Panggilan untuk Merekonstruksi Strategi Pendidikan Agama Kristen yang Kontekstual dan Inovatif

  • Johanes Waldes Hasugian Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Indonesia
  • Agusthina Christina Kakiay Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Indonesia
  • Novita Loma Sahertian Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Indonesia
  • Febby Nancy Patty Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Indonesia
Keywords: Rekonstruksi, Pendidikan Agama Kristen, Isu Sosial, Kontekstual, Inovatif

Abstract

Pendidikan agama Kristen berlangsung secara normatif-ritualistik-konvensional dan cenderung membatasi diri pada perubahan serta menunjukkan praksis di zona nyaman. Praksis semacam itu mengindikasikan bahwa kepedulian dan kepekaan dalam dinamika PAK hanyalah menjadi tugas orang-orang tertentu. Kerapuhan praksis PAK semakin terlihat ketika berjumpa pada masa dimana kecekatan, kapasitas dan kualitas menjadi orientasi dalam sistem sosial. PAK harus mampu menghadapi berbagai isu sosial sekaligus berupaya memperkokoh pondasi serta menjadi jawaban atas kebutuhan dan pergumulan hidup orang-orang. Oleh karena itu, PAK harus direkonstruksi secara kontekstual dan inovatif sehingga PAK benar-benar hadir menjadi wahana dimana orang-orang dapat belajar memaknai hidup dan berdampak bagi banyak orang. Dengan metode penelitian deskriptif-analitis, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai persoalan dalam praktik PAK, baik di sekolah, gereja dan keluarga atau masyarakat, serta menghadirkan rumusan strategi yang kontekstual dan inovatif dalam praksis PAK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian PAK tidak hanya sebatas di sekolah, masyarakat atau keluarga dan gereja namun lebih luas menjangkau isu-isu sosial lainnya yang melekat dengan tugas dan panggilan PAK. Berbagai permasalahan atau fenomena yang terjadi dalam kaitannya dengan praksis PAK menegaskan pentingnya upaya rekonstruksi strategi PAK yang kontekstual dan inovatif. Rekonstruksi strategi PAK dimaksudkan agar memperkuat bangunan PAK yang rapuh dan tidak adaptif dengan perkembangan dan kemajuan zaman dewasa ini.

References

Abineno, J L Ch. “Sekitar Katekese Gerejawi: Pedoman Guru.” Jakarta: BPK Gunung Mulia (2005).

Benyamin, Priskila Issak, dan Yada Putra Gratia. “Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan.” Ecodunamika 3, no. 1 (2020).

Betakore, Yoel. “Menggapai Pengetahuan, Memperoleh Spiritualitas: Urgensi Dwi-Konsep Pengetahuan-Spiritualitas dalam Pendidikan Agama Kristen.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 3975-3983.

Boehlke, Robert R. Theories of Learning in Christian Education. Westminster Press, 1962.

Boiliu, Fredik Melkias, Noh Ibrahim Boiliu, dan Esther Rela Intarti. “Pendidikan Agama Kristen Antisipatif Radikalisme dalam Beragama di Indonesia.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2019): 124-136.

Burgess, Harold William. An Invitation to Religious Education. Birmingham: Religious Education Press, 1975.

Creswell, John W. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Vol. 3, 2013.

Cully, Iris V. Dinamika Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Et al., Suhartono. “A Theoretical Study: The Flipped Classroom Model As An Effective And Meaningful Learning Model In Multiple Era.” Psychology and Education Journal 58, no. 1 (2021): 4811-4820.

Gea, Sumaeli. “Konsep Tunduk dan Mengasihi Berdasarkan Kolose 3: 18-19 Sebagai Landasan bagi Keutuhan Rumah Tangga Kristen di GPdI Filadelfia.” Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2019): 60-77.

Groome, Thomas H, and Christian Religious Education. “Sharing Our Story and Vision.” New York: HarperSanFrancisco (1980).

Gule, Yosefo. “Konsep Eduecologi dalam Pendidikan Agama Kristen Konteks Sekolah.”.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 3, no. 2 (2020): 181-201.

Halamury, Mercy F, dan Christiana Demaja W Sahertian. “Lesson Study Berbasis Saintifik Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Dasar.” KURIOS:(Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 7, no. 2 (2021): 446-452.

Hasugian, Johanes Waldes. “Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi dalam Perubahan Perilaku Belajar di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 47-51.

Hendricks, Howard G. Mengajar Untuk Mengubah Hidup. Yogyakarta: Gloria, 2016.

Homrighausen, E.G., and I.H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.

Hutapea, Rinto Hasiholan. “Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen di Masa Covid-19.” Didaché: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 1-12. journal.sttsimpson.ac.id/index.php/DJCE.

Keriapy, Frets. “Ekologi dalam Perspektif Iman Kristen (Mengungkapkan Masalah Ekologi Indonesia)” (2019).

Khamdan, Muh. “Pengembangan Nasionalisme Keagamaan Sebagai Strategi Penanganan Potensi Radikalisme Islam Transnasional.” Addin 10, no. 1 (2016): 207-232.

Khotimah, Khusnul. “Diskriminasi Gender Terhadap Perempuan dalam Sektor Pekerjaan.” Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak 4, no. 1 (2009): 158-180.

Lumamuly, Pitersina Christina. “The Role of Christian Religious Education Teacher in Preventing and Resolving Student Conflicts.” Kurios 7, no. 1 (2021): 53.

May, Philip R. Confidence in the Classroom; Realistic Encouragement for Teachers. London: Inter-Varsity Press, n.d.

Muchith, Muhammad Saekan. “Radikalisme dalam Dunia Pendidikan.” Addin 10, no. 1 (2016).

Mustadi, Ali, Enny Zubaidah, dan Sumardi Sumardi. “Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 35, no. 3 (2016).

Ngahu, Silva S Thesalonika. “Mendamaikan Manusia dengan Alam.” Jurnal Teologi Pengarah 2, no. 2 (2020): 77-88.

Ningrum, Dian Junita, Suryadi Suryadi, dan Dian Eka Chandra Wardhana. “Kajian Ujaran Kebencian di Media Sosial.” Jurnal Ilmiah Korpus 2, no. 3 (2018): 241-252.

Novalina, Martina. “Spiritualitas Orang Kristen dalam Menghadirkan Kerajaan Allah di Tengah Tantangan Radikalisme.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 1, no. 1 (2020).

Novita Loma Sahertian, David Ming, Benjamin Metekohy,. “Contribution of Token Type Cooperative Learning Models for in the Haruru Christian Middle School.” Psychology and Education Journal 58, no. 2 (2021): 982-994.

Patty, Febby Nancy, Vincent Kalvin Wenno, dan Fiona Anggraini Toisuta. “Keluarga Dan Pendidikan Karakter: Menggali Implikasi Nilai-Nilai Hausetafel dalam Efesus 6:1-9.” Kurios 6, no. 2 (2020).

Purba, Asmat. “Tanggung Jawab Orang Tua Kristen dalam Mendidikan Anak Menyikapi Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (2020): 86-97.

Purnamasari, Deti Mega. “Kemenag Soroti Terbatasnya Guru Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Negeri.” Compas.Com, 2021. https://nasional.kompas.com/read/2021/08/31/17071281/kemenag-soroti-terbatasnya-guru-pendidikan-agama-kristen-di-sekolah-negeri.

Putra, Donny Kusuma. “Pemkab Rohul Kekurangan Guru Agama Kristen Untuk Beberapa Sekolah.” Last modified 2018. Accessed February 28, 2022. https://pekanbaru.tribunnews.com/2018/09/27/pemkab-rohul-kekurangan-guru-agama-kristen-untuk-beberapa-sekolah.

Remikatu, Jefri Hina. “Teologi Ekologi: Suatu Isu Etika Menuju Eskatologi Kristen.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 1, no. 1 (2020): 65-85.

Saleh, Ahmad Muzawir. “Problematika Kebijakan Pendidikan di Tengah Pandemi dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Indonesia” (2020).

Sara, Irianto. “Kesetaraan Gender dalam Lingkup Pendidikan dan dalam Pelayanan Gereja” (2021).

Saragih, Albet, and Johanes Waldes Hasugian. “Model Asuhan Keluarga Kristen di Masa Pandemi Covid-19.” Teruna Bhakti 3, no. 1 (2020): 1-11. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/view/56.

———. “Pendidikan Kristen Untuk Anak Jalanan.” Jurnal Shanan 4, no. 2 (2020): 194-207.

Schipani, Daniel S. “Pendidikan Transformasi Sosial.” In Memetakan Pendidikan Kristiani: Pendekatan-Pendekatan Pembelajaran Jemaat, 42. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Sianipar, Desi, Wellem Sairwona, Johanes Waldes Hasugian, Nova Ritonga, and Yunardi Kristian Zega. “Teaching Anti-Discrimination Attitudes through Christian Religious Education in School.” International Journal for Educational and Vocational Studies 3, no. 4 (2021): 275-279.

Sihotang, Hermanto. “Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 63-75.

Silalahi, J N. “Gereja dan Entrepreneurship: Peran Gereja dalam Ketahanan Ekonomi Jemaat pada Masa Pandemi Covid-19.” PROSIDING STT Sumatera Utara 1, no. 1 (2021): 22-29. http://stt-su.ac.id/e-journal/index.php/prosiding/article/view/48.

Siregar, Jundo Parasian. “Pengembangan Watak Kristen Melalui Pengampunan.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 33-42. http://stt-su.ac.id/e-journal/index.php/immanuel.

Sisemore, John T. Blueprint For Teaching. Nashville: Broadman Press, 1964.

Smith, David I. Pendidikan yang Kristiani: Mempraktikkan Iman di Ruang Kelas. Bandung: Kalam Hidup, 2019.

Sugiyono. Metode Peneltian Kombinasi: Mixed Method. Bandung: Alfabeta, 2015.

Syafe’i, Imam. “Subordinasi Perempuan dan Implikasinya Terhadap Rumah Tangga.” Analisis: Jurnal Studi Keislaman 15, no. 1 (2015): 143-166.

Tamara, Yesi, Angel Christie Pakasi, Desserly Krismawaty Wesly, and Edi Sujoko. “Profesionalitas Yesus Sang Guru Agung dalam Penggunaan Media Pembelajaran.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 65-76.

Team, Red. “Kecewa…! Guru Agama Kristen Dibungo Minim : Hanya 1 Orang Guru Agama Kristen dalam Lingkup Pemda Bungo.” Last modified 2020. Accessed February 28, 2022. https://metroindependen.com/2020/09/13/kecewa-guru-agama-kristen-dibungo-minim-hanya-1-orang-guru-agama-kristen-dalam-lingkup-pemda-bungo/.

Telnoni, Benyamin. “Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Membelajarkan Kesetaraan Gender pada Anak Usia Dini.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 4, no. 2 (2020): 167-179.

Tomusu, Anita Yumbu. “Fondasi Etika Ekologi dari Perspektif Teologi Kristen.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 57-74.

Verdino, Timotius. “Disabilitas dan In (Ter) Karnasi: Konstruksi Teologis Tentang Allah dalam Perspektif Disabilitas.” GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual dan Filsafat Keilahian 5, no. 1 (2020): 33-48.

Vieth, Paul H. The Church and Christian Education. St. Louis: The Bethany Press, 1947.

Waldes Hasugian, J., S. Gaurifa, S. Blandina Warella, J. Haries Kelelufna, and J. Waas. “Education for Children with Special Needs in Indonesia.” In Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1175, 2019.

Zega, Yunardi Kristian. “Perspektif Alkitab Tentang Kesetaraan Gender dan Implikasinya bagi Pendidikan Agama Kristen.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 2 (2021): 160-174.

“Melayani Sebagai Guru Sekolah Minggu? Tunggu Dulu….” Last modified 2010. Accessed February 28, 2022. https://gkipi.org/melayani-sebagai-guru-sekolah-minggu-tunggu-dulu…/.

Published
2022-03-30
How to Cite
Hasugian, Johanes Waldes, Agusthina Christina Kakiay, Novita Loma Sahertian, and Febby Nancy Patty. “Panggilan Untuk Merekonstruksi Strategi Pendidikan Agama Kristen Yang Kontekstual Dan Inovatif”. Jurnal Shanan 6, no. 1 (March 30, 2022): 45-70. Accessed November 7, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/3707.
Section
Articles