TEOLOGI SEBAGAI LANDASAN BAGI GEREJA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

  • Nova Ritonga Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung
Keywords: Pendidikan Agama Kristen, Teologi, Gereja

Abstract

Abstrak
Gereja adalah persekutuan orang kudus. Gereja memiliki tugas dan panggilan untuk melakukan pengajaran yang benar kepada orang percaya yang sesuai dengan ajaran Alkitab. Tugas pengajaran itu antara lain adalah Pendidikan Agama Kristen (PAK) gereja. Terkait dengan tugas tersebut, harus dilakukan secara terus-menerus agar dapat menjawab kebutuhan orang percaya. Agar relevan, gereja perlu melakukan pengembangan mengingat adanya pengaruh perkembangan zaman yang masuk ke dalam gereja. Selain itu, adanya perubahan perilaku dan gaya hidup yang ditunjukkan jemaat yang cenderung mengikuti perkembangan zaman. Di samping itu, gereja juga diperhadapkan dengan pengajaran-pengajaran yang menyimpang dari Alkitab dan dasar teologi yang benar. Dalam upaya melakukan pengembangan PAK, gereja tidak bisa dilepaskan dari teologi yang merupakan isi dari PAK itu sendiri. Pengajaran yang dilakukan di gereja berpusat pada Allah dan karya-karya-Nya. Untuk memahami itu, dibutuhkan teologi sebagai sarana untuk mempermudah menjelaskan apa yang menjadi kehendak Allah atas umat-Nya. Dengan menjadikan teologi sebagai landasan pengembangan PAK Alkitabiah, gereja akan bertumbuh menjadi gereja produktif yang menghasilkan jemaat yang dewasa dan mampu mengimplementasikan imannya di dalam kehidupannya sehari-hari. Artikel ini ditulis dengan metode kualitatif deskriptif melalui penelitian kepustkaan. Kesimpulan dari artikel ini adalah gereja perlu memahami bahwa PAK adalah tugas gereja yang sangat penting dan perlu terus dikembangkan. PAK adalah bagian dari upaya berteologi gereja, maka gereja harus mengembangkan PAK berdasarkan teologi dan teologi adalah landasan dalam pengembangan PAK di gereja.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen, Teologi, Gereja

References

Boehlke, Robert R., Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Yohanes Amos Comenius sampai Perkembangan PAK di Indonesia, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2013.

Cully, Iris V., Dinamika Pendidikan Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.

Deane-drummond, Celia, Kata Pengantar Teologi dan Ekologi oleh Budi Arlianto, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Drewes, B. F. dan Mojau, Julianus, Apa itu teologi?: Pengantar Ke Dalam Ilmu Teologi, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.

GP, Harianto, Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini, Yogyakarta: ANDI, 2016.

___________, Teologi PAK, Yogyakarta: ANDI, 2017.

Halim, A. Ridwan, Madah dan ibadah: seperempat abad GBI (Gereja Bethel Indonesia) di negara hukum Republik Indonesia, Universitas Michigan: DMBI dan Puncak Karma, 1995. https://books.google.co.id/books?id=gCPkAAAAMAAJ&q=pengajaran+(didaskalia)&dq=pengajaran+(didaskalia)&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjbj9Pg_PvpAhXWeisKHYc_CuUQ6AEIZTAI

Hommes, Tjaard G. dan Singgih, E. Gerrit, editor, Teologi dan Praksis Pastoral, Yogyakarta: Kanisius, 1992.

Homrighausen, E. G. dan Enklaar, I. K., Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Ismail, Andar, Ajarlah Mereka Melakukan: Kumpulan Karangan Seputar Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Jonge, Chr. De dan Aritonang, Jan, Apa dan Bagaimana Gereja?: Pengantar Sejarah Eklesiologi, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Kolibu, Dirk Roy, dkk, Pendidikan Agama Kristen di Perguruan Tinggi, Jakarta: UKI Press, 2018.

LAI, Alkitab Terjemahan Baru

Morris, Leon, Teologi Perjanjian Baru, Malang: Gandum Mas, 2014.

Nuhamara, Daniel, Pembimbing PAK, Bandung: Jurnal Informedia, 2007.

Panggabean, Justice Zeni Zari, Pendekatan Praksis-Teologis dalam Fondasi Pendidikan Kristiani, Kurios (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) Vol 4, No 2 (Oktober 2018). http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/download/81/61

Rey, Kevin Tonny, Konstruksi Teologi dalam Konteks Reposisi Pemikiran Warga Gereja, Epigraphe, Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani Vol. 2 No. 1 (Mei 2018). https://www.researchgate.net/publication/333514245

Sairin, Weinata, Visi Gereja Memasuki Milenium Baru: Bunga Rampai Pemikiran, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.

Seymour, Jack L., Theology: The Clue to Christian Relihious Education? Question for the Future (t.k: APPRE/REA Research Interest Group, 2003), t.h.

Simanjuntak, Junihot M., Belajar Sebagai Indentitas dan Tugas Gereja, Jurnal Jafray Vol. 16 No. 1 (April 2018).

Situmorang, Jonar, Kamus Alkitab dan Theologi, Yogyakarta: ANDI, 2016.

Wahono, S. Wismoady, Pro-eksistensi: Kumpulan Tulisan untuk Mengacu Kehidupan Bersama, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.

Winawiratma, J.B., et.al, Konteks Berteologi di Indonesia: Buku Penghormatan untuk HUT ke-70 Prof. Dr. P.D. Laluihamallo, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004.

Published
2020-03-01
How to Cite
Ritonga, Nova. “TEOLOGI SEBAGAI LANDASAN BAGI GEREJA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN”. Jurnal Shanan 4, no. 1 (March 1, 2020): 21-40. Accessed June 23, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1766.
Section
Articles