Orangtua dan Guru Sebagai Pengembang Misi Melalui Pendidikan Agama Kristen

  • Fredik Melkias Boiliu Sekolah Tinggi Teologi Real Batam, Indonesia
  • Yunardi Kristian Zega Sekolah Tinggi Teologi Real Batam, Indonesia
Keywords: Guru, Misi Allah, Orangtua, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Pemberian mandat dan tanggungjawab dari Allah kepada orang yang dipilih-Nya merupakan tugas misi Allah untuk umat manusia. Keluarga merupakan tempat misi Allah di dunia yang pertama dan utama dalam kehidupan orang percaya. Selain itu, guru juga mempunyai peran sebagai pengembang misi. Artinya bahwa, orang tua dan guru memiliki peran penting untuk mewariskan iman kepada generasi berikutnya. Dalam hal ini tidaklah mudah untuk mewariskan iman kepada generasi yang berbeda lokus dan abad. Oleh sebab itu dalam artikel ini, peneliti berusaha untuk menemukan cara yang tepat dalam menyampaikan misi Ilahi yang sesuai untuk generasi Kristen di era revolusi industri 4.0. Metode dalam penelitian ini adalah studi pustaka yang berisi teori-teori relevan terkait dengan masalah yang dibahas. Kajian pustaka merujuk pada kajian tentang konsep dan teori yang digunakan sesuai literatur yang ada, seperti artikel-artikel yang diterbitkan di berbagai jurnal ilmiah. Adapun hasil dari penelitian ini adalah orang tua dan guru di era revolusi industri 4.0 saat ini, harus dapat terbuka dengan perkembangan teknologi sehingga dapat mendidik anak/peserta didik secara relevan sesuai dengan zaman dan peradapan di mana mereka dilahirkan, contohnya seperti orang tua dan guru dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana dalam penyampaian misi Allah kepada anak-anak zaman sekarang.

References

Antony, Michael J. Fondasi Pendidikan Abad 21. Malang: Gandum Mas, 2017.

Bevans, S.B. Contextual Theology for the Twenty-First Century,. Eugene, United States: Wipf dan Stock Publishers, 2011.

Boiliu, Fredik Melkias. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital.” Te Deum: Junal Teologi dan Pengembangan Pelayanan 10, no. 1 (2020): 107-119.

———. “Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 4, no. 1 (2021): 247-255.

Budiyana, Hardi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Karanganyar: Berita Hidup Seminary, 2011.

Camerling, Yosua Feliciano, Mershy Ch. Lauled, dan Sarah Citra Eunike. “Gereja Bermisi Melalui Media Digital di Era Revolusi Industri 4.0.” Visio Dei Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2020): 1-22.

Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, dan Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0 dan Pasca Kebenaran.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (Juni 15, 2020): 1-22. http://jurnal.sttissiau.ac.id/index.php/jbs/article/view/DOI.

———. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran.” Bonafide: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1-22.

Fredik Melkias Boiliu, Meyva Polii. “Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital terhadap Pembentukan Spiritualitas dan Moralitas Anak.” IMMANUEL Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 76-91.

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.

———. Teologi Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2017.

Groome, Thomas H. Christian Religious Education-Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK-Gunung Mulia, 2010.

Hadi, Sutrisno. Metode Penelitian, 2nd ed. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Hastuti, Ruwi. “Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Sebagai Pusat Bermisi.” Antusias Jurnal Teologi dan Pelayanan 4, no. 2 (2013): 1-15.

Homrighausen. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK-Gunung Mulia, 2012.

Marbun, Purim. “Strategi dan Model Pembinaan Rohani untuk Pendewasaan Iman Jemaat.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 2 (Desember 23, 2020): 151-169. https://ojs-jireh.org/index.php/jireh/article/view/42.

Marisi, Candra Gunawan, Didimus Susanto, dan Ardianto Lahagu. “Keluarga Sebagai Pusat Misi Masa Kini.” In Prosiding Seminar Nasional STT Real Batam, 77–91, 2020.

Nduru, Sokhiziduhu. “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga sebagai Sentral Belajar Yang Bermisi.” Voice of Hami: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2019): 33-44.

Nurseto, Tejo. “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 8, no. 1 (April 10, 2012). https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/706.

Oliver, Willem H. “‘The Bible in the Fourth Industrial Revolution: “What’s in it for Me?”.’” Hervormde Teologiese Studies 76, no. 4 (2020).

Pakpahan, Gernaida KR. “Karakteristik Misi Keluarga dalam Perspektif Perjanjian Lama.” Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral, 1 (2020): 16-36.

Purnomo, Aldrin, dan Yudhy Sanjaya. “Tentang Tantangan dan Strategi Gereja Menjalankan Misi Allah dalam Menghadapi Penerapan Industri 4.0 Di Indonesia.” DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika, 3, no. 2 (20M): 91-106.

R. Pakpahan, Gernaida Krisna. “Karakteristik Misi Keluarga dalam Perspektif Perjanjian Lama.” VOX DEI: Jurnal Teologi dan Pastoral 1, no. 1 (Juni 30, 2020): 16–36. https://jurnal.sttekumene.ac.id/index.php/VoxDei/article/view/11.

Rantung, Djoys A. “Pendidikan Agama Kristen untuk Keluarga melalui Pola Asuh Keluarga Ishak dalam Perjanjian Lama.” Shanan; Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2019): 72-76.

Rumahorbo, Benget. “Peranan Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Spiritualitas Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0.” Majalah Ilmiah Methoda 9, no. 3 (2019): 132-144.

Sianipar, Desi. “Analisis Penerapan PAK Keluarga di Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Kabupaten Baribu Timur Kalimantan Tengah.” Shanan: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2018): 41-45.

———. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Di Era Industri 4.0.” In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers UKI, 167-177, 2018.

Sianipar, Desi, Johanes Waldes Hasugian, Wellem Sairwona, Yunardi Kristian Zega, dan Nova Ritonga. “Classroom Management of Christian Religious Education During the Covid-19 Pandemic.” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences 4, no. 4 (2021): 7585-7596.

Silalahi, Haposan. “Bermisi dalam Aksi: Kajian Teologi Misi Gereja terhadap Perwujudan Kerukunan Umat Beragama di Indonesia.” Te Deum Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan 10, no. 1 (2020): 25-47.

Sitorus, Merinda M, dan Fredik M Boiliu. “Kajian Perkembangan Teknologi berdasarkan Pendidikan Agama Kristen.” Biormatika:Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 7, no. 1 (2021): 110-121.

Sujarweni, V.Wiratna. Metodeologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss, 2014.

Susanti, dan Affrida Zulfiana. Jenis-Jenis Media Dalam Pembelajaran. Sidoarjo, 2017. http://eprints.umsida.ac.id/1635/.

Tenny, Tenny, dan Yonatan Alex Arifianto. “Aktualisasi Misi dan Pemuridan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Era Disrupsi.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (Juni 28, 2021): 41. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/DJCE/article/view/365.

Tjasmadi, Maria Patricia. Bimbingan dan Konseling Kristiani di Era Digitalisasi Sekolah. Luwuk Banggai: Pustaka Starlub, 2019.

———. Teknologi dan Media Pembelajaran PAK,. Jakarta: Penerbit Views, 2018.

Vrizen, Th.C. Agama Israel Kuno. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.

W.Pazmino, Robert. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK-Gunung Mulia, 2007.

Widjaja, Fransiskus Irwan. “Pluralitas dan Tantangan Misi: Kerangka Konseptual Untuk Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk.” Regula Fidei Pendidikan agama Kristenr 4, no. 1 (2019): 1-13.

Widjaja, Fransiskus Irwan, dan Noh Ibrahim Boiliu. Misi dan Pluralitas Keyakinandi Indonesia. Yogyakarta: ANDI, 2019.

Zega, Yunardi Kristian. “Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga : Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z.” JURNAL LUXNOS 7, no. 1 (Juni 25, 2021): 105-116. https://luxnos.sttpd.ac.id/index.php/20_luxnos_20/article/view/zega_2021.

———. “Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James W. Fowler dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 12, no. 2 (Juli 6, 2020): 140-151. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/488.

Published
2022-03-19
How to Cite
Boiliu, Fredik Melkias, and Yunardi Kristian Zega. “Orangtua Dan Guru Sebagai Pengembang Misi Melalui Pendidikan Agama Kristen”. Jurnal Shanan 6, no. 1 (March 19, 2022): 71-88. Accessed November 7, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/3702.
Section
Articles