak yang Tidak Menerima Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi oleh anak-anak yang beragama Kristen Protestan di Desa Tafuli, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam proses pembelajaran di sekolah, anak-anak yang beragama Kristen Protestan tidak memperoleh mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Sebagai pengganti mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen, mereka diwajibkan mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Hal ini berdampak pada pemahaman anak-anak, di mana mereka lebih memahami Pendidikan Agama Katolik daripada Pendidikan Agama Kristen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, sumber datanya adalah orang tua berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting dalam Pendidikan Agama Kristen anak. Terbukti bahwa orang tua di Desa Tafuli, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur menjalankan peran sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, fasilitator, motivator dan teladan.
References
Agnes, Eva. “Peran Orang Tua Sebagai Motivator Anak Untuk Sekolah Minggu.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan Volume 2 (2019): 34-35.
Amung, M. D. “Peran Orang Tua dalam Membimbing Perkembangan Pengetahuan Anak Usia 4-6 Tahun.” Jakarta: STT Injili Arastamar (SETIA) (2018).
Anurraga, Hening Hangesty. “Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi Pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah Dolan Malang).” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Volume 7 (2019): 1-8.
Fredik Melkias Boiliu. “Peran Orang Tua Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam, Indonesia Volume 4 (2021): 247-255.
Ilyas. “Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling.” Journal of Nonformal Education 2 (1) (2016): 91-98.
Kholiq, A., Daniarti, U. A., & Harisuddin. “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Kelas VIII SMPK Mater Boni Consili Ohe Kecamatan Hewokloang Kabupaten Sikka.” Jurnal Oikos (2017).
Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen Penuntun Bagi Mahasiswa Teologi dan PAK, Pelayanan Gereja, Guru Agama dan Keluarga Kristen. Yogyakarta: Andi, 2008.
Marisa, Siti. “Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permasalahan Belajar.” Jurnal Taushia FAI-UISU Volume 9 (2019): 20-27.
Mulim. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Dalam Mata Pelajaran Agama Islam. Depublish, 2020.
Mustika, D. “Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) (2021): 361-372.
Nasional, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008.
Nurfaliza, Nur Eka Kususma Hindrasti. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Volume 4 (2021): 96-107.
O. Lendo. Modul Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Universitas Esa Unggul, 2019.
Prasetyo, F. A. “Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak.” Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma (2018).
R, Robert. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktik Pendidikan Agama Kristen Dari Plato Sampai I. Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.
Rahman, Sunarti. “Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional dan Pendidikan Dasar (2021): 289-302.
Sidjabat, B. S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2010.
Talizaro Tafona’o. Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk. Yogyakarta: IllumiNation Publishing, 2015.
Tambunan, Elia. Pendidikan Agama Kristen: Handbook Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: IllumiNation Publishing, 2013.
Tong, Stephen. Arsitek Jiwa II. Surabaya: Momentum, 2010.
Wibowo, E. Etika dan Moral dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka, n.d.
Winarno. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Surakarta: Bumi Aksara, n.d.
Winatasahirin. Identitas dan Ciri Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.
- View 87 times Download 87 times PDF (Bahasa Indonesia)
Copyright (c) 2024 Doni Ariani Leowandri Liu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.