ANALISIS SWOT TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DAN IMPLIKASINYA BAGI STRATEGI PERTUMBUHAN GEREJA SANTAPAN ROHANI INDONESIA JEMAAT TOMANG

  • Benalia Hulu Universitas Kristen Indonesia
  • Desi Sianipar Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Analisis SWOT merupakan metode yang digunakan untuk mengevaluasi lingkungan internal dan eksternal dari suatu organisasi yang mencakup: kekuatan dan kelemahan; kesempatan dan ancaman. Analisis ini juga dapat digunakan untuk membantu sebuah gereja menemukan kekuatan dan kelemahannya, serta kesempatan dan ancaman yang berasal dari luar gereja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil analisis SWOT terhadap terhadap pendidikan agama Kristen (PAK) dan implikasinya bagi pertumbuhan Gereja Santapan Rohani Indonesia Jemaat Tomang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui hasil wawancara terhadap pimpinan, aktivis, dan anggota jemaat Santapan Rohani Indonesia Jemaat Tomang. Penelitian dibatasi pada program pendidikan agama Kristen di Gereja Santapan Rohani Indonesia Jemaat Tomang, yaitu: Sekolah Minggu, Katekisasi, dan Pendalaman Alkitab. Hasil penelitian adalah 1) Kekuatan program PAK diperlihatkan melalui ketersediaan kurikulum dalam pengajaran di Sekolah Minggu; penggunaan metode yang bervariasi dalam pengajaran katekisasi; antusiasme jemaat dalam mengikuti Pendalaman Alkitab.; 2) Kelemahan program PAK adalah fasilitas Sekolah Minggu yang masih kurang baik; ketidaksiapan anggota untuk mengikuti jadwal katekisasi yang ditentukan oleh gereja; kurangnya minat membaca Alkitab dalam bentuk cetak bisa membuka ruang untuk men-download Alkitab versi online yang telah dikacaukan terjemahannya.; 3) Peluang atau kesempatan yang dimiliki program PAK adalah relasi dengan lingkungan sekitar yang sangat baik; tersedianya kesempatan untuk mengikuti kelas katekisasi; tersedianya kesempatan untuk  mengikuti pendalaman Alkitab.; 4) Ancaman atau tantangan yang dihadapi dalam program PAK adalah adanya dampak negatif dari penggunaan gadget pada anak-anak sehingga mengganggu fokus anak-anak dalam kegiatan Sekolah Minggu; tersedianya akses untuk mendapatkan berbagai jawaban atas berbagai pertanyaan yang bisa saja merusak iman dan pemahaman jemaat yang mengikuti katekisasi dan pendalaman Alkitab. Semua hasil analisis SWOT tersebut berguna bagi penetapan strategi pertumbuhan gereja.

References

Alkitab Edisi Studi. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2015.

Aminah, S., dan Roikan, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.

Boehlke, Robert R., Sejarah Perkembangan Pikiran & Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Plato Sampai Ignatius Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Edison, F. Thomas, 52 Metode Mengajar. Bandung: Kalam Hidup, 2017.

Groome, Thomas H., Christian Regious Education - Pendidikan Agama Kristen: Berbagi Cerita Dan Visi Kita. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.

Hartono, Handreas, ‘Kurikulum PAK yang Kontekstual Bagi Usia Lanjut Dan Aktual’, Jurnal Teologi dan Agama Kristen 1.1 (2013), 11–21.

Hidayat, Soleh, Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Homrighausen, E.G, dan I.H Enklaar, Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Kurikulum di Sekolah Minggu, https://pepak.sabda.org/24/may/2001/anak_kurikulum_di_sekolah_minggu. diakses 15 Juni, 2020.

Rangkuti, Freddy, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Sianipar, Desi, “Peran Pendidikan Agama Kristen di Gereja dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga”. Jurnal Shanan Vol. 4 no. 1 (Maret 2020): 73-92. Diakses 20 Oktober 2020. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1769.

Sugiarto, Eko, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi & Tesis. Yogyakarta: Suaka Media, 2015.

Suryatama, Erwin, Lebih Memahami Analisis SWOT Dalam Bisnis. Surabaya: Kata Pena, 2018.

Telaumbanua, Marinus, Ilmu Kateketik: Hakikat, Metode dan Peserta Katekese Gerejawi. Jakarta: Obor, 1999.

Walz, Edgar, Bagaimana Mengelola Gereja Anda? Pedoman bagi Pendeta dan Pengurus Awam. Jakarta: Gunung Mulia, 2008.

Wiryoputro, Sugiyanto, Dasar-Dasar Manajemen Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.

Published
2020-10-29
How to Cite
Hulu, Benalia, and Desi Sianipar. “ANALISIS SWOT TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DAN IMPLIKASINYA BAGI STRATEGI PERTUMBUHAN GEREJA SANTAPAN ROHANI INDONESIA JEMAAT TOMANG”. Jurnal Shanan 4, no. 2 (October 29, 2020): 208-221. Accessed February 27, 2021. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/2238.
Section
Articles